Cara dan Kelebihan Daftar Internet PLN 2021 2022

  • Bagikan
Daftar Internet PLN 2021
Daftar Internet PLN 2021

Kehadiran PLN saat ini tidak hanya melayani masyarakat dalam bidang listrik. Dalam beberapa tahun terakhir, melalui anak perusahaannya PLN mengenalkan layanan baru di bidang lain Tepatnya yaitu program paket internet. Jika Anda berkenan untuk berlangganan paket ini, berikut cara daftar internet PLN 2021.

Keberadaan internet saat ini telah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian masyarakat. Tak heran jika kemudian banyak perusahaan yang menawarkan layanan di bidang internet, tanpa terkecuali perusahaan listrik dari BUMN yang satu ini. Sebelum mengetahui caranya, mungkin baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu program yang ditawarkan oleh PLN ini.

Sekilas Tentang Internet PLN

Program internet yang diperkenalkan oleh PLN merupakan layanan baru yang diperuntukkan bagi pengguna jasa PLN. Paket yang ditawarkan ini merupakan fasilitas internet fiber yang tidak berbeda jauh dari penyedia layanan internet lainnya. Sehingga bagi yang berminat  akan memperoleh keuntungan yang tidak didapat dari penyedia lain.

Perusahaan yang bergerak di bidang kelistrikan ini menawarkan paket internet ICON+ yang memiliki tarif sangat beragam. Pengguna akan mendapat tarif normal dengan harga yang cukup bersaing. Namun pada saat promo tertentu, PLN sering memberikan diskon dengan harga yang sangat murah serta bebas biaya pemasangan. 

Sama halnya dengan penyedia layanan internet pada umumnya yang memberikan beberapa keuntungan bagi pengguna. Di samping menggunakan layanan ketersediaan listrik dari perusahaan BUMN ini, setidaknya akan ada beberapa kelebihan sebagai berikut.

Kelebihan Daftar Internet PLN 2021

  1. Penawaran kapasitas internet unlimited dengan harga yang sangat terjangkau. Mulai dari paket termurah hingga termahal, beberapa fitur yang didapat bisa dikatakan lebih unggul dari penyedia lain untuk harga di kelasnya.
  2. Memiliki kecepatan internet yang stabil. Hal ini dikarenakan sistem yang dipakai oleh PLN menggunakan end to end fiber optic dengan media transmisi yang sangat baik. Dalam keadaan cuaca ataupun internet PLN tetap dapat diAndalkan.
  3. Memperoleh layanan monitoring dan full kontrol selama 24 jam menggunakan IPN VPN ICON+.
  4. Meminta pembaharuan terkait paket data internet tanpa harus menunggu dalam kurun waktu yang lama.
  5. Menyediakan service point yang tersebar di berbagai daerah untuk melayani para pengguna.
  6. Pengguna dapat memanfaatkan tambahan. Layanan telepon hingga televisi melalui fasilitas terbarukan dari perusahaan Persero ini.
  7. Sistem keamanan bagi pengguna sangat terjamin. Sebab perusahaan telah menyediakan network security yang cukup memadai pada layanannya.
  8. Tersedia customer interface traffic monitoring. Apabila pelanggan membutuhkan bantuan akibat kendala tertentu.
  9. Layanan PLN yang sudah menjangkau di berbagai wilayah. Termasuk daerah pelosok memungkinkan pengguna dapat segera menikmati layanan tanpa harus menunggu ketersediaan jalur di lokasi tertentu.

Jika Anda berminat ada salah satu syarat yang harus dilakukan sehingga perusahaan berkenan untuk memberikan layanan tersebut kepada Anda. Syarat yang dimaksud adalah meningkatkan daya listrik di rumah. Untuk menambahkan daya listrik ini tentu Anda harus mendatangi atau memanggil petugas terdekat dari rumah Anda.

