Tips  

Cara Memperbaiki Sepatu yang Terkelupas

Cara Memperbaiki Sepatu yang Terkelupas
Cara Memperbaiki Sepatu yang Terkelupas

Cara memperbaiki sepatu yang terkelupas. Punya sepatu kulit yang terkelupas? Sepatunya secara umum masih bagus. Juga kuat. Tetapi penampilannya kurag bagus.

Tips Memperbaiki Sepatu Kulit – Sepatu kulit adalah salah satu itemnya Mode Yang trennya tak lekang oleh waktu. Sama seperti jeans yang tidak pernah pudar, sepatu kulit selalu memiliki tempat di siang hari penggemar mode. Ketahanan dan daya tahan sepatu kulit hanyalah beberapa alasan mengapa orang menyukai sepatu ini.

Namun salah satu masalah dengan sepatu kulit yang terbuat dari kulit asli adalah lama kelamaan kulit menjadi pecah-pecah. Penyebabnya bisa bermacam-macam dan yang paling umum adalah karena perawatan yang cepat dan ceroboh saat menyimpan sepatu.

Penyebab kulit sepatu rusak karena:

Merawat sepatu kulit sebenarnya tidak terlalu sulit, namun jika dibiarkan, sepatu kulit bisa cepat rusak. Kerusakan awal pada sepatu kulit biasanya disebabkan oleh pengelupasan dan pengeringan kulit pada sepatu. Hal ini menyebabkan kulit sepatu terkelupas, yang selain goresan dapat terjadi karena alasan berikut.

1. Sinar UV

Sinar ultraviolet merupakan musuh dari barang-barang kulit, termasuk sepatu kulit. Jadi hindari menyimpan sepatu kulit di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Hal ini dikarenakan panasnya sinar matahari dapat mengurangi kadar air sepatu kulit.

Yang terbaik adalah menyimpannya di lemari yang gelap dan dengan banyak ruang, dan jangan menyimpan sepatu Anda bersama dengan sepatu atau barang lainnya. Sepatu kulit rentan rusak atau tertekuk saat terkena tekanan dan goresan. Kulit ini dapat dengan mudah terkelupas.

2. Suhu kelembaban

Kulit sepatu tidak hanya membutuhkan kelembapan yang cukup agar tetap lembab dan sehat, tetapi kulit sepatu juga perlu dilembabkan dengan baik. Namun bukan berarti Anda harus menyimpan sepatu kulit Anda di tempat yang lembap, salah satunya akan jamur.

BACA JUGA:   Cara Memperbaiki WhatsApp yang Kadaluwarsa

Tempat terbaik untuk menyimpan sepatu adalah dengan area yang berventilasi baik, sehingga sirkulasi udara dapat mengalir dengan baik. Juga, hindari menyimpan sepatu kulit dalam plastik tertutup karena kantong plastik mempercepat kerusakan sepatu.

3. Kulit sepatu rusak karena Goresan dan tekanan

Sulit untuk menghindari goresan atau ketegangan pada sepatu kulit, terutama saat sepatu dipakai. Namun, ada kemungkinan untuk mengurangi goresan pada sepatu kulit saat menyimpan sepatu.

Setelah menggunakannya, bersihkan kotoran dari sepatu dengan kain. Lap sepatu hingga benar-benar bersih, lalu masukkan sepatu ke dalam kotak atau rak tanpa tumpang tindih. Ketika sepatu ditumpuk, sepatu tersebut diberi tekanan, yang menyebabkan sepatu itu pecah. Ada risiko retak dan retak saat kulit tertekuk. Apalagi jika itu tahan lama dan berkekuatan tinggi.

Ini juga berlaku untuk sepatu kulit asli dan buatan. Jika menurut Anda lebih menguntungkan membeli sepatu kulit buatan daripada membeli sepatu kulit asli karena sama-sama berisiko terkelupas, maka sebaiknya Anda berubah pikiran.

Kedua sepatu kulit memiliki risiko retak dan pecah yang sama. Namun dari segi ketahanan dan masa pakai, sepatu kulit asli lebih awet dan risiko terkelupasnya sepatu kulit lebih aman.

