Cara Memperbaiki YouTube yang Tidak Bisa Dibuka
Cara Memperbaiki YouTube yang Tidak Bisa Dibuka

Cara Memperbaiki Youtube yang Tidak Bisa Dibuka

Cara memperbaiki Youtube yang tidak bisa dibuka di Android. 14 Tips teruji. Di tahun 90-an, ketika seseorang ingin menonton film favoritnya, pengguna akan menontonnya di TV, memasang VCD/DVD atau menontonnya di bioskop.

Namun seiring dengan kemajuan dunia teknologi dan internet, kini pengguna dapat menonton film favoritnya melalui komputer dan smartphone. Salah satunya adalah dibukanya layanan streaming video bernama YouTube.

Untuk menggunakan layanan YouTube, pengguna dapat mengikuti berbagai cara, khususnya dengan mengakses situs YouTube melalui browser atau bahkan mengunduh aplikasi dari toko aplikasi seperti Google Playstore dan Appstore.

Nantinya, setelah mengunduh aplikasi, pengguna dapat menonton video favorit mereka secara gratis, seperti klip video musik, film, talk show, komedi, stand-up, pendidikan, bisnis, dan jenis video lainnya.

Namun, sama halnya dengan layanan dan aplikasi lain karena beberapa aplikasi yang biasa kita gunakan tidak dapat dibuka karena berbagai alasan. Baik itu masalah jaringan, aplikasi yang tidak update, media penyimpanan yang penuh dan faktor lainnya.

Jika demikian, tentu menyulitkan pengguna, apalagi sekarang YouTube menjadi salah satu pilihan terbaik sebagai media hiburan. Sebelum membahas cara mengatasinya, kali ini mari kita bahas apa itu YouTube dan beberapa faktor yang membuat YouTube tidak bisa dibuka.

Jadi apa itu Youtube?

YouTube adalah situs berbagi video yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga mantan karyawan PayPal, yaitu Jawed Karim, Steven Chen dan Chad Hurley. Layanan situs ini memungkinkan pengguna untuk menonton video, membagikan video yang mereka tonton di media sosial dan mengunggah video mereka sendiri menggunakan akun YouTube yang dibuat.

Fungsi youtube

Streaming video. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menonton video YouTube tanpa menginstal aplikasi tambahan. Pasalnya, layanan YouTube kini menggunakan teknologi HTML5 dalam kodenya untuk membuat situs agar bisa dimainkan di berbagai perangkat, baik itu smartphone, PC, maupun Tablet.

Upload. Fitur ini memungkinkan pengguna yang telah membuat akun YouTube untuk mengunggah video mereka sendiri. Sehingga setelah video diupload akan muncul di album channel anda dan bisa dilihat oleh orang lain

Kodek video. Fungsi ini memungkinkan kita untuk menentukan kualitas video yang kita tonton apakah HD (tinggi) atau Rendah (rendah). Contohnya adalah video dengan ukuran 114 piksel, 240 piksel, 360 piksel, 480 piksel, dan 720 piksel

Alasan perlu cara memperbaiki Youtube yang tidak bisa dibuka

1. server mati

Alasan pertama mengapa YouTube tidak dapat dibuka adalah karena server YouTube sedang down karena masalah hardware dan software. Dalam hal ini, kami hanya dapat menunggu server untuk mengatur ulang agar kami dapat menggunakan layanan YouTube lagi

2. Memori HP penuh

Alasan kedua kenapa aplikasi youtube tidak bisa dibuka adalah karena file aplikasi youtube sudah penuh sehingga sering memaksa aplikasi. File sementara dari aplikasi ini seperti riwayat file, cache, unduhan, unggahan, komentar, dan lainnya

3. Pembaruan sistem operasi baru

Saat baru update OS Android, YouTube biasanya menemui error dan tidak bisa dibuka karena tidak ada kustomisasi aplikasi oleh OS baru.

