Tips  

Cara Memperbaiki Wifi Laptop yang Tidak Bisa Connect Windows 7

Cara Memperbaiki Wifi Laptop yang Tidak Bisa Connect Windows 7
Cara Memperbaiki Wifi Laptop yang Tidak Bisa Connect Windows 7

Cara memperbaiki Wifi laptop yang tidak bisa connect Windows 7. Mengingat keadaan masyarakat saat ini, Wi-Fi telah menjadi kebutuhan prioritas yang tidak dapat dipisahkan dari semua bisnis kita. Mulai dari belajar online, mengerjakan pekerjaan rumah, menyelesaikan pekerjaan, video conference dengan klien, dll. Tentunya dengan adanya WiFi ini kita dapat menjelajahi informasi apapun di internet tanpa batas kuota.

Tetapi dalam keadaan tertentu, Anda mungkin menemukan laptop yang tidak dapat terhubung ke Wi-Fi. Bahkan jika laptop teman atau kolega Anda terhubung dengan benar ke WiFi. Hal ini akan membuat pengguna merasa terganggu dan tidak maksimal dalam menggunakan laptop. Bagaimana ini tidak bisa? Hal ini akan menimbulkan beberapa masalah yang ada. Misalnya, keterlambatan dalam menyelesaikan tugas yang membutuhkan koneksi internet, atau bahkan penurunan kinerja pengguna.

Tidak sedikit pengguna yang beranggapan bahwa laptop tidak dapat terhubung ke Wi-Fi karena ada kerusakan pada perangkat keras kartu jaringan. Memang tidak ada yang salah dengan itu, namun belum tentu kerusakan pada hardwarenya. Namun bisa karena berbagai penyebab

Cara memperbaiki Wifi laptop yang tidak bisa connect Windows 7

Sebelum Anda memperbaiki laptop yang tidak mau terhubung ke Wi-Fi, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa penyebab masalahnya. Dalam beberapa kasus yang saya temui, ada beberapa hal yang membuat laptop tidak dapat terhubung ke WiFi. Simak penjelasan poin-poin berikut ini.

Salah memasukkan SSID dan password WiFi – Penyebab utama yang sering terjadi adalah salah memasukkan SSID dan password WiFi. Ini bisa jadi karena SSID dan kata sandi diubah pada WiFi.

WiFi dinonaktifkan (Disabled) – Tentu saja, pengguna tidak akan dapat terhubung ke WiFi jika dinonaktifkan. Jadi pastikan untuk memeriksa terlebih dahulu.

Masalah Jaringan Wi-Fi: Laptop tidak terhubung ke Wi-Fi juga dapat disebabkan oleh jaringan Wi-Fi yang bermasalah. Jadi tidak semua masalah datang dari laptop.

Kerusakan driver: Driver yang dihapus atau rusak juga dapat menyebabkan masalah ini.

Perangkat Keras Rusak: Hal terburuk yang dapat mencegah laptop terhubung ke Wi-Fi adalah kerusakan pada komponen adaptor jaringan, yang dapat disebabkan oleh perangkat keras yang ketinggalan zaman atau yang lainnya.

dan seterusnya…

Tentunya setelah melihat permasalahan yang muncul, ada beberapa solusi yang bisa Anda lakukan. Namun pada ulasan artikel kali ini, saya menggunakan sistem operasi Windows 7 sebagai solusi untuk mengatasinya. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 8 ke atas, Anda hanya perlu sedikit menyesuaikannya.

BACA JUGA:   Contoh Kwitansi Gadai Mobil yang Aman

Cara memperbaiki Wifi laptop yang tidak bisa connect Windows 7 dengan restart

Jadi, ada 3 macam restart

1. Aktifkan adaptor Wi-Fi

Periksa adaptor WiFi apakah Anda ingin mengaktifkan atau menonaktifkan Wifi

Dalam keadaan tertentu, pengguna terkadang tidak mengetahui bahwa adaptor WiFi di laptop dinonaktifkan. Tentu saja, ini dapat mencegah laptop terhubung ke WiFi. Untuk melakukan ini, pertama periksa pengaturan Koneksi Jaringan di Panel Kontrol.

  • Klik kanan pada ikon Wi-Fi di bilah tugas Windows.
  • Kemudian pilih Buka Jaringan dan Pusat Berbagi.
  • Di bagian “Jaringan dan Pusat Berbagi”, klik Ubah pengaturan adaptor.
  • Kemudian klik kanan pada Koneksi Jaringan Nirkabel » klik Diaktifkan.
  • Tunggu proses aktivasi… beberapa saat.

2. Nyalakan kembali / restart laptop Anda

Cara termudah untuk memperbaikinya adalah dengan me-restart laptop. Kedengarannya sederhana, tetapi cara ini sangat efektif dan saya sudah melakukannya. Dalam hal ini, biasanya terjadi ketika sistem crash atau bertabrakan satu sama lain dan menyebabkan masalah Wi-Fi.

