Aplikasi yang Dapat Kita Pakai Untuk Membuat Simulasi Jaringan Adalah

  • Bagikan
Aplikasi yang Dapat Kita Pakai Untuk Membuat Simulasi Jaringan Adalah
Aplikasi yang Dapat Kita Pakai Untuk Membuat Simulasi Jaringan Adalah

Aplikasi yang dapat kita pakai untuk membuat simulasi jaringan adalah cukup banyak sebenarnya. Beberapa yang bisa kami rekomendasikan adalah seperti dibawah ini.

Aplikasi yang Dapat Kita Pakai Untuk Membuat Simulasi Jaringan Adalah

IP (Internet Protocol) adalah protokol yang digunakan sebagai alamat identifikasi untuk setiap komputer atau host di jaringan. Dalam kehidupan sehari-hari yang erat kaitannya dengan penggunaan komputer dan jaringan, kemampuan mengkonfigurasi IP sangatlah penting. Namun, para profesional di dunia komputer seringkali kurang tertarik untuk mempelajari materi ini. Oleh karena itu, kami membutuhkan dukungan interaktif yang dapat merangsang minat untuk mempelajari pengaturan IP dan subnet.

Networking sangat menarik untuk dipelajari, apalagi sekarang semuanya sudah berjejaring. Namun seringkali kita kesulitan untuk mempelajarinya karena keterbatasan alat dan perlengkapan yang cukup mahal. Tetapi Anda tidak perlu khawatir bahwa ada banyak perangkat lunak simulasi jaringan yang tersedia sekarang. berikut adalah 2x software simulasi jaringan yang bisa anda gunakan.

Rekomendasi Aplikasi yang Dapat Kita Pakai Untuk Membuat Simulasi Jaringan Adalah

1. Cisco Packet Tracer

Cisco Packet Tracer adalah alat yang digunakan untuk mensimulasikan jaringan komputer. Dengan menggunakan alat ini, kita dapat mensimulasikan konfigurasi pada perangkat jaringan seperti aslinya. Lumayan untuk menghemat budget, kan? ha ha. Namun, alat ini juga memiliki kekurangan, yaitu, konfigurasi beberapa perangkat dihapus, yaitu pengurangan perintah pada Cisco IOS.

2. GNS3

GNS3 (Graphic Network Simulator) adalah perangkat lunak simulasi jaringan komputer berbasis GUI yang mirip dengan Cisco Packet Tracer.

Di GNS3, memungkinkan simulasi jaringan yang kompleks. Karena menggunakan sistem operasi asli perangkat jaringan seperti Cisco, Juniper, Mikrotik, dll. Sehingga kita berada dalam keadaan yang lebih nyata saat mengkonfigurasi router secara langsung daripada Cisco Packet Tracer. Simulasi jaringan yang kita buat juga bisa disambungkan ke jaringan nyata, jadi seperti belajar di lab virtual.

3. iNetwork

Salah satu pilihan aplikasi yang dapat kita pakai untuk membuat simulasi jaringan adalah iNetwork.

iNetwork adalah pembelajaran interaktif yang mengajarkan pengguna tentang jaringan. Aplikasi ini dikembangkan di Sydney University of Technology (UTS) oleh mahasiswa yang akan menyelesaikan gelar sarjana mereka termasuk Minh Trieu, Joel Baltaks, Melissa Ye, John Ton, Peter Huynh, Peter Luong.

iNetwork dibuat menggunakan bahasa C# .NET Framework. Menggunakannya juga sangat mudah karena didasarkan pada GUI. Kemudian gunakan mouse Anda dan klik pada menu. Aplikasi ini bersifat portable, jadi tidak perlu install, cukup unzip saja lalu jalankan file iNetwork Simulator.exe

4. Simulator Netnote

Hampir sama dengan INetwork, namun lebih simpel dan simpel tapi patut dicoba. Anda dapat menggunakan Netnote untuk melakukan perencanaan jaringan untuk perusahaan, warnet, dll. Selain itu, dapat memperkenalkan penggunaan program dan menjelaskannya satu per satu. Software ini juga gratis dan sangat mudah serta hasilnya juga sangat maksimal.

Jadi, salah satu pilihan aplikasi yang dapat kita pakai untuk membuat simulasi jaringan adalah Simulator Netnote.

