Modifikasi Motor NMX 200 cc

Modifikasi Motor NMX
Modifikasi Motor NMX

Modifikasi motor NMX. Anda pemilik Yamaha Nmax? Apa kira kira ubahan yang cocok bagi motor Anda? Ubahan grafis, body atau aksesori? Inilah ide modifikasi Yamaha Nmax untuk Anda.

Mesin NMax memang dikenal sudah cukup kencang. Jadi, jarang juga yang memodifikasinya. Alasan lain, pemilik suka dengan gaya serta kenyamanannya. Motor ini biasa digunakan untuk touring jauh. Karenanya, ada yang menambah bagasi, lampu tambahan dan berbagai aksesori lainnya.

Tetapi, pernahkan Anda membayangkan Nmax yang bermesin 200 cc? Memang ada versi skuter Yamaha 250 cc. Tetapi, harganya beda jauh. Selain itu, ukurannya juga beda jauh. Jadi, kurang cocok bagi pemilik bertubuh kecil.

Tetapi, ini adalah modifikasi Nmax yang menyasar mesin. Yang utama, motor bertenaga gahar untuk menempuh rute Jakarta Bandung.

Modifikasi motor NMX 200 cc

Yamaha NMAX tua ini punya jantung sebesar 216 cc. Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai upgrade Yamaha NMAX 2016 yang dimiliki oleh Bro Deryl Prayudha. Sekarang saatnya untuk meninjau upgrade mesin secara lebih rinci.

Tidak main-main, upgrade Yamaha NMAX ini hadir dengan warna black sapphire yang memiliki mesin bertenaga 216 cc.

“Jadi awalnya ngebosenin sampai spek 63, jadi lama kelamaan saya merasa ada kekurangan dan saya sangat khawatir, saya sering pergi dari Jakarta ke Bandung. Jadi kurang responsif, akhirnya saya remodel mesinnya, ” dia berkata. Bro Deryl di depan NMAX nya.

BACA JUGA:   Ketahui Berapa Lama Memanaskan Mobil yang Jarang Dipakai

Sekilas banyak yang mengira Yamaha NMAX ini standar karena bro Deryll sengaja memainkan konsep sportif.

“Saya sengaja memainkan konsep sport agar tidak terlalu ramai dan tidak terlalu mencolok. Tetapi cukup untuk mengatasi keperluan tenaga,” katanya.

Bagaimana Modifikasi motor NMX 200 cc

Menyentuh angka 216 cc, Deryll mengganti blok mesin sekaligus dengan set lengkap piston.

“Blok saya pakai Moto 1, piston pakai kitako 63mm, lalu klep saya pasang ke nock custom Honda CBR,” ujarnya kepada GridOto.com.

Selain itu, tidak hanya gaya balap, mesin Yamaha NMAX ini berputar di 200 cc

Tak cukup, Brother Deryll juga mempercayakannya untuk memperbaiki detail mesin dengan melakukan tune up di Yoga Motorshops alias YMS.

Pemilik Bengkel YMS Yoga Ningrat alias Yoga “Bro Deryll” selalu fokus pada performa mesin. Sehingga spek 63 terlalu sering rusak. Sehingga ketika dirasa belum cukup akhirnya kami upgrade 200 CC untuk mengangkat tenaga motor,” ujar pemilik Bengkel YMS Yoga Ningrat.

Menurut pemilik BRT Racing, Yoga, ciri khas bengkel ini adalah mengganti kruk baru.

1. Modifikasi motor NMX, Mesin

Mesinnya adalah dari Yamaha NMAX ROB1 216cc dengan bore up.

“Axle kruk pakai BRT 64.80 tapi nanti saya mix lagi biar lebih bagus, nanti kita main di pegas klep dan busi biar ruang bakarnya lebih bagus,” lanjut Yoga.

Tentu saja kapasitas mesin meningkat signifikan, aliran bahan bakar pasti sudah diganti. Di sektor komponen trohtle diganti dengan YMS Secret Connection Unit.

TB BRT 32 pakai jadi saya pakai Vellosco yang saya produksi. Intinya aliran udara dan suplai ke ruang bakar semakin padat campurannya. dan hasilnya mantab sob,” lanjut pemilik outfit keren ini.

BACA JUGA:   Mobil Paling Bagus di Indonesia - Apa Aja Pilihannya?

Pasang saringan Yamaha NMAX buatan YMS untuk memperlancar aliran udara

2. ECU

Modifikasi motor NMX selanjutnya adalah komputer mesin. Untuk itu, urusan ECU motor bawaan telah digantikan oleh ECU BRT Juken 5 Dualband.

3. CVT

Sektor transmisi tidak kurang mendapat sentuhan dari YMS.

“CVT per CVT jeroan, double pulley bowl, all custom. Ini my workshop secret. Roller hanya pakai 11 gram, perbandingannya pakai Kawahara,” gurau Yoga sedikit.

“Kalau dihitung kapasitas mesin setelah satu langkah dan dinaikkan menjadi 216 cc, maka sektor ubahan mesin sudah penuh. .

Namun, kapasitas mesin 216 cc akan terpengaruh oleh suhu mesin yang tinggi. Karenanya, perlu penambahan kipas dengan merk BRN.

4. Kipas tambahan

Kipas ekstra Yamaha NMAX 216cc untuk menghindari panas berlebih

Apakah kapasitas 216 cc aman dengan stroke mesin besar untuk riding atau aktivitas sehari-hari?

“Kalau ditanya apakah aman untuk dipakai sehari-hari, saya tidak akan bisa membelinya kembali karena pasti butuh perawatan khusus ketimbang mesin biasa,” jelas Yoga.

Brother Deryll mengaku senang dan gembira dengan mesin bengkel WMS milik Bro Yoga ini.

“Saya sangat senang dengan apa yang telah dilakukan tim YMS dengan Yoga. Sekarang NMAX saya juga sangat menarik untuk wahana Jakarta-Bandung. Bahkan akan terus ditantang bahkan oleh pembalap dan motor sport lainnya.

Inilah ide modifikasi Yamaha Nmax, semoga bermanfaat.