HP Samsung J32016

  • Bagikan
HP Samsung J32016
HP Samsung J32016

HP Samsung J32016. Bagi Anda yang ingin membeli Samsung J3 versi tahun 2016, ini ada sedikit panduan. HP ini adalah HP yang bagus dengan fitur lengkap dan kemudahan penggunaan. Bahkan, hingga kini fitur – fiturnya masih cukup maju. Untuk versi pro sudah tersedia fitur NFC yang kini semakin digemari.

Sebenarnya, ini karena teknologi yang dipergunakan Samsung memang lebih maju dibanding lainnya saat itu. Minimal, di Indonesia. Kini, NFC menjadi cara favorit untuk melakukan pembayaran digital dan transfer file dengan cepat.

Jika Anda mencari HP ini sekarang, tidak masalah. Karena apa yang ditawarkan HP ini belum ketinggalan untuk penggunaan umum.

HP Samsung J32016

Produk Galaxy J3 2016 ini hadir untuk mengusung konsep ‘Low’. meskipun begitu, Galaxy J3 2016 memiliki beberapa fitur yang mirip dengan saudaranya.

Produk yang satu ini memang lebih murah.  Galaxy J3 2016 dibanderol dengan harga 2 jutaan saat diluncurkan. Meski memiliki fitur unik, apakah perangkat ini yang diharapkan pengguna?  Simak ulasan berikut ini.

1. Desain

Desain HP Samsung J32016 tidak jauh berbeda dengan saudara-saudaranya yang juga seri J yang berbahan metal.  Sedangkan back cover terbuat dari bahan polycarbonate.  Galaxy J3 2016 juga tidak menggunakan model unibody. Terlihat dimana slot SIM card dan MicroSD berada di bagian belakang cover belakang.

Di bagian belakang, selain modul kamera, senter, dan grill speaker, juga terdapat logo Samsung dan ‘Duos’, yang menandakan bahwa produk ini juga memiliki dukungan slot kartu SIM ganda.  Meski memiliki finishing tekstur sikat logam yang halus, alat ini mudah dipegang dan tidak licin di tangan.  Khusus untuk layar berukuran 5 inci memungkinkan pengguna untuk menggenggamnya dengan kuat.  Bodinya juga terasa kokoh, mencerminkan kualitas bagus yang ditanamkan ke dalam produk smartphone ini.  Namun sayangnya tidak ada lapisan pelindung untuk bagian depan layar.

Tombol daya ada di sisi kanan sedangkan tombol suara ada di kiri.  Di bagian tengah depan, perangkat ini juga memiliki tombol home yang merupakan khas merek produk smartphone Samsung.  Namun jangan berharap HP ini mengusung sensor sidik jari, padahal smartphone lain dengan kisaran harga yang sama menawarkan sensor sidik jari.

Terdapat juga slot MicroUSB untuk pengisian baterai dan transfer data, dengan lubang jackmm 3.5mm di bagian atas.

2. Spesifikasi

Spesifikasi HP Samsung J3 2016 lengkap:

Perangkat low-end besutan Samsung ini memiliki layar AMOLED berukuran 5 inci dengan resolusi HD 720p dengan kerapatan piksel 294ppi.  Ya, salah satu keunggulan yang tetap ditawarkan Samsung meski di level bawah.  Meski dapur pacunya kurang atraktif, namun menggunakan SoC Spreadtrum SC9830A (Quad Core A7 1.5GHz + GPU Blood 400) menjadi ‘otak’ Samsung Galaxy J3 yang ditenagai oleh RAM 1,5 GB.  Sangat disayangkan Samsung masih menggunakan RAM “beruang” untuk produk low-end ini.  Sementara itu, memori internal yang tersedia juga tidak terlalu besar, yakni hanya 8 GB.  Meski ada slot Micro SD hingga 128 GB jika pengguna membutuhkan media penyimpanan tambahan.

Galaxy J3 2016 berjalan pada sistem Android Lollipop 5.1, yang memiliki UI TouchWiz, dan ditenagai oleh baterai 2600mAh.  Tempat baterai dimasukkan bisa dilepas dari belakang.  Ada dua jenis slot Micro SIMCard yang tersedia dalam keadaan standby.  Sedangkan untuk media penyimpanan tambahannya juga terdapat slot MicroSD hingga 256 GB.  Koneksinya juga didukung dengan teknologi 4G LTE, sedangkan untuk Wi-Fi juga mendukung Wi-Fi b/g/n 2.4GHz, namun Wi-Fi AC dengan jaringan 5 GHz tidak.

Fitur sensor yang ada pada Galaxy J3 2016 terbilang kecil.  Hanya ada beberapa sensor yang tersedia termasuk, Accelerometer dan Proximity.  Jadi perangkat ini masih memiliki keterbatasan membuka media yang membutuhkan sensor gyro seperti video 360 derajat atau game Pokemon Go dan game VR.

3. Kamera

Dari segi fitur kamera, Galaxy J3 2016 menggunakan kamera besar 8 MP dengan resolusi flash, dan kamera depan 5 MP.  Tidak banyak yang bisa dibahas mengenai fitur kamera itu sendiri, namun untuk hasil kameranya, termasuk lumayan untuk ukuran harga ini. Keunggulan HP Samsung J32016 dibanding HP dengan harga sekelas yang lain, ada juga pada kamera.

HP Samsung J32016 memiliki baterai berkapasitas 2600mAh.  Perangkat ini berjalan pada sistem operasi Android Lollipop 5.1.1 dan menggunakan UI signature Samsung, TouchWiz.  Galaxy J3 2016 juga memiliki beberapa fitur terbaik yang ada di Samsung Galaxy J Series, yaitu Sbike dan Ultra Data Saving.

Di dalam paket penjualannya, Galaxy J3 2016 dilengkapi adaptor charger, kabel data, buku petunjuk, kartu garansi, serta headset.  Selain mendukung fitur-fitur khusus yang juga tersedia pada Galaxy J5 2016, Galaxy J3 juga memiliki stiker NFC Sbike.

Kesimpulan HP Samsung J32016

Memang Samsung versi J3 ini masih memiliki keunggulan dibanding HP dengan harga sekelas. Sayangnya, Samsung memang terkenal memiliki memori internal kecil. Meskipun begitu, kameranya biasanya tergolong lebih cerah dibanding yang lain. Termasuk yang spesifikasi teknisnya sepadan. Ini adalah keunggulan yang dibawa Samsung hampir di setiap HP buatannya.

  • Bagikan