Untuk pilihan selanjutnya:

5. Boson Netsim

Jika Packet Tracer adalah perangkat lunak simulasi jaringan, maka Boson Netsim adalah simulator router, yang merupakan simulasi khusus router. Peralatan di sini yang pastinya router tersedia dalam berbagai seri mulai dari seri 800, 1000, 1600, 1700, 2500, 2600, 3600, 4500. Selain router, switch juga tersedia dalam berbagai seri, antara lain 1900 seri. 2900, 3500. Konektornya adalah Ethernet. , Seri, ISDN. Selain itu, setiap pelat dilengkapi dengan informasi tentang kelas, kecepatan, dan model. Siplah bagi anda yang ingin belajar konfigurasi router.

6. Virtualbox dan Mikrotik

VirtualBox adalah perangkat lunak untuk menginstal sistem operasi secara virtual. Dengan sifatnya yang virtual, ini berarti virtualbox dapat digunakan sebagai sarana untuk mengeksplorasi berbagai jenis perangkat lunak, baik itu sistem operasi, perangkat lunak tertentu dengan platform tertentu, juga dapat digunakan untuk menjalankan simulasi jaringan tanpa perangkat jaringan fisik, yang membuat biaya bereksperimen akan berkurang.

Sebuah jaringan komputer tidak akan lepas dari interface yang menjadi sarana komunikasi antar perangkat/host. virtualbox memenuhi hal tersebut dengan memberikan kemungkinan untuk mengatur interface jaringan/adapter. Ada berbagai jenis kartu jaringan, jenisnya adalah:

  • NAT: Jenis ini menyebabkan host virtual melakukan ping ke host asli dan bukan sebaliknya dengan Bridge.
  • Bridge: Jenis ini memungkinkan semua host, baik virtual maupun nyata, untuk melakukan ping satu sama lain.
  • Jaringan internal: Jenis ini hanya memungkinkan host di lingkungan virtual untuk berkomunikasi (ping) satu sama lain.

Untuk software virtual, tidak hanya VirtualBox saja, tetapi ada puluhan software sejenis lainnya seperti VMWare.

Software Simulasi Jaringan yang Hebat dan Menarik untuk Belajar Tentang Jaringan

1. Cisco Aspire Edisi CCNA

Cisco CCNA Aspire Edition adalah game edukasi berbasis simulasi, genre yang paling mendekati simulasi strategi dan game riset. Cisco CCNA Aspire Edition dimaksudkan untuk memberi pengguna kesempatan untuk mengembangkan keterampilan teknis mereka.

Cisco CCNA Aspire Edition menyediakan lingkungan pembelajaran yang kompatibel dengan media berbasis simulasi yang memungkinkan siswa merancang, mengkonfigurasi, dan memecahkan masalah jaringan komputer pada tingkat kerumitan Cisco CCNA®.

2. IPsim

Dalam game berjudul IPSims ini, pemain dihadapkan pada simulasi jaringan komputer. Seperti halnya jaringan komputer di dunia nyata, pemain harus menentukan alamat IP, subnet mask, dan gateway yang benar pada setiap router dan host yang tersedia di setiap stage.

Sistem permainan itu sendiri adalah korespondensi antara jawaban dan pertanyaan. Petunjuk berasal dari diagram jaringan yang muncul di setiap tahap. Pemain diberikan waktu 5 menit untuk menyelesaikan setiap tahapan. Semakin cepat pemain menyelesaikan stage / tahapan, semakin tinggi skornya.

IPSims dilengkapi dengan fungsi upload skor online sehingga pemain dapat menunjukkan skor yang diraih kepada pemain lain. Selain kemampuan untuk mengunggah skor, pemain juga dapat menunjukkan skor mereka melalui posting di Twitter, Facebook, atau MySpace. Fitur ini memungkinkan pemain untuk menantang teman mereka dengan memposting melalui situs jejaring sosial. Yang membuat lebih banyak orang merasa tertantang dan mencoba permainan ini.

Perangkat lunak tidak dapat diunduh karena pengembangan/produksi telah berhenti,

Jadi, pilihan aplikasi yang dapat kita pakai untuk membuat simulasi jaringan adalah cukup banyak. Silahkan memilih yang sesuai keperluan Anda. .

  • Bagikan