4. Youtube tidak diperbarui

Saat kita membeli smartphone baru, biasanya ada aplikasi bawaan untuk fungsi YouTube. Tapi terkadang aplikasi youtube bawaan tidak bisa dibuka karena masih versi lawas

5. Virus

Penyebab kelima aplikasi youtube tidak bisa dibuka adalah karena aplikasi terserang virus, sehingga data aplikasi terhapus virus dan aplikasi youtube tidak bisa dibuka

Setelah mengetahui apa itu situs layanan youtube, fitur-fitur youtube dan beberapa penyebab tidak bisa dibukanya aplikasi youtube di smartphone android. Sekarang kami akan menjelaskan cara memperbaikinya. YouTube tidak dapat diakses melalui fungsi standar atau dengan menggunakan aplikasi tambahan. Adapun caranya, kami akan jelaskan caranya di bawah ini.

14 Tips cara memperbaiki Youtube yang tidak bisa dibuka

1. Hapus data aplikasi YouTube

Cara pertama yang akan kami jelaskan untuk mengatasi ketidakmampuan membuka aplikasi youtube adalah dengan menghapus data aplikasi youtube. Data aplikasi youtube itu sendiri mencakup semua data yang ada di aplikasi, seperti file instalasi, cache, riwayat pencarian, file unduhan, file yang diunggah, komentar, dan file lain yang menyebabkan kesalahan pada aplikasi youtube karena kelebihan data. Adapun cara menghapus data aplikasi youtube akan kami jelaskan dibawah ini.

Hapus data aplikasi YouTube

  • Pertama kita buka menu Setting/Pengaturan di HP Android kita
  • Kemudian kita pilih menu Installed apps (Kelola aplikasi)
  • Kemudian muncul beberapa permintaan. Kemudian kita cari dan pilih aplikasi YouTube

Setelah masuk ke halaman pengaturan aplikasi YouTube, kita dapat melihat ukuran aplikasi, data pengguna, cache, dan total memori, serta dua tombol pilihan, yaitu tombol Clear Storage Data dan Clear Cache.

  • Kemudian kita klik tombol Hapus Data Penyimpanan

Setelah data aplikasi youtube terhapus maka aplikasi youtube akan kembali ke atas baik dari segi data yang tersimpan maupun pengaturan agar aplikasi youtube dapat dibuka kembali oleh pengguna

2, Bersihkan RAM

Cara kedua yang akan kami jelaskan untuk mengatasi tidak bisa membuka aplikasi youtube adalah dengan mengosongkan RAM di hp android kita. Hal ini dikarenakan ketika memori sudah penuh akibat banyaknya aplikasi yang terinstall, maka smartphone sering mengalami crash saat membuka aplikasi, termasuk aplikasi youtube. Adapun untuk membersihkan RAM akan kami jelaskan caranya di bawah ini.

Cara membersihkan RAM smartphone Android

  • Pertama, mari kita buka menu pengaturan ponsel Android kita
  • Kemudian di kolom pencarian kita ketik memori RAM
  • Kami kemudian akan dibawa ke halaman RAM dan klik tombol Clear Memory
  • Proses mengosongkan memori yang tidak terpakai di RAM berlanjut hingga selesai
  • Sekarang RAM kita sudah tidak penuh lagi dan aplikasi youtube sudah bisa dibuka kembali

3. Hapus cache – Cara memperbaiki Youtube yang tidak bisa dibuka

Kosongkan cache aplikasi YouTubeCara ketiga yang akan kami jelaskan untuk memperbaiki aplikasi YouTube yang tidak mau terbuka adalah dengan menghapus cache aplikasi YouTube. Tidak seperti data aplikasi yang berisi semua file aplikasi, cache hanya berisi file sementara yang disimpan di aplikasi seperti login, suka, komentar, dan lainnya. Adapun untuk membersihkan cache aplikasi youtube akan kami jelaskan caranya dibawah ini.