Tips Cara memperbaiki sepatu yang terkelupas

bagaimana cara untuk memperbaiki sepatu kulit

Sepatu kulit yang santai benar-benar mengurangi keindahan. Warna kulit yang dulu terlihat bagus kini tak sedap dipandang. Jika ini terjadi, jangan buru-buru ke bengkel sepatu. Anda juga dapat menyesuaikannya di rumah dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Sepatu dibersihkan

Untuk memperbaiki sepatu, bersihkan terlebih dahulu sepatu dari debu dan kotoran yang lengket. Gunakan kain atau kain bersih. Kemudian dengan hati-hati tutup kulit yang sudah dikupas.

2. Cara memperbaiki sepatu yang terkelupas dengan amplas

Menggunakan amplas pada tahap ini, kulit sepatu bisa menempel dengan baik. Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memakai sepatu adalah mengampelas sepatu yang sudah terkelupas, membiarkan area tersebut tidak tersentuh sampai kulitnya terkelupas.

Cat area amplas menggunakan spidol atau spidol permanen. Sesuaikan dengan warna sepatu. Gunakan spidol hitam untuk sepatu Anda dengan warna yang sama.

Aplikasikan pada bagian yang terpotong hingga warnanya sesuai dengan warna asli sepatu kulit Anda. Dengan menggunakan spidol ini pada sepatu, warna sepatu akan sesuai dengan warna pada bagian yang terkelupas.

BACA JUGA:   Cara Melacak HP yang Hilang dengan Google Maps

Untuk sepatu kulit coklat, warna spidol mungkin tidak cocok dengan warna sepatu aslinya. Namun, cobalah untuk tidak terlalu jauh dari warna cokelat sepatu kulit Anda.

3. Gunakan kain lembut untuk mengelap dan menggosok cat sepatu

Celupkan kain ke dalam semir sepatu dan oleskan cat secara merata di atas kotoran. Sama di bagian depan sepatu dan di kedua sisi. Pastikan semua sepatu kulit memiliki warna yang sama dengan sepatu. Usahakan bagian tersebut ditutupi dengan warna yang sama, terutama pada sandal yang sudah diamplas.

Cara memperbaiki sepatu yang terkelupas selanjutnya.

4. Oleskan Shoe Goo di kulit sepatu

Shoe Goo adalah perekat karet cair yang sering digunakan untuk memperbaiki sepatu dan barang kulit lainnya. Untuk sepatu yang terkelupas, aplikasikan semir sepatu pada semua area sepatu. Shoe Goo bekerja dengan mengemas sepatu kulit dan melindungi sol sepatu. Dengan begitu, sepatu Anda tidak akan mudah terpeleset.

Cara pengaplikasian lem ini tidak begitu sulit, kamu hanya membutuhkan kuas kecil berukuran 1,3 cm. Kemudian keluarkan isi perekat dari tabung Shoe Goo dan gunakan kuas untuk mengoleskan lem. Pastikan Shoe Goo diaplikasikan dengan benar ke seluruh permukaan sepatu. Setelah itu, biarkan sol sepatu mengering, lalu sentuh sepatu kulit untuk memastikan lem pada sepatu kulit benar-benar kering. Jika Shoe Goo tidak menempel di jari berarti lem sudah benar-benar kering. Jika masih ada lem yang menempel, berarti Anda perlu waktu lebih lama untuk mengeringkan sepatu.

5. Cara memperbaiki sepatu yang terkelupas dengan semprotan sepatu kulit

Semprotan ini membantu mencegah retak. Cara menggunakannya saat membersihkan sepatu, lalu semprotkan semprotan ini ke seluruh permukaan sepatu. Kemudian letakkan sepatu yang disemprotkan di udara agar cairan tercampur dengan benar.

Nah, itulah penyebab kulit sepatu terkelupas dan cara mengatasinya. Perhatikan juga cara merawat sepatu dengan benar. Sepatu yang dirawat dengan baik pasti akan bertahan lebih lama. Semoga tips Cara memperbaiki sepatu yang terkelupas diatas bisa bermanfaat.