Kode TF Bank Mandiri

  • Bagikan
Kode TF Bank Mandiri
Kode TF Bank Mandiri

Kode TF Bank Mandiri. Adalah 008. Untuk  mengirim uang (transfer) dari rekening suatu bank ke rekening bank Mandiri, Anda memerlukan kode bank Mandiri supaya  transaksi berhasil. Apalagi jika Anda mengirim uang dari ATM atau menggunakan SMS banking. Tanpa menggunakan Mandiri Transfer Code, transaksi pengiriman uang akan gagal.

Kode Bank akan menjadi kode pengenal antar bank yang diperlukan pada saat terjadi transaksi. Baik dari bank lain ke Bank Mandiri maupun pada saat transaksi dilakukan dari Bank Mandiri ke rekening bank lain. Keduanya memerlukan kode bank tujuan transfer untuk syarat transaksi.

Kode TF Bank Mandiri

Pada setiap kolom transaksi pengiriman uang, baik di ATM maupun di SMS banking, keduanya harus memasukkan kode bank tujuan transfer. Kode ini harus Anda isi saat mengirim uang ke bank yang berbeda. Ini berlaku untuk semua jenis rekening bank di Indonesia.

Simbol Bank Mandiri biasa dan Mandiri Syariah memiliki simbol yang berbeda. Meskipun kedua bank ini berada di bawah nama yang sama.

Apa itu Kode TF Bank Mandiri?

Kode Bank Mandiri adalah 008, Anda dapat menggunakan kode ini untuk transaksi pengiriman uang, transfer dari ATM atau layanan SMS perbankan lainnya. Kode Bank ini merupakan Kode Bank Mandiri yang resmi digunakan untuk transaksi keuangan antar bank.

Kode ini dapat digunakan untuk transaksi dengan bank lokal atau dengan bank asing. Setiap Anda melakukan transaksi pengiriman uang, akan ada kolom yang dapat Anda gunakan sebagai tempat memasukkan kode rekening bank Mandiri (008).

Kode ini harus dimasukkan saat mengirim uang dari rekening bank lain. Baik saat melakukan transaksi dari ATM maupun saat melakukan transaksi pengiriman uang menggunakan SMS Banking.

Jika Anda tidak memasukkan kode transfer bank Mandiri saat mengirim uang dari bank lain, transaksi Anda akan gagal dan akan ditolak oleh ATM. mengapa demikian? Karena transaksi yang Anda lakukan tidak akan dikenali oleh Bank.

Sehingga tidak mungkin untuk mengidentifikasi ATM atau transaksi SMS banking yang Anda masukkan oleh sistem yang dimiliki oleh bank tersebut. Kode Bank ini merupakan kode unik 3 digit yang menjadi kode transaksi valid yang dapat digunakan untuk transaksi antar bank.

Ada beberapa fungsi Kode TF Bank, yaitu:

1. Identitas resmi bank

Kode bank menjadi identitas resmi bank. Dalam dunia keuangan, simbol yang dimiliki bank menjadi identitas resminya. Kode ini akan mempermudah proses identifikasi transaksi antar bank. Data transaksi dapat dengan mudah dibedakan antar bank untuk transaksi yang berhasil.

Setiap bank memiliki kode yang berbeda, dan ini menunjukkan identitas resmi dan pribadi untuk memudahkan proses transaksi keuangan antar bank di kemudian hari. Kode TF Bank Mandiri juga memiliki fungsi yang sama.

2. Kebutuhan identifikasi transaksi

Setiap bank mengharuskan Anda memasukkan kode bank yang ingin Anda transfer saat mengirim uang ke bank lain, serta saat mengirim uang. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, salah satu hal yang melatarbelakanginya adalah kode bank dapat menjadi identitas dari transaksi yang kita lakukan. Tanpa kode bank, transaksi yang kita lakukan tidak akan teridentifikasi dengan benar.