  • Pertama, mari kita buka menu Pengaturan di ponsel Android kita
  • Kemudian kita pilih menu Aplikasi yang terinstal
  • Kemudian sejumlah aplikasi datang diinstal. Kemudian kita cari dan pilih aplikasi YouTube
  • Selanjutnya kita akan diarahkan ke pengaturan aplikasi YouTube. Kemudian kita klik tombol Hapus cache
  • Bulat. Setelah berhasil mengosongkan cache, aplikasi YouTube di smartphone Android kita dapat dibuka kembali

4. Instal ulang YouTube

Cara keempat yang akan kami jelaskan untuk mengatasi aplikasi youtube yang tidak bisa dibuka adalah dengan menginstall ulang youtube. Hal ini terjadi ketika file aplikasi youtube yang kita miliki corrupt karena terinfeksi virus dan corrupt. Hal ini membuat tidak mungkin untuk membuka aplikasi YouTube. Sedangkan untuk install ulang aplikasi youtube akan kami jelaskan caranya dibawah ini.

Cara install ulang (install ulang) aplikasi YouTube

  • Pertama, mari kita buka menu Pengaturan di ponsel Android kita
  • Kemudian kita pilih menu Extra setting
  • Kemudian kita pilih menu manajemen aplikasi
  • Beberapa aplikasi yang diinstal akan ditampilkan. Dan kami memilih aplikasi YouTube
  • Di halaman pengaturan YouTube kami, klik tombol Copot pemasangan
  • Setelah YouTube berhasil di-uninstall. Kemudian buka aplikasi Playstore di hp android kita
  • Kemudian temukan dan instal aplikasi YouTube
  • Setelah terinstal, aplikasi YouTube dapat dibuka dan digunakan kembali

5. Hapus aplikasi pihak ketiga

Cara memperbaiki Youtube yang tidak bisa dibuka kelima adalah dengan mencopot pemasangan aplikasi pihak ketiga. Pasalnya, untuk mendapatkan fungsionalitas tambahan, pengguna biasanya menggunakan layanan aplikasi pihak ketiga untuk memutar video YouTube. Seperti MyTube, Jasmine, TubePayer dan aplikasi lainnya. Padahal hal ini bisa sangat mengganggu kinerja aplikasi youtube original sehingga tidak bisa dibuka.

6. Tutup paksa aplikasi YouTube – Cara memperbaiki Youtube yang tidak bisa dibuka

Cara keenam yang akan kami jelaskan untuk mengatasi ketidakmampuan membuka aplikasi YouTube adalah dengan memaksa aplikasi YouTube berhenti. Force Stop sendiri merupakan tindakan menghentikan secara paksa suatu aplikasi yang sedang berjalan di smartphone untuk berbagai tujuan, termasuk karena aplikasi tersebut mengandung error dan tidak dapat ditutup secara default. Adapun untuk force quit dari aplikasi youtube akan kami jelaskan caranya dibawah ini.

Bagaimana cara menghentikan aplikasi YouTube?

  • Pertama, mari kita buka menu Pengaturan di ponsel Android kita
  • Kemudian kita pilih Menu Manage Applications
  • Setelah itu akan muncul berbagai aplikasi yang terinstall di hp android
  • Kemudian kami mencari dan mengklik aplikasi YouTube
  • Setelah berhasil masuk ke halaman pengaturan YouTube. Kemudian kita klik tombol Force Stop
  • Setelah aplikasi berhasil ditutup paksa, restart smartphone dan ketika aplikasi YouTube hidup kembali, dapat digunakan kembali

7. Pembaruan aplikasi YouTube

Cara ketujuh yang akan kami jelaskan untuk mengatasi ketidakmampuan membuka aplikasi YouTube di smartphone Android adalah dengan memperbarui aplikasi YouTube. Hal ini dikarenakan setiap developer selalu mengupdate (update) aplikasi yang mereka buat di Playstore.

