Memperbaiki Foto Lembab
Memperbaiki Foto Lembab

Memperbaiki Foto Lembab

Memperbaiki foto lembab. Ini dia trik memperbaiki foto yang lembab dan bisa rusak. Foto adalah salah satu benda yang paling berharga karena memiliki banyak memori. Foto dari masa lalu umumnya sensitif terhadap paparan udara lembab. Menyebabkan mereka menempel pada album atau bingkai. Ini akan merusak foto. Kalau file negatif atau foto masih ada, tidak masalah Pak. Tapi kalau file negatif atau film tidak ada, apa yang harus dilakukan? Simak tips berikut:

Memperbaiki foto lembab

Langkah pertama adalah buka foto dari album buku. Tarik perlahan foto dari album atau bingkai. Jika foto itu robek saat Anda menariknya, berhentilah. Keringkan foto sebentar dan coba angkat lagi.

Langkah selanjutnya adalah mengeringkan atau foto yang lembab diangin anginkan.

Untuk foto yang saling menempel, coba rendam dalam air hangat selama sekitar satu jam. Dengan cara ini, foto yang dibekukan akan mudah lepas.

Jika itu tidak berhasil dan foto Anda rusak dan tidak kembali seperti semula, selalu merupakan ide yang baik untuk membawa foto tersebut ke studio foto untuk perawatan ahli.

Memperbaiki foto basah dengan Photoshop

Sementara Photoshop adalah alat yang hebat untuk meningkatkan atau mengedit gambar digital, itu juga merupakan aplikasi yang fantastis untuk memperbaiki atau memulihkan foto yang rusak yang disebabkan oleh usia, kelalaian atau bencana alam. Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan cara memperbaiki foto yang rusak parah di Photoshop. Ayo mulai!

Anda akan membutuhkan Software Photoshop untuk menyelesaikan tutorial ini. Silakan unduh sebelum Anda mulai. Jika tidak tersedia, Anda perlu mencari alternatif lain.

1. Kumpulkan Potongan foto

Langkah 1

Oke, jadi inilah yang perlu kita kerjakan: Saya mencari bidikan paling ekstrim dan kacau untuk dikerjakan sehingga kita benar-benar dapat menguji kemampuan restorasi kita.

Langkah 2

Kita mulai dengan memilih setiap bagian dengan Lasso Tool dan salin dan tempel masing-masing pada lapisan terpisah, lalu kita berakhir dengan empat lapisan; menyembunyikan aslinya.

Langkah 3

Selanjutnya, untuk setiap lapisan, kita akan membuat topi dan dengan kuas lancip pilihan Anda. Kita akan mulai menutupi tepi gambar yang sebenarnya. Saya lebih suka Kuas 23px, tapi terserah Anda; dan ukuran bervariasi sesuai kebutuhan.

Langkah 4

Sebelum menutupnya, mari kita lay out layer di bawahnya yang akan kita kerjakan dan mengisinya dengan biru tua untuk membantu kita secara visual di mana dan berapa banyak yang harus ditutupi.

Langkah 5

Mulai menutupi sepanjang tepi gambar dengan menghapus semua yang ada di sekitarnya.

Langkah 6

Ulangi proses untuk semua bagian lainnya sampai Anda memiliki satu seperti yang ditunjukkan di sini. Kami tidak membutuhkan kertas sobek atau bingkai putih di foto, jadi menutupi foto dengan detail seperti yang ditunjukkan dapat membantu Anda dengan langkah selanjutnya.

2. Memperbaiki foto lembab, Mengepaskan potongan foto

Langkah 1

Langkah sederhananya adalah menyatukan potongan. Pastikan Anda meluangkan waktu dan mencoba mencocokkan tepi setiap bagian dengan menggerakkan dan memutar potongan. Anda mungkin tergoda untuk mendistorsi atau mengubah ukuran beberapa bagian, meskipun saya menyarankan untuk tidak melakukannya.

Langkah 2

Pindahkan dan sesuaikan sebanyak mungkin sehingga Anda mendapatkan semua bagian tanpa tumpang tindih dengan isinya.

Langkah 3

Setelah Anda memiliki semua bagian, buat grup, lalu buat duplikat grup untuk penyimpanan yang aman.

Langkah 4

Terakhir, gabungkan grup di atas dan sembunyikan sisanya sehingga Anda siap untuk langkah berikutnya.

3. Bersihkan air dan fitur Clone di Photoshop

Langkah 1

Saatnya masuk ke bagian restorasi dan kita akan berkreasi dengan alat Clone untuk menghilangkan semua goresan dan sobekan di foto kita.

Langkah 2

Gunakan area yang bersih untuk memperbaiki kerusakan dan berhati-hatilah agar tidak membentuk pola yang berulang.

Langkah 3

Perlakukan setiap bagian sebagai elemen terpisah yang membutuhkan koreksi pembesaran dan perubahan ukuran kuas.

