Cara Memperbaiki Switch Dinamo Starter Mobil yang Rusak

switch dinamo starter yang rusak
switch dinamo starter yang rusak

Kendala switch dinamo starter yang rusak menjadi masalah yang sering dialami oleh para pengendara mobil. Akibatnya mobil sulit atau bahkan tidak bisa dihidupkan sama sekali. Masalah ini akan sangat merepotkan jika terjadi ketika sedang melakukan perjalanan jauh.

Sebelum menginjak ke permasalahan ini , sangat penting agar mengenal fungsi serta peran yang dimiliki komponen ini bagi kinerja mobil. 

Pentingnya switch dinamo starter bagi kendaraan mobil

Bagi Anda yang belum mengetahui pentingnya switch dinamo starter mobil, mungkin akan kesulitan jika harus mencari tahu penyebabnya. Sedangkan komponen ini menjadi bagian terpenting dalam hal suplai kelistrikan mobil.

Sebagai kendaraan, mobil membutuhkan sumber daya listrik untuk mendukung kinerja mesin. Keberadaan switch dinamo starter sendiri memungkinkan dapat memicu tegangan sehingga mobil bisa menyala. Jika kerusakan ini tidak diperbaiki, sudah pasti mobil tidak akan memperoleh penyuplai tegangan untuk dapat menghidupkan mesin.

Peran dari switch dinamo starter sendiri yaitu berguna untuk menghubungkan atau memutus arus listrik pada kendaraan. Dalam pengertian sederhana, switch dinamo starter berperan sebagai saklar mobil yang meneruskan sumber aliran listrik dari aki menuju mesin. Oleh karena tidak diperbaiki, maka seluruh komponen pada mobil tidak akan terhubung ke saluran aki.

Namun, sebelum menghubungkan arus listrik dari aki ke mesin, biasanya switch dinamo starter akan menyalurkannya ke bagian fusebox yang berisikan susunan sekring mobil. Sehingga sistem kelistrikan yang terdapat pada fungsi switch dinamo starter bersifat tidak langsung. Artinya, apabila terjadi dimana mobil seperti tidak memiliki arus listrik, bukan berarti disebabkan switch dinamo starter yang rusak, namun bisa juga disebabkan karena kesalahan sistem (susunan sekring) di dalam fusebox.

Dengan mengetahui fungsi komponen satu ini, maka dapat disimpulkan jika switch dinamo starter yang rusak bisa menyebabkan mobil tidak dapat dihidupkan. Untuk memastikan apakah kondisi switch dinamo starter mobil rusak atau tidak, berikut cara yang bisa anda lakukan.

Cara Mendeteksi Switch Dinamo Starter  Rusak

Seperti yang disampaikan sebelumnya, tidak dapat hidupnya mesin mobil ketika kontak sudah dinyalakan bukan berarti switch dinamo starter rusak menjadi satu-satunya penyebab utama. Untuk itu perlu dipastikan kerusakan komponen ini jika anda mengalami tanda-tanda kerusakan bagian switch dinamo starter.

BACA JUGA:   Apa yang Menyebabkan Mobil dapat Bergerak

1. Cek kondisi aki mobil

Caranya dengan mengukur tegangan menggunakan alat avometer. Jika tidak memiliki, anda bisa memindahkan aki ke mobil lain untuk mengujinya apakah masih dapat berfungsi atau tidak. Sebab switch dinamo starter yang rusak tidak jarang diakibatkan oleh kondisi akinya.

Perhatikan lampu sein baik kanan maupun kiri pada saat kunci sudah dihidupkan. Indikator yang masih menyala menunjukkan aki dalam keadaan baik, begitu pula sebaliknya.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membuka jalur kelistrikan dari aki yang menuju dinamo dan switch starter mobil. Diperlukan kejelian untuk bisa mendeteksi kondisi kelistrikan dari hubungan komponen ini.

2. Cek kodisi dinamo mobil

Ciri-ciri dinamo yang rusak adalah miliki warna fisik seperti terbakar, spul terputus, putaran dinamo terdengar kasar dan keras. Adapun ciri lengkap kerusakan dinamo sebagai berikut.

  • Lampu depan mati seketika

Penyebab lampu mati seketika terbilang kompleks. Menyangkut ini biasanya akan diawali dengan suara yang aneh kemudian disusul lampu depan mati. Beberapa kemungkinan penyebabnya bersumber dari rangkaian terbuka (open circuit) pada starter dan sambungan terminal mengalami korosi. Akibatnya arus listrik menjadi terhalau dan tidak mampu menyuplai secara maksimal.

