Berita  

Internet Lokal Adalah

Internet Lokal Adalah
Internet Lokal Adalah

Internet lokal adalah. Internet lokal menurut menjabaran apa yang saya ketahui adalah. Satu jenis kuota yang hanya bisa digunakan di daerah yang sama dengan tempat / daerah dimana kita mengaktifkan paket.

Seperti yang kita tahu kalau dalam sebuah paket internet itu komposisinya terdiri dari beberapa macam, seperti:

  • Paket Malam
  • Aplikasi Obrolan Obrolan & Sosmed
  • Paket Flash / Nasional
  • Paket Video
  • Paket eksklusif 4G
  • dll

Internet lokal adalah

Paket lokal, sederhananya adalah paket data yang hanya bisa digunakan di daerah asal dimana paket tersebut di aktivasi. Misalnya, jika Anda tidak memiliki paket data yang valid di daerah Banten. Maka internet lokal yang ada di paket tersebut hanya akan diproses oleh daerah Banten saja.

Apakah jika pergi ke luar kota, kuota internet lokal tidak bisa dipakai?

Belum tentu juga. Masih bisa digunakan.

Jika kota yang masih berada di dalam zona yang sama dengan kota kalian mengaktifkan paket data tadi. Maka masih bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Sebaliknya jika kota tujuan tadi ternyata kelompok zonanya sudah berbeda, maka tidak bisa digunakan. Kuota lokal tersebut baru bisa digunakan lagi ketika kalian sudah kembali ke kota asal. Itupun jika masa aktifnya tidak keburu habis.

Zonasi ini juga bisa dianggap sebagai suatu pengelompokan daerah.

Misalnya, jika Anda tidak memiliki akses ke zona 1, maka Anda tidak akan dapat mengakses paket lokal. Paket data lokal mungkin tidak tersedia untuk Anda kecuali Anda memiliki akses ke zona 1.

Zona internet lokal adalah

Satu-satunya cara adalah dengan menghubungi call center operator terkait dan menanyakan kepada mereka ada di zona berapa kota kalian untuk operator tersebut. Dan kota mana saja yang tergabung dalam zona yang sama dengan kalian.

BACA JUGA:   Stiker Tulisan Keren Buat Motor

Yang perlu diketahui adalah setiap-tiap operator memiliki zonasi ramah yang berbeda-beda dan selalu berubah setiap periodenya. Terutama telkomsel. Ada jika kemungkinan jumlah pengguna aktif di suatu kota mengalami perubahan, entah turun ataupun naik. Maka pada periode berikutnya zona kota kemungkinan akan berubah,

Seperti di daerah saya, Jember Jawa Timur. Dulu sekitar 7 tahun yang lalu, telkomsel kota ini berada di zona 4, entah apa sekarang berada di zona 5. Pernah juga masuk ke zona 6 dan 1.

Mekanisme cara menggunakan kuota Internet Lokal

Jika tidak memiliki paket internet bisa mendownload 2 genre atau lebih misalnya bisa menggunakan paket data GB untuk Flash & cukup GB. Panggilan:

  1. Berapa banyak internet yang Anda miliki di internet?
  2. Apakah saya masih bisa menggunakan paket jatah di internet lokal jika memiliki yang biasa/flashdisk?
  3. Kalau bisa, bagaimana caranya?

Jika Anda ingin tahu bagaimana cara menggunakan kuota lokal agar lebih dulu digunakan sebelum yang flash, itu tidak penting.

Sayangnya, fitur ini tidak tersedia di wilayah Anda. Dan sistem ini secara otomatis. Jadi Anda tidak perlu mengatur atau membuat pengaturan khusus.

Cara menggunakan lebih dulu internet lokal adalah setting lokasi default.

Setting normalnya, lokasi default terpakai terlebih dahulu.

Namun, jika kalian sudah berada di zona yang sesuai dengan daerah dimana kuota internet tersebut diaktifkan. Tapi yang lokalnya masih tetap tidak terpotong / tidak bisa digunakan. Tetapi malah paket data flashnya yang terpakai lebih dulu, maka silahkan coba aktifkan lagi. Anda juga bisa me-restart hp atau modemnya terlebih dahulu.

Tujuan mengaktifkan / menonaktifkan mode pesawat or restart hp adalah untuk merefresh jaringan di hp. Dengan begitu paket datanya akan terdeteksi oleh jaringan BTS setempat.

BACA JUGA:   Cara Minimize Youtube Tanpa Aplikasi

Apakah zona internet lokal beda dengan tempat membeli ?

Beli kuota dekat rumah. Tapi internet lokal tidak bisa digunakan.

Beli kuota internet nya mungkin memang di konter dekat rumah. Tapi bisa jadi konter tersebut membeli stok perdana atau voucher data nya dari kota lain yang zonanya berbeda. Coba cinta kembali ke konter tempat kalian membeli paketan tersebut. Mengapa lokal nya tidak bisa dipakai, jadi dicroscek kembali oleh mereka.

Cara menggunakan kuota Internet Lokal ini penting untuk diperhatikan bagi yang belum tahu. Terutama para pengusaha konter / agen pulsa. Bahwa khusus paket data telkomsel (terutama yang berupa kartu perdana & voucher fisik). Mekanisme penerapan zona adalah berdasarkan A number. Bukan B number (berdasarkan tempat / / voucher tersebut ditembak paket bukan tempat diaktifkannya).

maksudnya begini,

Misal si A berada di zona 1, dia memproduksi kartu/voucher internet telkomsel dan menjualnya ke lapak, baik secara online maupun offline. (ini disebut Angka)

Lalu si B yang sebenarnya berada di kota yang masuk zona 2 membeli dan menjualnya di konter miliknya (ini disebut B number).

Maka kuota lokal dari perdana / voucher data tersebut ikut ke zona 1 (ikut A number / tempat dimana paket tersebut diproduksi). Jika ada pembeli yang menghubungi B membeli paketan itu, sudah pasti paket tersebut tidak akan bisa digunakan karena pembeli tersebut berada di zona 2.

Beda lagi untuk isi ulang kuota internet yang dengan cara elektrik. Untuk melakukannya, masukkan zonanya berdasarkan nomor B. Jadi misal kalian berada di zona 2 lalu mau beli paket internet secara online dan penjualnya berada di zona 1. Maka lokalnya tetap bisa dipakai karena ikut ke zona 2.

Jadi, itu jawaban tentang internet lokal adalah internet yang berfungsi di zona tertentu. Zona bisa berubah sesuai kebijakan operator dan efisiensi operasional.