Penambahan daya ini cukup beragam. Bahkan Anda dapat memulainya dari tegangan 450 volt ampere hingga 197 kilo volt ampere. Biaya penambahan daya listrik tidak termasuk dalam biaya pendaftaran. Untuk itu Anda harus menyediakan anggaran sesuai tarif meningkatkan daya listrik berdasarkan besaran volt ampere meter tertentu.

Setelah meningkatkan daya listrik di rumah Anda, silahkan lanjutkan proses selanjutnya dengan mendatangi kantor cabang PLN terdekat.

Cara Daftar Internet PLN 2021

  1. Ajukan permohonan Anda untuk daftar internet PLN kepada petugas sehingga Anda akan memperoleh formulir tertentu untuk mengisi data diri serta alamat yang ingin dipasang layanan internet.
  2. Setelah petugas menerima informasi Anda, berikutnya akan dilakukan pengecekan terkait lokasi atau area tempat Anda tinggal. 
  3. Untuk mendaftar dan menikmati layanannya, maka daerah Anda harus bisa dijangkau oleh internet fiber PLN. Jika mematuhi kemudian Anda akan yang diminta untuk mengisi formulir ketua terkait pemasangan layanan internet.
  4. Pada tahap selanjutnya, petugas akan memantau area di sekitar tempat tinggal Anda untuk memastikan layanan internet dapat dipasang.
  5. Setelah selesai dilakukannya pemantauan beberapa waktu tertentu, maka petugas akan langsung memasang internet di daerah Anda dengan catatan telah memenuhi kriteria.

Bagi pelanggan baru, biasanya perusahaan akan mengharuskan agar berlangganan selama minimal 2 tahun. Tarif dasar untuk memasangkan ini yaitu diberikan promo khusus untuk tahun pertama dan tarif normal peserta pajak PPN di tahun berikutnya. Istilah layanan paket internet yang ditawarkan oleh PLN dikenal dengan nama stroomnet. Beberapa fasilitas meliputi full fiber, kuota unlimited, kecepatan internet menyesuaikan dengan paket yang dipilih, harga terjangkau serta lain sebagainya.

Adapun tarif dasar daftar internet PLN 2021 ditentukan berdasarkan paket yang dipilih. Paket ini terbagi menjadi 4 jenis yaitu stroomnet 5, 20, 50, dan 100. 

Tarif  Internet PLN 2021

Paket tanpa TV

  • Stroomnet 5: harga normal Rp 101.000,- per bulan dan harga promo Rp 89.000,- per bulan dengan kecepatan up to 5 Mbps.
  • Stroomnet 20: harga normal Rp 184.000,- per bulan dan harga promo Rp 162.000,- per bulan dengan kecepatan up to 20 Mbps.
  • Stroomnet 50: harga normal Rp 350.000,- per bulan dan harga promo Rp 308.000,- dengan kecepatan up to 50 Mbps.
  • Stroomnet 100: harga normal Rp 627.000,- per bulan dan harga promo Rp 552.000,- per bulan dengan kecepatan up to 100 Mbps.

Paket dengan TV

  • Stroomnet TV 5: harga normal Rp 285.000,- per bulan dan harga promo Rp 273.000,- per bulan dengan 75 Chanel IP TV.
  • Stroomnet TV 20: harga normal Rp 368.000,- per bulan dan harga promo Rp 346.000,- per bulan dengan 75 Chanel IP TV.
  • Stroomnet TV 50: harga normal Rp 534.000,- per bulan dan harga promo Rp 492.000,- per bulan dengan 75 Chanel IP TV.
  • Stroomnet TV 100: harga normal Rp 811.000,- per bulan dan harga promo Rp 736.000,- per bulan dengan 75 Chanel IP TV.

Perlu diketahui bahwa biaya daftar internet PLN 2021 di atas berbeda-beda untuk setiap daerah. Jika tempat tinggal Anda berada di area Jabodetabek maka akan lebih murah atau sesuai dengan tarif di atas karena mudah dijangkau oleh jaringan internet fiber PLN. Jika bertempat tinggal di luar Jabodetabek maka tidak menutup kemungkinan tarif daftar internet PLN 2021 lebih tinggi.

  • Bagikan