3. Diferensiasi bank

Selain nama, kode bank menjadi identitas resmi yang membedakan bank satu dengan bank lainnya. Nama bank merupakan identitas resmi di dunia nyata, sedangkan kode bank merupakan identitas resmi atas transaksi yang dilakukan oleh masing-masing bank sehingga mudah untuk dihubungi.

Kode TF Bank Mandiri membuatnya bisa dibedakan dengan Bank lain.

4. Digunakan pada saat transaksi

Setiap kali Anda melakukan transaksi pengiriman uang ke bank yang berbeda, seperti BCA ke Mandiri. Atau sebaliknya atau bahkan dari bank lain. Syarat utama adalah memasukkan kode transfer agar transaksi Anda berhasil.

Setiap bank mengharuskan Anda untuk memasukkan kode bank dalam mengkoordinasikan transaksi pengiriman uang antar bank di Indonesia atau bahkan di luar negeri.

Cara transfer uang ke rekening Bank Mandiri

Cara menggunakan Kode TF Bank Mandiri adalah sebagai berikut.

Saat mengirim uang ke rekening bank Mandiri dari bank lain, baik itu BCA, BNI, BRI, Danamon, CIMB atau rekening bank lain, Anda harus memasukkan kode transfer dalam format transaksi. Terutama saat mentransfer uang dari ATM atau SMS banking.

Kode bank ini biasanya dimasukkan sebelum nomor rekening bank Mandiri tujuan pengiriman uang tanpa spasi. Baik saat mengirim uang dari ATM maupun saat menggunakan SMS banking.

Agar tidak bingung, berikut langkah-langkah cara transfer uang dari rekening bank lain ke rekening bank Mandiri.

1. Transfer uang ke Mandiri melalui ATM

Saat mengirim uang dari rekening bank lain seperti BCA, BNI, BRI atau ATM lainnya, Anda harus memasukkan kode 008 dalam proses transaksi. Setiap ATM bank akan memberikan perintah permintaan untuk memasukkan kode bank dalam proses transaksi.

  • Kunjungi ATM terdekat dari rumah Anda
  • Masukkan kartu ATM langsung ke slot ATM
  • Pilih bahasa Indonesia yang akan memandu transaksi
  • Kemudian masukkan PIN ATM
  • Pilih transaksi lain
  • Akan muncul berbagai pilihan transaksi, pilih Transfer
  • Kemudian klik transfer antar bank
  • Anda akan diminta untuk memasukkan kode bank diikuti dengan nomor rekening bank
  • Silahkan masukkan Kode Transfer Bank Mandiri + Nomor Rekening. Misalnya 0081300019933095
  • Masukkan nilai nominal atau nilai uang yang ingin Anda transfer
  • pilih ya
  • Lihat konfirmasi transaksi Anda
  • Pilihlah yang benar
  • pilih ya

Cara transfer uang ke rekening Bank Mandiri selanjutnya:

2. Transfer uang ke Mandiri melalui SMS Banking

Tidak hanya transaksi pengiriman uang menggunakan ATM, saat transfer menggunakan SMS banking, Anda juga harus memasukkan kode Mandiri 008 pada format transaksi pengiriman uang. Jika belum tahu, simak dan perhatikan langkah-langkah cara kirim uang ke Bank Mandiri dari bank lain menggunakan SMS banking di bawah ini.

Di bawah ini adalah contoh penggunaan SMS Banking BRI, transfer ke rekening bank Mandiri.

  • Buka SMS
  • Kemudian ketik SMS dengan format: TRANSFER [spasi] KODE BANK MANDIRI + Nomor Rekening [spasi] NOMINAL [spasi] PIN. Contoh: Transfer 0081300019933095 1000000 123456
  • Kirim pesan teks ke 3300
  • Jika Anda berhasil, Anda akan menerima balasan dari nomor 3300

Inilah kode TF Bank Mandiri. Fungsi dan cara penggunaannya saat transfer via ATM dan juga dari Mandiri SMS Banking. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan