APN Indosat Gratis Internet
APN Indosat Gratis Internet

Cara Setting APN Indosat Gratis Internet 2021

Menikmati internet gratis tentu menjadi keinginan setiap orang. Berbagai cara dilakukan untuk memperoleh layanan tersebut, termasuk setting APN Indosat gratis internet yang hingga kini menjadi salah satu trik yang cukup banyak diterapkan.

Pengguna internet gratis sendiri sering disebut sebagai gretonger. Biasanya, gretonger akan memanfaatkan aplikasi-aplikasi tertentu untuk mendukung serta membantu bagaimana akses internet dapat diperoleh secara gratis. Tidak seperti setting APN lainnya , dengan bantuan aplikasi ini pengguna hanya cukup mengaktifkan atau menjalankan aplikasi pihak ketiga.

Adapun aplikasi yang biasa digunakan untuk internetan gratis meliputi injector, psiphon, KPN tunnel, anonytun, dan masih banyak lainnya. Semua aplikasi ini dapat dijalankan untuk berbagai jenis provider termasuk Indosat. Meskipun demikian tentu akan lebih mudah apabila gretonger dapat memperoleh layanan internet gratis hanya dengan setting APN Indosat. Sebab cara ini tidak perlu membutuhkan aplikasi-aplikasi tersebut atau semacamnya.

Dengan menerapkan cara yang satu ini, gretonger hanya perlu mengatur APN dan proxy khusus yang diperuntukkan bagi provider Indosat. Setting APN Indosat gratis internet ini cukup mudah dibanding pengguna aplikasi di atas. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk nikmati layanan internet gratis tanpa menggunakan aplikasi.

Cara Setting APN Indosat Gratis Internet Dengan Mudah

Trik ini bisa digunakan untuk semua jenis jaringan, baik 3G maupun 4G. Namun sebelumnya pastikan Anda telah mengetahui alamat IP agar bisa memastikan keberhasilan terhadap setting APN Indosat ini. Hal ini dikarenakan trik setting APN akan lebih mudah apabila terkoneksi dengan alamat IP tertentu.

Mengetahui alamat IP di smartphone

Untuk mengecek IP address pada perangkat seluler, Anda membutuhkan aplikasi yang bernama Network IP Scanner. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Google Play Store. Selain berguna untuk memindai IP address yang digunakan, Network IP Scanner juga memungkinkan Anda dapat mengetahui seputar jaringan pada smartphone.

Membuat APN khusus untuk Indosat gratis internet

Jika alamat IP Anda menunjukkan di titik 10.xx.xx.xx, maka dipastikan memiliki peluang besar untuk bisa menikmati layanan ini. Namun meskipun IP address justru tidak menunjukkan alamat IP tersebut, tidak ada salahnya jika Anda tetap mencoba setting APN Indosat gratis internet. Panduannya sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi pengaturan atau setting di smartphone Anda. Kemudian pilih bagian SIM & jaringan seluler. Beberapa tipe smartphone pengaturan ini terletak di menu sambutan nirkabel atau semacamnya.
  2. Berikutnya akan muncul nama titik akses atau APN. Langsung saja klik tambah atau buat APN baru dengan memasukkan data berikut ini.

Catatan: penulisan tanpa tanda kurung

  • Nama (SuperInternet)
  • APN (superintendent.indosatooredoo.com)
  • Selain nama dan APN silahkan kosongkan saja atau default. Kemudian simpan APN baru.

Alternatif lain apabila setting APN Indosat gratis internet tersebut belum membuahkan hasil, berikutnya Anda bisa membuat APN baru dengan mengisi data di bawah. APN ini adalah salah satu APN khusus polosan yang bisa Anda gunakan pada saat pulsa dan kuota internet 0 (nol).

Alternatif Setting APN Indosat gratis

  • Nama (PolosanIndosat)
  • APN (sabartbs5)
  • Jenis APN (default, supl, wap)
  • Proxy (10.19.19.19)
  • Port (8080) atau bisa menggunakan (3128)
  • Nama pengguna (Indosat)
  • Jenis autentikasi (PAP atau CHAP)
  • Protokol APN (IPv4 atau IPv6)
  • Roaming APN (IPv4)
  • Silahkan kosongkan pengaturan lain kemudian simpan APN dan pilih sebagai default.

Alternatif lain untuk data yang juga bisa digunakan untuk setting APN sebagai berikut.

  • Nama (PolosanIndosat2)
  • APN (sabartbs5)
  • Proxy (202.152.162.152)
  • Kosongkan bagian lain dan gunakan APN baru ini sebagai default.

Rekomendasi lain: (pilih salah satu di bawah ini)

  • Nama dan APN masing-masing (lte)
  • Nama dan APN masing-masing (free)

Apabila setting APN Indosat gratis internet di atas tidak berhasil di smartphone Anda. Solusi lain yang bisa dimanfaatkan untuk mengakses internet secara gratis adalah menambah pengaturan baru melalui aplikasi VPN. Dengan mengkombinasikan antara aplikasi VPN dengan setting APN Indosat gratis internet, maka dapat memperbesar peluang keberhasilan dalam menjalankan APN baru seperti yang telah ditulis di atas.

Silahkan download aplikasi VPN yang memiliki fitur tanpa batas limit (kuota, jaringan, kecepatan, dan jangkauan). Anda bisa menggunakan aplikasi Turbo VPN yang memiliki tingkat kestabilan cukup baik apabila digunakan di wilayah Indonesia.

Sebelum menjalankan aplikasi Turbo VPN, silahkan setting APN dengan:

  • Nama (Indosat)
  • APN (123.indosat.com)
  • Kosongkan bagian yang lain

Buka aplikasi Turbo VPN dan klik “connect”. Kemudian tunggu hingga sambungan VPN terhubung. Biasanya, sambungan VPN membutuhkan waktu beberapa menit sampai bisa terhubung dan memberikan akses internet gratis. Jika terjadi kegagalan sambungan, cobalah kembali beberapa saat kemudian sejak percobaan pertama. Carilah area yang memiliki sinyal kuat, sebab beberapa aplikasi VPN membutuhkan jaringan yang stabil untuk dapat terhubung ke server.

Jika memang belum memberikan hasil seperti yang diinginkan, gantilah APN tersebut dengan APN Indosat gratis internet yang telah dibuat sebelumnya (di atas). Coba satu per satu hingga ditemukan APN yang cocok untuk lokasi IP Anda beserta kekuatan jaringan di sekitarnya.

Demikian cara setting APN Indosat gratis internet yang bisa Anda coba. Sebagian pengguna berhasil menerapkan cara ini setelah mencobanya berulang-ulang. Hal ini memang menjadi karakteristik layanan APN dan VPN, dimana untuk dapat terhubung ke server, smartphone harus memiliki koneksi jaringan yang memadai. 

Kunjungi juga

erp cloud

Penjelasan Cloud ERP Keuntungan, Risiko dan Solusi Populer

Cloud ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan berbasis cloud. Ini menawarkan banyak keuntungan bisnis …