Langkah 4

Memperbaiki foto lembab dengan bersihkan air.  Bersabarlah dan luangkan waktu untuk mengeringkan air itu sebaik mungkin; pada titik ini saya sarankan Anda tidak masuk ke detail terlalu banyak dan hanya membersihkan kerusakan yang jelas.

Langkah 5

Jika Anda menemukan sesuatu yang membutuhkan lebih detail, biarkan untuk langkah pembersihan selanjutnya.

Langkah 6

Sepotong demi sepotong Anda akan melihat gambar Anda menjadi hidup.

Langkah 7

Dan ini adalah bagian yang saya putuskan untuk tidak digunakan untuk sementara waktu karena cukup penting dan memiliki kerusakan yang serius; wajah anak itu. Jadi bersihkan dan tinggalkan untuk nanti di mana kita dapat menemukan solusi dan mengambil lebih banyak waktu ..

Langkah 8

Dan di sini kami menemukan benjolan lain di jalan, tikungan dan kerutan di atas kertas, karena ini bukan gambar yang dipindai tetapi foto digital dari aslinya, kami memiliki beberapa cahaya berkilau dan pantulan di atas kertas yang juga harus kami tangani secara terpisah. . Tentu saja, semua ini dapat dihindari jika Anda menerima foto untuk pemulihan dan memindainya dengan benar. Tahap ini tampaknya cukup mudah di atas kertas juga, tetapi mengkloning semua kerusakan membutuhkan berjam-jam kloning kreatif yang mendetail, jadi bersabarlah dan kerjakan.

4. Perbaiki Area Penting

Langkah 1

Sekarang saatnya untuk mengurus bagian-bagian yang lebih rumit yang kita lewati, seperti bagian belakang sepeda. Karena aslinya robek dan terlipat, pada bagian ini kita perlu merekonstruksi area tersebut, jika memungkinkan pelanggan dapat memberikan foto lain di mana Anda dapat melihat sepeda secara utuh, dalam hal ini kita harus menggunakan tebakan terbaik kita.

Langkah 2

Salah satu bagian terpenting dari restorasi adalah mengembalikan wajah anak dan melakukannya tanpa mengubah fitur wajah; kemudian atur kuas menjadi sangat kecil dan, jika perlu, perbaiki piksel demi piksel hingga seluruh area bersih. Ingatlah bahwa ini hanya langkah 2 dari pemulihan, jadi tinggalkan detail kecil untuk nanti.

5. Memperbaiki foto lembab, Layer dan duplikat

Langkah 1

Saatnya untuk mengubah gambar kita menjadi hitam dan putih, bahkan jika klien menginginkannya menjadi sepia, yang terbaik adalah membuatnya menjadi hitam dan putih, mengembalikan rona dan kontras dan akhirnya mengubahnya kembali menjadi sepia . Kemudian terapkan lapisan penyesuaian hitam dan putih yang dipotong ke lapisan restorasi seperti yang ditunjukkan di sini.

Langkah 2

Gandakan layer seperti yang ditunjukkan dan sembunyikan yang asli, sekali lagi untuk diamankan.

Langkah 3

Gabungkan lapisan duplikat.

Langkah 4

Kita sekarang akan menggunakan alat Rentang Warna untuk membuat pilihan kurva yang memantulkan cahaya sekitar dan membuat kertas bersinar di area tergelap.

Langkah 5

Setelah Anda memilih, terapkan Feather ke sekitar 5 piksel.

Langkah 6

Kemudian pilih alat Bakar dan pastikan pengaturan di bilah atas diatur seperti yang ditunjukkan di sini.

Langkah 7

Kemudian bakar dengan kuas besar yang sangat lembut hingga area tersebut cocok dengan area bayangan lainnya di foto.

Langkah 8

Kami juga telah melipat bagian ini di atas tangki bahan bakar dan itu memantulkan cahaya yang membunuh bayangan di bawah lengan, jadi dengan alat Burn dan sedikit kloning kita perlu mengembalikan bayangan ini juga.

6. Spot Healing Brush

Langkah 1

Mari kita mulai langkah ini dengan memotong gambar seperti yang ditunjukkan, mencoba mempertahankan sebanyak mungkin konten foto asli.

Langkah 2

Sekarang saatnya menggunakan Spot Healing Brush untuk menghilangkan beberapa bintik. Saya yakin Anda akan segera tergoda untuk menggunakannya, tetapi alat ini tidak membantu pada tahap awal pemulihan dan benar-benar mengacaukan segalanya. Tidak ada jalan pintas dalam pemulihan, ada detail dan kesabaran. Tetapi pada titik ini kita dapat menggunakan alat ini.

Langkah 3

Kita perlu mengidentifikasi titik-titik yang merupakan bagian dari kerusakan dan menjaga detail yang merupakan bagian dari gambar, jadi berhati-hatilah.

