Perbesar Ukuran JPG

  • Bagikan
Perbesar Ukuran JPG
Perbesar Ukuran JPG

Perbesar ukuran JPG. Cara termudah untuk memperbesar gambar. Beberapa metode dibawah, bahkan tanpa membuat gambar pecah. Melihat gambar beresolusi kecil tentu terasa mengganggu. Dan salah satu hal yang paling mencolok adalah gambar pecah atau buram saat diperbesar.

Apalagi saat Anda membutuhkan gambar beresolusi bagus. Solusinya adalah memotret ulang atau mencari gambar lain yang lebih baik. Ada solusi lain yang lebih mudah dan Anda dapat melakukannya dengan memperbesar atau mengubah ukuran gambar.

Perbesar ukuran JPG

Cara memperbesar gambar ini Anda dapat melakukannya dengan program atau tanpa program, mana saja yang lebih mudah.

Cara ini dibuat agar resolusi gambar lebih bagus dan tidak blur.

Metode ini cocok untuk mereka yang memiliki foto lama dengan resolusi yang buruk. Selain itu, dengan meningkatkan resolusi gambar, saat diunggah ke media sosial, gambar tidak akan pecah. Semakin tinggi kualitas gambar, semakin baik hasilnya.

Anda tidak perlu khawatir karena caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan gambarnya saja. Kami menyediakan beberapa cara berbeda, silahkan pilih saja cara terbaik dan termudah untuk melakukannya.

Cara perbesar ukuran JPG

1. Upscaler

Metode online pertama kami untuk meningkatkan ukuran gambar adalah merekomendasikan penggunaan perangkat lunak Upscaler. Upscaler adalah aplikasi pembesar gambar berbasis internet dengan menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence).

Jadi kualitas gambar yang dihasilkan lebih bagus dari gambar aslinya, percaya nggak? Silakan coba aplikasi berikut.

  • Silakan kunjungi situsnya dengan mengetikkan browser “Upscaler”.
  • Kemudian pilih menu “Upload”, silahkan upload gambar yang sudah anda siapkan.
  • Silahkan bisa dicek kualitasnya langsung, ada juga fitur untuk memperbesar hingga 4 kali ukuran keseluruhan.

Setelah selesai Anda dapat mengunduhnya langsung.

2. Paint

Bagi pengguna Windows pasti sudah tidak asing lagi dengan software edit foto Paint. Paint ini sudah ada secara default di Windows, namun banyak yang belum tahu bahwa Paint bisa digunakan untuk perbesar ukuran JPG.

Sedangkan untuk fitur, Paint lebih sederhana dibandingkan program seperti Photoshop. Sekarang, mari kita tunjukkan cara memperbesar ukuran gambar dengan Paint:

  • Langkah pertama adalah menyiapkan gambar yang akan Anda edit terlebih dahulu.
  • Kemudian klik kanan pada gambar dan pilih “Open With” lalu pilih “Paint”.
  • Buka Paintnya

Setelah dibuka silahkan klik menu paling atas yang bernama “Resize”, maka akan muncul menu pop-up, silahkan pilih “pixel” dan masukkan ukuran yang anda inginkan. Misalnya gambar awalnya 640 x 426 piksel, maka kita akan coba ubah ke 1000 x 665 piksel. Jika sudah, silahkan klik OK.

Gambar akan menjadi lebih besar secara otomatis, jika sudah, simpan saja dengan mengklik menu File kemudian pilih Save As dan cari lokasi penyimpanan yang akan digunakan.

Seberapa mudah cara perbesar ukuran JPG dengan Paint? Metode kedua akan menggunakan Photoshop.

3. Photoshop

Photoshop adalah produk Adobe, dan perangkat lunak pengedit foto ini biasa digunakan oleh para profesional. Dengan Photoshop, Anda dapat melakukan berbagai jenis pengeditan karena fitur-fiturnya sangat lengkap.

Termasuk fitur Photoshop juga tersedia untuk memperbesar ukuran foto dan gambar. Untuk dapat menggunakannya, pastikan di komputer Anda sudah terinstal. Karena tidak semua komputer memiliki aplikasi edit foto terbaik ini.

Silahkan ikuti tutorialnya di bawah ini:

  • Silahkan buka dulu photoshop anda.
  • Jika sudah, silahkan buka file gambar yang ingin diubah ukurannya menjadi lebih besar, klik menu File kemudian pilih Open dan cari lokasi dimana anda menyimpan file tersebut.
  • Pilih Open File
  • Jika sudah ketemu silahkan “Open”, nah kalau sudah muncul silahkan masuk ke menu “Image” lalu pilih “Image size”.
  • Pilih berdasarkan ukuran
  • Setelah itu akan muncul control panel baru, anda bisa masuk ke custom atau pilih menu “Fit To” untuk melihat ukuran yang tersedia.
  • Jika sudah, silahkan klik OK dan lihat hasilnya gambar akan lebih besar.

4. Resizeimage

Cara memperbesar gambar yang keempat ini berbeda dengan cara sebelumnya, cara ini tidak perlu menginstal program di komputer karena tergantung dari internet.

Yang Anda butuhkan hanyalah gambar dan koneksi internet saja.

Untuk mempelajari cara memperbesar ukuran JPG secara online, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Silakan kunjungi situs web di resizeimage.net
  • Anda akan langsung dihadapkan pada Upload an image, Crop your image, Rotate your image, Resize image, Make background transparent. Select the output image format, Optimize your image.
  • Silakan unggah gambar pada tombol “Upload an Image” dan tunggu prosesnya selesai
  • Selanjutnya, gulir ke bawah dan temukan tombol Ubah Ukuran Gambar.

5. Waifu2x

Rekomendasi kelima cara perbesar ukuran JPG agar tidak pecah adalah dengan menggunakan Waifu2x. Tampilan situsnya sederhana namun multifungsi, dan ada banyak pilihan bahasa yang bisa dipilih. Untuk memperbesar gambar, ikuti langkah-langkah berikut. Silakan unggah gambar dengan memilih “Choose File”  yang Anda siapkan sebelumnya.

Bagi yang ingin memperbesar ukuran, silahkan pilih menu “Upscaling” menjadi perbesaran 1.6x atau 2x. Kemudian centang bagian captcha dan pilih Convert, tunggu sampai proses selesai.

6. Let’s Enhance

Terakhir, cara perbesar ukuran JPG dengan Let’s Enhance, silakan kunjungi situs web di Letsenhance.io, lalu pilih bagian “Click here to upload an image”. Anda harus mendaftar terlebih dahulu sebelum dapat melanjutkan.

Nah, berikut ini adalah pembahasan tentang cara memperbesar ukuran gambar JPG menjadi lebih baik.

Anda bisa memilih salah satu cara, baik menggunakan software komputer atau menggunakan website di internet, keduanya sama saja, tidak masalah. Terima kasih

  • Bagikan