Jadi jika kita pernah mengupdate aplikasi youtube yang terinstall ke versi terbaru. Dengan demikian, aplikasi YouTube tidak bisa dibuka karena versi dan fitur yang ada di dalamnya terlalu lama. Sedangkan untuk update aplikasi youtube ke versi terbaru akan kami jelaskan caranya dibawah ini.

Cara memperbarui aplikasi YouTube

  • Pertama buka aplikasi playstore di hp android kita
  • Kemudian kita klik pada kolom pencarian
  • Selanjutnya Ketik Youtube di kolom pencarian
  • Selanjutnya Klik aplikasi YouTube di hasil pencarian
  • Kemudian kita diarahkan ke aplikasi YouTube dan klik tombol segarkan di sisi kanan layar
  • Proses update aplikasi youtube juga akan berjalan sampai selesai
  • Setelah aplikasi YouTube berhasil diupdate ke versi terbaru, aplikasi YouTube dapat dibuka kembali

8. Cara memperbaiki Youtube yang tidak bisa dibuka lewat browser

Cara kedelapan yang akan kami jelaskan untuk mengatasi youtube tidak bisa dibuka di hp android adalah dengan mengakses layanan youtube melalui browser (browser). Browser sendiri merupakan browser yang biasa digunakan oleh pengguna untuk mengakses halaman web baik di smartphone maupun laptop.

Salah satu nama browser yang paling populer digunakan oleh pengguna di perangkat smartphone mereka seperti browser Google Chrome, Opera Mini, Mozilla Firefox, UC Browser, Internet Explorer dan lain-lain. Saat menggunakan browser untuk menonton YouTube, juga dimungkinkan untuk menghemat penggunaan memori internal smartphone kita.

9. Instal File Mentah YouTube (apk)

Cara kesembilan yang akan kami jelaskan untuk mengatasi aplikasi youtube yang tidak bisa dibuka adalah dengan menginstal aplikasi youtube dengan file mentah (apk). Sebelum melakukan cara ini, terlebih dahulu Anda harus mendownload file raw apk dari situs penyedia file apk seperti situs Apkpure.com, Aptoide.com dan Uptodown.com.

Nantinya, ketika sistem Android memperingatkan tentang aplikasi yang tidak dikenal, kita klik tombol Izinkan akses agar aplikasi YouTube dapat dibuka dan digunakan kembali setelah penginstalan selesai.

10. Mulai Ulang Ponsel – Cara memperbaiki Youtube yang tidak bisa dibuka

Cara kesepuluh yang akan kami jelaskan untuk mengatasi youtube tidak bisa dibuka di hp android adalah dengan me-restart smartphone kita. Ini sangat efektif jika aplikasi YouTube telah dijeda dan layar ponsel tidak dapat lagi berjalan karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Nanti setelah hp android di restart semua aplikasi yang berjalan di background akan tertutup dan ram tidak akan penuh lagi dan hanya aplikasi yang penting saja yang akan berjalan. Cara me-reboot ponsel Android sendiri sangatlah mudah. Cukup tekan tombol power smartphone kita hingga muncul beberapa pilihan. Dan kami mengetuk opsi mulai ulang (muat ulang).

11. Kontrol Privasi Video

Cara ke 11 yang akan kami jelaskan cara mengatasi video youtube yang tidak bisa dibuka di smartphone android adalah dengan mengecek privasi video tersebut. Ini karena tidak semua video di YouTube bersifat publik, tetapi ada juga yang bersifat pribadi sehingga pengguna tidak dapat mengakses video apa pun.

Salah satu ciri dari video pribadi adalah ketika kita mengklik thumbnail video, tertulis “video ini pribadi” atau mungkin terlihat seperti kotak merah dengan ekspresi sedih. Untuk menyiasatinya, tentunya kita harus meminta izin kepada pemilik video atau membayar biaya fitur premium untuk memutar video tersebut. Selain itu, video YouTube pribadi juga dapat diakses dengan login melalui email kami (gmail).