Langkah 4

Memperbaiki foto lembab bisa membuat detail hilang karena air. Kami juga dapat menemukan bagian seperti ini di mana Clone Tool maupun Healing Brush tidak dapat membantu di tempat. Dan kami tidak punya pilihan selain mewarnai ulang detailnya.

Langkah 5

Kemudian pilih alat Brush Anda dengan ujung kuas ini hanya berukuran 1 px.

Langkah 6

Contoh tempat pelat ditunjukkan di sini dan dengan hati-hati mulailah merekonstruksi bagian kabel.

Langkah 7

Kemudian cicipi warna bayangan gambar dan selesaikan pembuatan kabelnya.

Langkah 8

Kami dapat menggambar ulang bagian yang benar-benar hilang dari gambar.

Langkah 9

Kami akan beralih ke beberapa bagian lain, jika memungkinkan kami akan menggunakan rincian dalam gambar untuk memperbaiki bagian-bagian, meninggalkan cat hanya untuk bagian-bagian yang tidak dapat diperbaiki. Dalam hal ini, roda yang rusak dapat diperbaiki menggunakan bagian roda yang tidak rusak.

Langkah 10

Mari menuju kemudi dan singkirkan kerutan yang ada. Dengan cara yang sama, tutup semua gambar dan temukan detail yang perlu diperbaiki.

7. Pengurangan Noise

Langkah 1

Kita sekarang akan menggunakan alat Reduce Noise untuk menghilangkan partikel dan titik kecil di seluruh gambar. Karena memperbaiki foto lembab perlu menghilangkan bekas titik air.

Langkah 2

Mari kita buat duplikat layer kerja kita dan terapkan pengaturan seperti yang ditunjukkan di sini. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan alat ini secara berlebihan karena Anda dapat menghapus detail dari gambar, bukan hanya noise dan grain yang tidak diinginkan. Meskipun bereksperimen dan mempelajari alat ini adalah ide yang bagus, jadi kami mengerjakan lapisan ganda untuk menghindari mengacaukan pekerjaan kami sejauh ini.

8. Perbaikan wajah terakhir

Langkah 1

Sentuhan terakhir pada gambar kami adalah memperbaiki bibir yang terlalu rusak; kita akan menggunakan bagian lain dari mulut untuk mengembalikan detail dan menghaluskan bibir kanan.

Langkah 2

Dengan alat Lasso, pilih bagian bibir kanan dan salin dan tempel ke layer baru.

Langkah 3

Balikkan bagian secara horizontal dan putar ke posisi yang ditunjukkan di sini.

Langkah 4

Kemudian putar ke tempatnya seperti yang ditunjukkan di sini.

Langkah 5

Gunakan alat Burn untuk memunculkan bayangan, secara efektif membangun kembali mulut,

Langkah 6

Dan kemudian selesaikan langkah ini dengan menyatukan kembali kedua lapisan dan membuat kita sangat dekat dengan penyelesaian restorasi kita.

9. Memperbaiki foto lembab, Detail akhir

Langkah 1

Kami memiliki titik kecil dan debu untuk dibersihkan sehingga kami dapat kembali ke alat Spot Healing dalam ukuran yang sangat kecil, seperti yang ditunjukkan di sini.

Langkah 2

Mari kita mulai dengan wajah bayi dan perbaiki hanya dengan menghilangkan partikel yang menonjol seperti yang ditunjukkan di sini.

Langkah 3

Jadi mari kita lanjutkan dengan sepeda untuk mencari detail yang hilang.

Langkah 4

Langkah terakhir ini membutuhkan pengamatan yang panjang saat Anda memperbesar dan memperkecil gambar untuk menemukan semua detail yang hilang ini.

Langkah 5

Kami mungkin memiliki cacat atau kerusakan yang kurang jelas yang dapat disebabkan oleh cairan atau lem yang juga perlu kami tangani.

Langkah 6

Jika kami menemukan sesuatu yang mengharuskan Anda untuk kembali ke alat Klon atau alat Kuas, lakukan saja, seperti dalam kasus ini di mana terlalu banyak rambut yang dipotong, kami akan mengembalikannya.

Kesimpulan cara memperbaiki foto lembab

Kami akhirnya mendapatkannya! kami akan menunjukkan cara memulihkan foto yang rusak parah. Selama proses ini, Anda akan belajar bekerja dengan alat kloning, Kuas Spot Healing. Dan bahkan cara menggunakan kuas untuk melukis detail yang tidak dapat direkonstruksi dari foto aslinya. Kami harap Anda belajar sesuatu dari tutorial ini dan dapat menggunakan teknik ini untuk memulihkan foto Anda.

Kunjungi juga

WA Web Masuk

WA Web Masuk dan Tips Untuk PC dan Laptop

WA Web masuk dan tips untuk PC dan Laptop. Apakah Anda tahu WhatsApp? Jika iya, …