Jumlah Jari-Jari Roda Depan Maupun Belakang Sepeda Motor Sport

Jumlah Jari-Jari Roda Depan Maupun Belakang Sepeda Motor Sport Adalah
Jumlah Jari-Jari Roda Depan Maupun Belakang Sepeda Motor Sport Adalah

Jumlah jari-jari roda depan maupun belakang sepeda motor sport adalah 32 di depan dan 40 dibelakang. Ingin memasang jari jari di roda motor sport? Ingin ganti baru? Belum tahu jumlah dan ukuran jari jari roda motor sport depan dan belakang? Ingin tahu kode dan bedanya? Silahkan simak artikel dibawah ini.

Mungkin ada yang belum tahu, bahawa jari – jari roda motor sport berbeda antara depan dan belakang. Jadi, bukan hanya ukuran diameter pelek saja yang berbeda. Kemudian, ukuran jari jari juga berbeda. Jika salah beli, maka mungkin tak terpakai.

Jumlah jari-jari roda depan maupun belakang sepeda motor sport adalah

Jari-jari & roda sepeda motor memiliki perbedaan jumlah yang berbeda-beda di setiap jenis sepeda motor. Seperti jenis sepeda motor sport yang memiliki: jumlah jari-jari roda depan maupun belakang: berbeda.

Jari-jari merupakan salah satu kompona pada sepeda motor. Dilansir dari buku berjudul: Rentang Sistem Pada Sepeda Motor:susunan jari-jari pada roda bekerja sebagai penghubung tromol roda dengan peleknya. Jari-jari juga sebagai penopang berat dari sepeda motor seberapa besar tenaga yang dibebankan melalui roda dan sekaligus sebagai penyerap getaran / goncangan dari jalanan.

Bentuk jari-jari yang terpasang pada sepeda motor yang dipasarkan di Indonesia dapat dibedakan bentuk jari-jari luar dan dalam. Bentuk / ciri-ciri dari kedua jenis jari-jari tersebut adalah sebagai berikut:

  • Jari-jari luar: memiliki kebengkokan kurang dari 900 atau memiliki jarak antara kepala dengan kebengkokan lebih panjang.
  • Jari-jari dalam: memiliki kebengkokan lebih dari 900 atau memiliki jarak antara kepala dengan kebengkokan lebih pendek.
BACA JUGA:   Mobil Bekas Dibawah 100 Juta yang Bagus

Tersedia seri 10×87, 10×130, 10×159, dan 10×184 untuk berbagai ukuran motorized banyak dengan berbagai ukuran. Sementara itu, untuk jumlahnya sendiri seperti yang dituliskan di atas berbeda antara roda depan dengan belakang.

Jumlah jari-jari roda depan maupun belakang sepeda: olahraga bermotor: kemudian 40 jari-jari di belakang dan 32 jari-jari di depan. Kemudian, untuk genis kepang jari-jari sepeda motor juga bermacam-macam.

Untuk motor bebek kepangnya 6, sedangkan untuk sepeda motor sport memiliki kepang 4. Untuk kepang 4 jumlah jari-jarinya sebanyak 28 biji ada 4 lubang jari-jari menyilang pada pelek. Lalu kepang 6 sebanyak 32 atau 36 biji dan 6 lubang jari-jari menyilang di lubang pelek.

Jenis dan jumlah jari-jari roda depan maupun belakang sepeda motor sport adalah:

Biasanya, jari-jari sepeda motor memiliki beberapa jenis. Berikut ini beragam jenis jari-jari yang ditawarkan di pasaran:

1. Velg Sepeda Motor Jari-jari Besi (Spoke wheel)

Velg sepeda motor jari-jari besi ini memiliki bentuk yang sangat khas di mana banyak jari yang menghubungkan rim motor dengan poros roda. Bisa dikatakan bahwa velg motor ini adalah yang paling umum ditemui pada motor sejak dulu.

2. Bentuk U Rim (velg setengah lingkaran) Jari-jari Aluminium:

Jika Anda tidak menemukan apa yang Anda cari, tanyakan saja pembalap drag:. Bentuknya seperti huruf U yang dibuat dari bahan alumunium. Velg ini juga menggunakan jari-jari.

3. Velg Sepeda Motor Cast Wheel (CW)

Memilih: roda cor: sering pula disebut sebagai velg racing. Bahan pembuatannya dari baja tuang. Jadi, dari bagian rim hingga tengah velg dibuat menyatu dengan proses cor tersebut. Jenis velg ini bisa Anda custom sesuai keinginan. Penggunaan velg ini banyak ditujukan untuk balap motor. Tampilannya pun sangat sporty dan mendukung penampilan motor Anda.

BACA JUGA:   Kepanjangan CC Motor

Kode jari-jari roda motor sport

Saat ini ada banyak pilihan-pilihan produk variasi jari-jari yang beredar di pasaran.

Depengaruhi dari semakin menjamurnya pelek aftermarket yang beredar.

Ukuran jari – jari sepeda motor.

  • Dari ukurannya pun berbeda-beda jika dilihat.
  • Yuk kita tanya ke ahlinya Supaya tidak salah pilih.
  • Pada kemasan jari-jari tertera kode 9 / 10×184, Misalnya.
  • Menurut Benny Rachmawan dari Pengembangan Produk TDR, itu adalah kode ukuran jari-jari.
  • Diameter internasional, 9 itu artinya diameter jari-jarinya 3,5 mm.
  • Sedangkan kode 10 artinya diameter jari-jarinya 3.2 mm.

“Nah, kalau khusus di merek TDR code 9/10 itu artinya diameter jari-jari 3.4 mm,” jellas Benny.
Lalu masih ada kode satu lagi, yaitu angka 184.

Menurut Benny, itu ukuran panjang jari-jari dalam mm.

  • Artinya panjang jari-jari itu 184 mm.
  • Atau 18,4 cm. Kepanyakan dipakai di pelek 17 inci.
  • Jarak sumbu roda 14 inci dapat digunakan sebagai dasar.

Yamaha Mio, Honda Vario, maupun Suzuki Spin jari-jarinya yang sama.

“Untuk kode depan 10×164, untuk yang belakangnya 10×157.” buka Vincent Wijaya dari Vincent’s Racing Gallery di Jalan Taman Sari 8, No. 129, Sawah Besar, Jakarta Barat.

Namun saat ini, karena kebanyakan rujukan modif matik mengarah ke Thai look size pun berbeda.

Jadi, Jumlah jari-jari roda depan maupun belakang sepeda motor sport adalah 32 di depan dan 40 dibelakang. Semoga bermanfaat.