  • Lampu mati ketika distarter

Berbeda dengan masalah ini, dimana lampu akan mati ketika ditarter. Kondisi ini besar kemungkinan diakibatkan oleh tidak adanya fungsi komponen yang baik. Alhasil satu kesalahan sistem kelistrikan mengakibatkan kelistrikan yang lqin ikut terpengaruh.

  • Muncul suara dengung

Suara dengung yang dihasilkan bermula dari masalah arus listrik yang tidak mampu menjangkau solenoid dan menggerakkan pinion gear dan flywheel. Satu kemungkinannya adalah tidak terpenuhinya suplai listrik sehingga pinion gear dan flywheel menjadi masif.

  • Terdengar suara keras

Suara keras dapat berupa bunyi patah yang berasal dari selenoid atau bunyi gilingan kasar akibat kendurnya mounting belt starter atau gerigi pinion wheel, flywheel yang keropos. Suara ini terdengar seperti benturan logam akibat kurang mapannya dua gerigi yang saling kontak.

Untuk mengetahui switch dinamo starter yang rusak tidak hanya melihat kondisi dinamo, namun juga switch starter itu sendiri.  Gunakanlah multimeter untuk mengetesnya, atau anda juga bisa menekan tombol switch starter tersebut. Jika terdengar suara menyentak pada saat ditekan, maka menjadi pertanda jika arus listrik yang diterima sangat terbatas sehingga tidak mampu mengangkat putaran dinamo. 

BACA JUGA:   Mobil 20 Jutaan Terbaik

Penyebab kemungkinan masalah:

  • Aki tidak mampu memberikan suplay energi yang cukup.
  • Sekring pada fusebox yang menghubungkan antara dinamo dengan kontak mengalami masalah/terputus.
  • Terdapat beberapa bagian kabel menuju dinamo yang telah usang dan rentan putus.
  • Beberapa bagian meliputi magnetic/netral/kopling switch ada yang bermasalah.

Cara Memperbaiki Switch Dinamo Starter yang Rusak

Setelah mengetahui kerusakan terdapat pada komponen mobil yang dimaksud, berikutnya Anda dapat memperbaiki switch dinamo starter yang rusak melalui cara di bawah ini.

  1. Tahap awal untuk memperbaikinya dimulai dengan membuka terminal switch starter untuk melepaskan hubungan kabel elektrik.
  2. Setelah dibuka maka akan terlihat dengan jelas adanya kabel yang menuju bagian switch. Untuk memutus hubungan kabel ini anda membutuhkan alat bantu berupa solder.
  3. Pastikan anda melepas seluruh kabel dengan rapi agar tidak terjadi goresan.  Selanjutnya bukalah bagian body switch starter yang telah dilepas.
  4. Karena ini menyangkut switch dinamo starter yang rusak, maka lebih baik anda terfokus pada setiap komponen yang berhubungan dengannya. Setelah dilepas, bersihkan seluruh bagian komponen tersebut untuk membersihkan kotoran yang menempel. Cara ini juga berguna untuk meningkatkan arus listrik yang melewati switch starter.
  5. Barangkali anda melihat pegas disekeliling komponen switch starter, coba renggangkanlah pegas tersebut dengan cara perlahan-lahan serta tidak berlebihan. Perlu diperhatikan, jangan sampai pegas mengalami patah akibat tarikan yang terlalu keras.
  6. Tutuplah kembali penutup komponen switch starter mobil seperti semula. Dalam tahap ini mungkin akan sedikit sulit mengingat adanya beberapa bagian yang sangat rentan serta membutuhkan penempatan yang sama persis dengan penempatan awal Ketika anda membongkarnya. 

Cara di atas bisa diterapkan apabila switch starter dinamo yang rusak masih terbilang ringan. Anda bisa menyusuri kerusakan mulai dari komponen kontak sampai dinamonya. Jika anda tidak memiliki pemahaman lebih untuk mengatasi masalah ini, undanglah mekanik untuk memperbaikinya. Sebab tidak jarang switch starter dinamo yang rusak membutuhkan perbaikan yang cukup ribet akibat banyaknya komponen-komponen lain yang terhubung.

Permasalahan switch dinamo starter yang rusak dapat menyebabkan berhentinya seluruh kinerja mobil. Berhubung memiliki fungsi yang sangat vital, sangat perlu bagi Anda agar memprioritaskan perawatan intensif terhadap komponen yang satu ini. Begitu pula dengan upaya pencegahan terhadap kembalinya kerusakan, selalu mintalah ke mekanik untuk mengecek kondisi komponen ini ketika mobil diservis.