Persyaratan Perpanjang Pajak Motor

  • Bagikan
Persyaratan Perpanjang Pajak Motor
Persyaratan Perpanjang Pajak Motor

Persyaratan perpanjang pajak motor. Membayar pajak merupakan salah satu kewajiban setiap warga negara. Biasanya kita harus membayar pajak kendaraan bermotor (PKB).

Ada dua jenis pajak kendaraan bermotor: pajak tahunan dan pajak lima tahun. Kedua jenis pajak kendaraan bermotor ini membutuhkan persyaratan yang berbeda. Jadi Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa Anda tidak melakukan kesalahan.

Keterlambatan pajak kendaraan bermotor akan mengakibatkan denda tambahan untuk membayar pajak. Jadi, selalu periksa STNK Anda agar tidak perlu menunda pembayaran pajak.

Cara bayar pajak motor bisa dilakukan langsung di kantor Samsung terdekat. Tetapi jika Anda memiliki masalah lain yang tidak dapat diabaikan, Anda dapat mengunduh cara bayar pajak motor dengan Aplikasi Samsung Online Nasional atau Samalnas secara gratis.

Tapi, khusus untuk pembayaran pajak 5 tahun harus dilakukan langsung di kantor Samsat. Hal ini dikarenakan pemeriksaan fisik kendaraan menjadi salah satu syarat wajib untuk membayar pajak.

Berikut akan kami paparkan apa saja persyaratan untuk membayar pajak tahunan dan 5 tahun serta pajak kendaraan bermotor.

Persyaratan perpanjang pajak motor tahunan

Sebagai langkah awal dalam membayar pajak sepeda motor, Anda perlu menyiapkan persyaratan dalam bentuk dokumen. Anda hanya perlu menyiapkan tiga dokumen untuk membayar potongan pajak motor tahunan yang disebutkan di situs web Axeller:

  • KTP Asli Pemilik Motor dengan fotocopy
  • STNK asli dengan fotocopy
  • BPKB asli dan fotocopy

Namun jika pembayaran dilakukan oleh orang lain, ada syarat tambahan yang harus dilakukan berupa surat kuasa. Surat ini juga diperlukan ketika Anda ingin membayar pajak kendaraan bermotor perusahaan.

Cara membayar pajak motor tahunan

Cara bayar pajak motor tahunan itu sederhana. Anda dapat membawa SPT Anda ke kantor Samat langsung dengan dokumen yang diperlukan untuk membayar pajak tahunan. Di kantor Samsat, Anda perlu menemukan

1. Offline

  • Isi formulir yang disediakan.
  • Berikan formulir dengan dokumen yang diperlukan (BPKB asli dan KTP utama tidak disediakan, hanya terlihat).
  • Kemudian membayar pajak sepeda motor sesuai dengan jumlah yang ditentukan.
  • Jika Anda terlambat membayar pajak, Anda harus membayar denda terlebih dahulu.
  • Simpan struk / konfirmasi pembayaran untuk menunjukkan saat Anda mengambil STNK.
  • Verifikasi identitas dan informasi STNK.

Selain membayar secara offline dengan datang ke kantor Samsat. Kini Anda dapat melunasi pajak kendaraan bermotor Anda secara online dengan aplikasi.

2. Cara bayar pajak motor online

  • Unduh aplikasi Samsat online nasional dari Google Play Store atau App Store.
  • Anda harus mendaftar terlebih dahulu sebelum dapat berdagang. Isi informasi pada 5 digit terakhir nomor polisi, NIK dan nomor rangka Anda.
  • Setelah Anda melengkapi dan melengkapi informasi formulir, Anda akan menerima kode pembayaran 2 jam.
  • Kemudian bayar 5.000 rupiah melalui bank atau saluran pembayaran online.

Selanjutnya Anda akan menerima konfirmasi pembayaran elektronik melalui menu E-TBPKB. Selain itu, menu Verifikasi E-STNK menampilkan sertifikasi STNK elektronik 1 bulan.

Setelah itu stiker sertifikasi TBPKB/SKPD dan STNK Wajib Pajak akan dikirimkan ke alamat yang tertera pada STNK.

Persyaratan perpanjang pajak motor 5 tahun

Berbeda dengan pajak motor tahunan, sistem pajak motor 5 tahun ini memiliki persyaratan yang berbeda. Selain membayar pajak, juga terlibat dalam penggantian plat nomor dan penerbitan STNK baru.

Jadi jangan heran jika biayanya lebih tinggi dari pajak motor tahunan Anda. Syarat bayar pajak motor 5 tahun

  • KTP Asli Pemilik Kendaraan dengan fotocopy
  • BPKB asli dan fotocopy
  • STNK asli dengan fotocopy
  • Sepeda motor
  • Formulir Perpanjangan STNK

Cara bayar pajak motor 5 tahun

Membayar pajak motor 5 tahun berbeda dengan saat kita membayar pajak motor tahunan. Anda bahkan tidak dapat membayar aplikasi online dan Anda harus datang langsung ke kantor Samsung.

Setelah Anda menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk membayar pajak motor 5 tahun, Anda dapat membayar pajak motor dengan langkah-langkah berikut.

Bawa mesin ke titik pemeriksaan fisik untuk diperiksa. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan hasil penyaringan.

Selanjutnya menyerahkan Formulir Perpanjangan STNK dengan persyaratan yang dipersyaratkan dan hasil pemeriksaan fisik sebelumnya. Tunggu sampai Anda mendengar kabar dari petugas.

Setelah melewati tingkat legalitas, pergi ke Konter Perpanjangan STNK dan ambil nomor antrian.

Bayar pajak sesuai dengan biaya yang dipilih.

Setelah Anda membayar pajak, Anda dapat menunggu proses pencetakan STNK yang baru.

Anda juga harus menunggu untuk mendapatkan plat nomor baru.

Cara bayar pajak motor 5 tahun pasti lebih memakan waktu dibanding bayar pajak motor tahunan. Jadi atur persyaratannya dengan cermat dan pilih waktu yang tepat agar tidak mengganggu aktivitas lainnya.

Inilah persyaratan perpanjang pajak motor. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan