Ciri-Ciri Relay Starter Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

  • Bagikan
Ciri-Ciri Relay Starter Mobil Rusak
Ciri-Ciri Relay Starter Mobil Rusak

Inilah Ciri-Ciri Relay Starter Mobil Rusak yang Perlu Anda Tahu

Penting untuk mengetahui ciri-ciri relay starter mobil rusak. Sistem kerja dalam mobil bisa dibilang cukup kompleks. Jadi apabila suatu saat tiba-tiba mobil anda tidak bisa dijalankan, cukup banyak aspek yang harus anda perhatikan yang bisa jadi penyebabnya. Salah satu aspek tersebut adalah pada bagian relay/saklar starternya.  Perhatikan apakah ada ciri-ciri relay starter mobil rusak  yang timbul dari beberapa parameter berikut ini :

  • Reaksi ketika mesin mobil dinyalakan

Cara termudah yang bisa dilakukan untuk menilai apakah relay starter mobil anda mengalami kerusakan, coba saja anda nyalakan. Salah satu ciri-ciri relay starter mobil rusak adalah Jika saat anda memutar kunci kontak atau menekan tombol starter otomatis namun mobil tidak bereaksi sama sekal dan malah hanya menimbulkan bunyi cetak-cetak saja. Dari situ sudah jelas ada yang tidak beres dengan starter mobil anda.

Ciri kerusakan terlihat semakin jelas apabila mesin tetap mati padahal lampu indikator pada dashboard sudah menyala secara normal. Ini menunjukkan listrik dari dinamo starter bisa mengalir secara normal ke bagian tersebut tapi ada terhambat  untuk mengalir  ke bagian starter dari mobil.

  • Tampilan dari  relay starter mobil yang rusak

Jika anda membongkar kotak relay starter dalam mobil, anda akan baru bisa menilai apakah relaynya mengalami kerusakan jika  visualnya menunjukkan ciri-ciri seperti :

  1. Relay starter menjadi berwarna kehitaman atau bisa dibilang gosong seperti habis terbakar
  2. Relay starter mengalami pembengkakan. Pembengkakan ini jelas menunjukkan kumparan dan saklar magnet yang ada di dalamnya telah mengalami malfungsi
  • Pendeteksian berdasarkan ada tidaknya arus listrik yang mengalir dalam relay

Jika anda tidak melihat perubahan visual dari ciri-ciri relay starter mobil rusak, maka periksalah arus listrik yang mengalir di dalamnya dengan menggunakan ohmmeter.  Lakukan pemeriksaan pada masing-masing terminal dari relay tersebut. Terminal di sini maksudnya kumparan/lilitan yang menghubungkan relay dengan bagian lain, jenisnya bercabang jadi 4 yaitu :

  • Terminal 30

Terminal yang satu ini berfungsi untuk menghubungkan antara relay dengan aki sebagai penghantar listrik utama.  Dari terminal 30 tersebut listrik akan dialirkan menuju ke bagian-bagian terminal yang lain.

  • Terminal 85

Terminal 85 merupakan terminal yang terhubung dengan kunci kontak. Ketika diputar maka terminal ini akan menghasilkan arus listrik yang sangat kecil.

  • Ciri-ciri relay starter mobil rusak pada terminal 86

Ciri-ciri relay starter mobil rusak akan terlihat di terminal 86. Terminal 86 adalah komponen yang berfungsi sebagai  katup ketika listrik dialirkan dari  terminal 85. Katup itu akan menempel pada sebuah inti logam dan penempelan ini akan menghasilkan medan magnet sementara.

  • Terminal 87

Terakhir adalah terminal 87 yang terhubung dengan dinamo, saat medan magnet timbul maka akan ada katup lain yang disebut bendik stater yang menempel pada terminal ini. Bendik inilah yang menghubungkan dinamo dengan aki.  Dengan demikian listrik dari aki yang ditarik oleh terminal 30 dapat disebarkan ke bagian lain melalui terminal 87 ini.

Dari penjelasan di atas maka bisa disimpulkan bahwa relay starter jika tidak ada arus yang mengalir pada terminal 85 dan 86 dari ohm meter yang anda  gunakan.

Dari macam- macam kerusakan pada relay starter mobil di atas bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

  • Terindikasi kemungkinan adanya dinamo overheat

Seperti yang sudah disebutkan bahwa relay starter mobil rusak warnanya menghitam dan membengkak. Hal ini bisa terjadi karena relay tersebut terbakar oleh panas yang berasal dari dinamo.

Anda tentu pernah mengalami ketika memutar kunci kontak mesin tidak menyala karena dinamonya macet. Oleh karena ketidaksabaran menyebabkan anda terus berusaha memutar-mutar kunci kontak sampai mesin menyala. Hal ini tidak baik karena dapat menyebabkan dinamo overheat dan bisa  menyebar ke relay starter.

Kawat-kawat yang terpasang pada relay starter ini begitu tipis dan sangat mudah terbakar sehingga lama-kelamaan akan berubah menjadi hitam. Sementara pembengkakan berasal dari kawat yang sudah memuai ke mana-mana akibat panas tersebut.

  • Kabel-kabel yang melonggar

Arus listrik bisa saja tidak mengalir secara maksimal sebagai ciri-ciri relay starter mobil rusak bisa disebabkan sambungan kabel dengan soketnya melonggar. Oleh karena itu saat memeriksa kotak relay pastikan sambungan ini terpasang erat.

  • Bagikan