Kuota Internet Lokal Tidak Bisa Dipakai
Kuota Internet Lokal Tidak Bisa Dipakai

Kuota Internet Lokal Tidak Bisa Dipakai dan Solusinya

Kuota internet lokal tidak bisa dipakai apa masalahnya? Bagaimana cara mengatasi kuota internet lokal gagal dipakai? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya jika Anda mengenal lebih jauh terkait internet lokal itu sendiri. Sehingga keberadaannya pun bisa Anda gunakan dengan lebih tepat.

Mengenal internet lokal

Apa itu kuota internet lokal? Pada dasarnya kuota internet lokal adalah jenis kuota yang umumnya hadir dengan pembatasan area atau zona tertentu. Hal ini berlaku untuk Anda yang ingin mendapatkannya dan juga menggunakannya.

Sebagai contoh, jika Anda mendapatkan kuota internet lokal di daerah Bandung. Tentunya kuota tersebut pun hanya dapat digunakan di kawasan tersebut. Dengan demikian, ketika Anda melakukan perjalanan menuju kota lain seperti Jakarta dan lainnya, maka kuota tersebut pun tidak dapat digunakan.

Secara sederhana, kuota internet lokal yang Anda dapatkan hanya dapat digunakan pada area pengaktifan. Karena itulah jika Anda berada di lokasi yang berbeda dengan area pengaktifan, umumnya kuota internet lokal pun tidak dapat digunakan.

Cara tepat gunakan kuota internet lokal

Pada dasarnya ketika Anda mengaktifkan kuota internet. Umumnya Anda akan mendapatkan beberapa bonus kuota lainnya. Salah satu di antaranya adalah kuota internet lokal.

Untuk cara menggunakan kuota internet lokal, tidak jauh berbeda dengan penggunaan kuota pada umumnya. Namun untuk mendapatkan kuota tersebut ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Jika tidak, maka kuota internet lokal tidak bisa dipakai. Beberapa cara di antaranya :

  •     Aktifkan paket data yang didalamnya terdapat bonus kuota internet lokal. Cara mengaktifkannya dapat Anda lakukan melalui beberapa langkah berbeda. Seperti melalui dial up mandiri atau bahkan menggunakan pilihan paket pada aplikasi khusus.
  •     Setelah itu, alihkan model paket data pada jaringan seluler.
  •     Setelah pemberitahuan mengenai kuota internet lokal Anda dapatkan. Hal selanjutnya adalah Anda tinggal menggunakan kuota internet lokal di kawasan tempat Anda mengaktifkannya.

Cara Aktifkan Dan Solusi Dari Kuota Internet Lokal Tidak Bisa Dipakai

Untuk Anda yang memiliki masalah seperti halnya kuota internet lokal tidak bisa dipakai. Tidak perlu khawatir, karena ada beberapa solusi yang dapat coba Anda lakukan. Ingin tahu apa saja dan bagaimana cara melakukannya? Berikut penjelasannya :

  • Memastikan lokasi Anda sesuai dengan lokasi pembelian paket

Sesuai dengan nama yang dimilikinya yaitu kuota internet lokal. Maka fungsi kuota internet lokal itu sendiri lebih ditujukan untuk penggunaan lokal. Dalam hal ini penggunaannya hanya dapat dilakukan di wilayah tertentu.

Apabila Anda membeli kartu tersebut dari wilayah yang berbeda dengan saat Anda melakukan aktivasi dan juga kegiatan online. Tentunya dapat dipastikan kuota internet tersebut tidak akan tersedia. Karena umumnya ia hanya dapat berfungsi di kawasan penjualan atau penyebarannya saja.

  • On/Off dari mode pesawat

Solusi lain dari Kuota internet lokal gagal dipakai, apabila Anda telah menggunakan layanan data di lokasi yang sama dengan saat Anda mengaktifkan data. Namun kuota internet lokal tersebut masih tidak dapat digunakan. Tentunya ada kemungkinan bahwa masalah berasal dari jaringan HP yang Anda miliki.

Merujuk pada hal tersebut, cara paling mudah yang dapat Anda lakukan adalah menyalakan atau mematikan mode pesawat terlebih dahulu. Setelah itu, baru aktifkan kembali jaringan data yang ada. Lakukan hal tersebut hingga jaringan dari kuota internet lokal Anda dapat digunakan.

  • Matikan aplikasi VPN jika kuota internet lokal tidak bisa dipakai

Saat menggunakan aplikasi VPN, maka secara otomatis kuota internet lokal yang Anda miliki tidak dapat digunakan. Mengapa demikian? Hal ini berkaitan dengan jaringan atau server yang Anda gunakan.

Karena VPN tidak mendeteksinya sebagai kawasan wilayah di Indonesia. Melainkan ia hadir dengan kawasan luar negeri. Server tersebut juga sesuai dengan apa yang Anda pilih.

  • Lapor Kuota Internet Lokal Gagal Dipakai ke CS Provider Kartu

Setiap kartu memiliki layanan customer service yang selalu siap sedia untuk memberikan layanan bagi Anda. Salah satunya layanan yang berkaitan dengan masalah kuota internet lokal tersebut.

Karena itulah jika Anda mengalami masalah, seperti halnya kuota internet lokal yang tidak dapat digunakan. Pastikan untuk segera menghubungi layanan customer service. Dengan demikian, permasalahan Anda pun dapat diatasi dengan lebih mudah.

  • Manfaatkan Fake GPS

Apabila Anda berada diluar wilayah aktivasi dan tetap ingin menggunakan kuota internet lokal. Ada cara mudah yang dapat Anda lakukan. Cara tersebut adalah memanfaatkan penggunaan aplikasi fake GPS dengan memalsukan alamat penggunaan.

Itulah kiranya beberapa solusi tepat yang bisa Anda lakukan saat kuota internet lokal tidak bisa dipakai.

Kunjungi juga

erp cloud

Penjelasan Cloud ERP Keuntungan, Risiko dan Solusi Populer

Cloud ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan berbasis cloud. Ini menawarkan banyak keuntungan bisnis …