12. Periksa internet – Cara mengatasi video youtube yang tidak bisa dibuka

Cara kedua belas yang akan kami jelaskan untuk memperbaiki video youtube yang tidak bisa dibuka adalah dengan mengecek koneksi internet smartphone kita. Ini karena ketika kita membuka video di aplikasi YouTube, aplikasi secara otomatis mengunduh data internet.

Jadi jika koneksi internet smartphone kita melambat karena tidak ada sinyal atau paket internet habis, aplikasi youtube juga tidak akan bisa memutar video tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan layar hitam dan ikon loading di tengah layar yang berputar berulang kali. Setelah itu, “No Internet Connection” akan muncul bersama dengan ID video.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kita bisa mengupdate sinyal jaringan kita dengan mode pesawat, mengecek kecepatan internet di website speedtest.net, menggunakan aplikasi penguat sinyal dan juga membeli paket internet baru saat kuota internet habis.

13. Pindai aplikasi YouTube

Cara ketiga belas yang akan kami jelaskan untuk mengatasi youtube tidak bisa dibuka di smartphone android kita adalah dengan cara scan aplikasi youtube. Hal ini dilakukan jika youtube tidak bisa dibuka karena file aplikasi youtube terinfeksi virus sehingga video tidak bisa dibuka.

Untuk melakukan proses scanning virus, terlebih dahulu kita harus mendownload antivirus dari Google Playstore. Ada beberapa program antivirus yang populer dan banyak digunakan oleh pengguna, seperti Avira, Kasperski, Bitdefender, Norton, McAfee dan program antivirus lainnya yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis.

14. Reset pabrik – Cara memperbaiki Youtube yang tidak bisa dibuka

Cara terakhir yang akan kami jelaskan bagaimana cara mengatasi youtube yang tidak bisa dibuka di hp android adalah dengan mengembalikan smartphone android yang kita miliki. Cara ini dilakukan jika penyebab video youtube tidak bisa dibuka karena sistem android kita error dan bukan karena aplikasi youtube. Adapun cara melakukan factory reset akan kami jelaskan caranya di bawah ini.

Reset pabrik di ponsel Android

  • Pertama kita buka menu Setting/Pengaturan di HP Android kita
  • Kemudian kita pilih Menu Backup and restore
  • Jadi mari gulir ke bawah dan pilih opsi Reset pabrik
  • Kemudian pilih opsi untuk mengatur ulang telepon
  • Kami kemudian akan diminta untuk memasukkan kode sandi untuk menghapus semua aplikasi dan pengaturan
  • Proses factory reset akan berjalan sampai selesai
  • Di akhir proses reset pabrik, kami memilih opsi Restart HP
  • Setelah itu, instal aplikasi YouTube dan sekarang videonya dapat dibuka dengan mudah

Kesimpulan

Demikian penjelasan kami tentang apa itu situs layanan youtube, fitur-fitur aplikasi youtube, penyebab video youtube gagal terbuka, beserta beberapa cara mencegah youtube tidak bisa dibuka. Hapus data aplikasi, kosongkan RAM, hapus cache YouTube, hapus instalan aplikasi pihak ketiga, instal ulang YouTube, tutup paksa aplikasi, perbarui aplikasi, buka YouTube dengan browser, instal file apk mentah, periksa privasi, mulai ulang ponsel cerdas Anda, periksa koneksi, pindai virus dan reset pabrik.

Dengan membaca penjelasan di atas, kita sekarang tahu lebih banyak tentang apa YouTube dan apa fitur itu. Juga, jika kita membaca penjelasan di atas, sekarang kita tidak lagi bingung jika video tidak bisa dibuka di YouTube. Menerapkan metode cara memperbaiki Youtube yang tidak bisa dibuka. Semoga memecahkan masalah dan menonton video favorit kami YouTube pada smartphone.

Kunjungi juga

erp cloud

Penjelasan Cloud ERP Keuntungan, Risiko dan Solusi Populer

Cloud ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan berbasis cloud. Ini menawarkan banyak keuntungan bisnis …