3. Jaringan Wi-Fi Tak Dikenal

Sambungkan kembali ke Wi-Fi Windows

Lain halnya jika wifi Anda memiliki deskripsi Unkown Wifi di mana meskipun laptop Anda dicolokkan, Anda tidak dapat mengakses internet. Biasanya ini karena alamat IP laptop Anda tidak terbaca di server DNS WiFi. Cara mengatasi Wifi laptop yang tidak bisa connect tersebut cukup mudah, yaitu dengan cara sebagai berikut:

  • Klik ikon Wi-Fi di bilah tugas Windows.
  • Kemudian klik pada jaringan Wi-Fi yang mengatakan Unkwon » klik Disconnect.
  • Kemudian klik Connect untuk menghubungkan kembali.
  • Selesai

Cara memperbaiki Wifi laptop yang tidak bisa connect Windows 7 dengan setting ulang

1. SSID dan kata sandi WiFi telah diubah

Cara mengatasi Wifi laptop yang tidak bisa connect yang mudah bisa dilakukan dengan menghapus cache data wifi yang tersimpan.

Kemungkinan lain yang mencegah laptop terhubung ke Wi-Fi adalah SSID dan kata sandi Wi-Fi telah diubah. Jelas, solusi terbaik adalah memasukkan kembali SSID dan kata sandi Wi-Fi. Tapi pertama-tama hapus cache data WiFi yang disimpan. Berikut langkah-langkahnya.

  • Klik Mulai » Control Panel » pilih Jaringan & Internet » klik Network and Sharing Center.
  • Kemudian di bagian “Network and Sharing Center.”, klik Manage Wireless Network.
  • Klik kanan pada Nama jaringan yang tidak terhubung » pilih Delete.
  • Kemudian masukkan kembali SSID dan password Wi-Fi dengan benar.
  • Selesai

2. Ubah pengaturan koneksi nirkabel

Lakukan perubahan pada pengaturan koneksi nirkabel Windows

Jika cara sebelumnya sudah Anda lakukan namun belum ada perubahan. Ubah pengaturan koneksi nirkabel di laptop Anda atau ikuti langkah-langkah ini untuk mengatasi masalah laptop tidak terhubung ke Wi-Fi.

  • Klik Start » Control Panel » pilih Network & Internet » klik Network and Sharing Center.
  • Kemudian, di bagian “Network and Sharing Center”, klik Change Adapter Setting.
  • Jika ya, maka klik kanan pada Wireless Network Connection » pilih Properties.
  • Kemudian, pada tab Jaringan, klik dua kali Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).
  • Kemudian pilih Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically.
  • Kemudian klik OK.
BACA JUGA:   Download Whatsapp iOS 11 for Android

Selesai

3. Update driver jaringan Anda

Instal ulang driver jaringan atau update adalah cara mengatasi Wifi laptop yang tidak bisa connect yang mudah. Alasannya karena kita hanya menginstall softawre baru saja.

Untuk informasi lebih lanjut, periksa dulu driver jaringan di laptop Anda. Jika driver Anda memang bermasalah, silakan instal ulang driver jaringan sebagai berikut.

  • Klik Start » klik kanan pada Computer » pilih Manage.
  • Di bagian Computer Management, pilih Device Manager » lalu klik dua kali Netword Adaptor.
  • Kemudian klik kanan pada Network Driver » pilih Uninstall.
  • Dalam hal ini, klik Tindakan » pilih Pindai perubahan perangkat keras untuk menginstal ulang driver Wi-Fi.
  • Setelah itu, coba sambungkan laptop ke Wi-Fi lagi.
  • Selesai

4. Mengatasi koneksi Wi-Fi “Limited Access” yang gagal.

Hapus jaringan Wi-Fi

Bersihkan cache Wi-Fi Windows

Mungkin ada beberapa alasan jika laptop Anda tidak dapat terhubung ke Wi-Fi, misalnya ada pernyataan “Limited Access” di jaringan Wi-Fi Anda. Tentu saja hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain banyaknya cache data Wi-Fi di laptop. Jadi cara mengatasi masalah ini kurang lebih sama dengan dua cara sebelumnya yaitu sebagai berikut.

  • Klik Start » Control Panel » pilih Network & Internet » klik Network and Sharing Center.
  • Kemudian di bagian “Network and Sharing Center”, klik Manage Wireless Network.
  • Klik kanan nama jaringan yang cache-nya ingin Anda hapus’, lalu klik Delete.
  • Kemudian masukkan kembali SSID dan password Wi-Fi dengan benar dan tidak terlalu jauh dari lokasi access point.
  • Selesai

5. Servis laptop

Jika semua cara yang saya berikan dirasa tidak bisa menyelesaikan masalah wifi laptop tidak bisa konek. Solusi terakhir adalah melakukan service laptop Anda. Ini jelas sangat disarankan karena masalahnya bisa jadi karena perangkat keras yang rusak atau ketinggalan zaman. Dengan cara ini Anda akan langsung mengetahui kerusakan apa saja yang menjadi penyebab tidak bisa konek ke WiFi laptop Anda.

Kesimpulan tentang cara mengatasi Wifi laptop yang tidak bisa connect

Dalam praktiknya, ada berbagai alasan WiFi tidak berfungsi di laptop. Salah satu hal yang sering dialami pengguna adalah driver tidak terinstal dan SSID atau password akan berubah. Beberapa cara yang saya berikan di atas cukup sederhana. Artinya masalah yang dihadapi tidak terlalu merepotkan. Semoga dengan beberapa solusi di atas dapat memperbaiki laptop tidak terhubung ke Wi-Fi di Windows 7.