Cara Mengubah Kuota Conference Menjadi Kuota Internet

  • Bagikan
Kuota Conference Menjadi Kuota Internet
Kuota Conference Menjadi Kuota Internet

Di masa pandemi, kebutuhan akan kuota internet terus meningkat seiring dengan dialihkannya berbagai aktivitas dari offline ke online. Salah satu kuota yang banyak dibutuhkan yakni kuota conference. Kuota ini dikhususkan untuk penggunaan aplikasi berbasis konferensi, seperti Zoom, Google Meet, dan sebagainya. Adapun Anda dapat mengubah kuota conference menjadi kuota internet apabila ingin menggunakannya untuk mengakses berbagai aplikasi selain konferensi.

Istilah pengalihan kuota bukanlah sesuatu yang baru. Terlepas dari sebelumnya yang juga diterangkan bagaimana merubah kuota Maxstream dan Game Max, kali ini Anda dapat mengetahui bagaimana proses peralihan kuota conference ke kuota internet atau flash. Dalam artian bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan akses internet atau tidak terbatas pada aplikasi conference.

Provider Penyedia Kuota Conference Dengan Harga Termurah

Pada awal mula pandemi, kuota conference sering ditawarkan oleh berbagai provider dengan harga yang sangat murah apabila dibandingkan dengan kuota utama. Dua diantara provider penyedia kuota conference yang cukup populer karena harganya yang murah yaitu XL dan Axis. 

Bagi pengguna provider XL, setidaknya ada tiga jenis kuota conference yang cukup populer, yaitu Paket Conference XL Rp 2000 untuk 2 GB dengan masa aktif 1 hari, Rp 4000 untuk 5 GB dengan masa aktif 3 hari, dan Rp 10.000 untuk 15 GB dengan masa aktif 7 hari. Semua kuota ini dapat berjalan di semua jaringan, baik 3G maupun 4G. Sedangkan untuk memperolehnya, pengguna dapat membeli kuota conference XL di aplikasi MyXL.

Adapun kuota conference yang dihadirkan oleh provider Axis juga tak kalah murah. Ada beberapa paket Booster yang tersedia khusus untuk aplikasi conference, yaitu Rp 800 untuk 2 GB dengan masa aktif 1 hari, Rp 2.900 untuk 5 GB dengan masa aktif 7 hari, dan Rp 8.900 untuk 15 GB dengan masa aktif 7 hari. Pembelian bisa dilakukan melalui aplikasi Axisnet.

Terlepas dari harga yang ditawarkan sangat murah, kuota conference di atas hanya bisa digunakan untuk aplikasi tertentu saja. Sehingga untuk dapat menggunakan layakanya kuota utama, maka pengguna harus merubah kuota conference ke kuota internet.

Cara Merubah Kuota Conference Menjadi Kuota Internet

Di bawah ini cara merubah kuota conference menjadi kuota internet yang bisa dilakukan khusus bagi pengguna provider XL dan Axis. Mengingat setiap provider berbeda, maka untuk pengguna lain bisa menyesuaikan dengan cara di bawah ini.

Merubah kuota conference ke kuota internet pada XL

Sebelum mengalihkan kuota conference ke kuota internet khusus di provider XL, Anda harus memiliki config 4 terlebih dulu untuk menjalankan program pengalihan nanti. Config ini bisa diperoleh dengan mudah melalui pencarian Google. Setelah itu ikuti panduan merubah kuota conference menjadi kuota internet di XL sebagai berikut.

  1. Unduh aplikasi HTTP Injector versi terbaru. Apabila tidak menemuinya di Play Store, silahkan download secara manual di Google kemudian jalankan.
  2. Impor config 4 yang telah Anda miliki dengan cara mengklik titik tiga di bagian pojok kanan atas.
  3. Ada dua opsi yang muncul, yaitu impor dan ekspor. Silahkan impor config 4 yang telah disimpan sebelumnya.
  4. Apabila proses pengunggahan config selesai, lanjutkan dengan menjalankan aplikasi HTTP Injector atau klik “Start”.

Proses pengalihan dari kuota conference ke kuota internet setidaknya membutuhkan waktu beberapa saat sampai program berjalan. Apabila sambungan koneksi tidak terhubung, silakan ulangi kembali beberapa saat kemudian. Pastikan jaringan XL yang Anda gunakan stabil sebelum merubah kuota conference jadi kuota internet.

Merubah kuota conference jadi kuota internet pada Axis

Meskipun provider satu ini berjalan di bawah Perusahaan XL Axiata, namun prosedur pengubahan kuota conference ke kuota internet berbeda dari XL. Ada dua cara yang bisa dilakukan sehingga kuota dapat dialihfungsikan. Dua cara yang dimaksud yaitu melalui pengaturan APN dan bantuan aplikasi.

Jika Anda ingin merubah kuota conference menjadi kuota internet hanya melalui APN tanpa aplikasi, silahkan buat APN baru dengan mengisi data seperti berikut.

  • Nama : ConferenceFlash
  • APN : Speedboth4G
  • Nama pengguna : Axis
  • Sandi : Axis
  • Server : 1.1.1
  • Proxy MMS : 68.151.248
  • Jenis autentikasi : PAP atau CHAP
  • Jenis APN : Default, upl
  • Protokol APN : IPv4 atau IPv6
  • Protokol Roaming APN : IPv4 atau IPv6

Simpan dan gunakan APN baru tersebut secara default. Aktifkan mode pesawat beberapa saat kemudian matikan kembali hingga muncul jaringan. Sampai disini maka proses pengalihan kuota conference ke kuota internet sudah selesai. Adapun jika mengalami kegagalan sambungan, tidak ada salahnya jika Anda mencoba cara lain untuk provider Axis, yaitu dengan menggunakan aplikasi Psiphon Pro.

Merubah kuota conference menjadi kuota internet di Axis menggunakan aplikasi Psiphon Pro diperlukan penyetelan sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Psiphon Pro dan klik bagian menu opsi.
  2. Pada bagian Select Server Region, pilih negara Singapura (rekomendasi) atau server lainnya yang memiliki jaringan terkuat.
  3. Pergi ke bagian VPN Setting kemudian alihkan ke semua aplikasi.
  4. Pergi ke bagian Setting Proxy untuk mengaktifkan sambungan lewat proxy HTTP.
  5. Pada header HTTP custom, isikan Header 1 dengan data berikut.
  1. Jalankan aplikasi Psiphon Pro hingga icon kunci keluar di bar notifikasi sebagai tAnda apabila sambungan terhubung.

Demikian cara yang bisa dilakukan bagi pengguna provider XL dan Axis untuk mengubah kuota conference menjadi kuota internet. Cara di atas sudah banyak diterapkan dan berhasil. Apabila terjadi kendala sambungan, silahkan ulangi kembali pada saat jaringan pada smartphone stabil.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci
  • cara mengubah kuota conference xl menjadi kuota utama tanpa aplikasi
  • config axis conference september 2021
  • Bagikan