HP Buatan Indonesia yang Mendunia

  • Bagikan
HP Buatan Indonesia yang Mendunia
HP Buatan Indonesia yang Mendunia

HP buatan Indonesia yang mendunia. Di zaman yang semakin maju, merek ponsel di Indonesia mulai sangat diakui. Dengan teknologi yang berkembang pesat. Merek-merek HP yang diproduksi di Indonesia harus lebih produktif dan inovatif agar lebih kompetitif di berbagai negara. Termasuk di negara sendiri.. Apalagi sejak penerapan TKDN, banyak vendor besar global di dunia seperti: Samsung, Apple dan ponsel Cina seperti Xiaomi, Oppo dan Vivo telah merakit ponsel mereka di Indonesia. Oleh karena itu, merek ponsel dalam negeri harus mampu bersaing dengan merek lain yang telah merambah pasar ponsel global.

HP buatan Indonesia yang mendunia

Agar tidak kalah dengan negara lain, Indonesia juga sudah mulai mengeluarkan taringnya untuk produksi smartphone anak negara. Hingga saat ini, banyak merek yang mungkin belum diketahui sebagian masyarakat Indonesia adalah merek ponsel dalam negeri. Mungkin pamornya tidak setinggi para penjual ponsel di dunia, tapi ponsel buatan Indonesia memang ada lho.

Berikut adalah beberapa merek yang mungkin tidak Anda kenal. Padahal, merek ponsel terbaik di bawah ini adalah ponsel domestik buatan Indonesia. Apa pun ?

1. Advan

Lokasi pabrik: Semarang, Jawa Tengah

Pasti banyak yang tahu merk handphone buatan Indonesia yang satu ini. Advan memang sudah terkenal dengan merilis berbagai perangkat elektronik, seperti ponsel, tablet, headphone, dan jam tangan pintar. Advan didirikan pada tahun 2007 di Jakarta dan berfokus pada produksi barang elektronik. Advan sendiri berdiri di bawah naungan PT Bangga Teknologi Indonesia.

Merk HP Buatan Indonesia Advan

Hal yang mungkin diingat orang dari merek Advan adalah harga jualnya yang terjangkau dengan spesifikasi yang cukup andal. Produk Hp populer dari Advan antara lain Advan G9 Pro, Advan NASA, Advan G5, Advan Tab 8 dan Advan Sketsa.

2. Evercoss – HP buatan Indonesia yang mendunia

Lokasi pabrik: Semarang, Jawa Tengah

Merek ponsel Indonesia yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Pasalnya, merek ponsel ini pernah diiklankan di stasiun TV swasta Indonesia. Ponsel Indonesia ini dimiliki oleh PT Aries Indo Global. Meski tidak semua komponen HP Evercoss diproduksi di Indonesia, namun dibuat di China dan Jerman, komponen tersebut tetap dirakit di Indonesia.

Merek HP buatan Indonesia Evercoss

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2008 dan sebelumnya bernama Cross Mobile. Beberapa komputer dan tablet HP dilepas ke pasaran merek yang satu ini. Hal inilah yang menjadikan Evercoss sebagai salah satu ponsel terbaik buatan Indonesia saat ini. Ada banyak jaringan telepon seluler yang berkembang pesat melalui merek ini, seperti: Evercoss Winner Series dan Evercoss Elevate Series.

3. Mito Mobile

Lokasi pabrik: Tangerang, Banten

Mito merupakan salah satu merk handphone made in indonesia yang menjadikannya sebagai top 3 seller HP made in indonesia alias handphone lokal. Merek yang berkembang pesat ini menjadi salah satu ponsel domestik pertama dan tertua di Indonesia. Mito Mobile memiliki jaringan distribusi yang merata di seluruh Indonesia. Mito berusaha untuk merilis ponsel bergaya terjangkau kepada masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu, layanan penjualan Mito juga tersedia di banyak kota besar di Indonesia.

Merk hp buatan mito indonesia

Mito Mobile didirikan pada tahun 2006. Mito Mobile disponsori oleh PT Mobile Express Indonesia, yang menyediakan produk mobile dan elektronik di Indonesia. Dengan harga murah, Mito menawarkan produknya di kisaran harga menengah Rp 1 hingga 2 jutaan. Mito Fantasy Note A30 merupakan salah satu produk handphone buatan Indonesia terpopuler dari Mito Mobile dengan harga murah.

4. HIMAX – HP buatan Indonesia yang mendunia

Lokasi pabrik: Tangerang, Banten

Merek ponsel Indonesia ini memang tidak sepopuler Evercross atau Mito Mobile. Himax adalah perusahaan penjualan ponsel di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2012. Diklaim sebagai merek lokal ponsel berkualitas tinggi. merk hp buatan indonesia heax

Himax bersama PT Himax Smartphone Indonesia telah mengklaim bahwa ponsel mereka tidak kalah dari Xiaomi atau Asus. Salah satu produk yang dikeluarkan oleh HiMax yang cukup terkenal adalah Himax Polymer dan HiMax Pure S.

5. Politron

Lokasi pabrik: Kudos, Jawa Tengah

Selama lebih dari 30 tahun, brand ini telah menemani masyarakat Indonesia. Pabrik yang berdiri sejak Mei 1975 ini telah memproduksi berbagai barang elektronik untuk masyarakat Indonesia, salah satunya adalah handphone. Meski komponennya mungkin tidak 100% buatan Indonesia, Advan sendiri telah menjadi penjual ponsel buatan Indonesia yang sangat populer di masyarakat.

Merk HP Polytron Buatan Indonesia

Keunggulan produk HP buatan Indonesia, Polytron, adalah harganya yang terjangkau atau murah dan spesifikasi yang cukup memadai untuk digunakan sebagaimana mestinya. P520 adalah salah satu penawaran terbaik Polytron untuk kelas menengah ke atas.

6. Zyrex

Lokasi Pabrik: Bitamporan, Jakarta Barat

Zyrex adalah perusahaan yang didirikan pada tahun 1996 yang awalnya bergerak di bidang produksi dan distribusi berbagai jenis komputer. Di bawah PT Zyrexindo Mandiri Buana, dimulai dengan desain, produksi, distribusi dan layanan sistem komputer di Indonesia. Bahkan logo tersebut tercatat sebagai komputer Indonesia pertama.

Merk handphone buatan indonesia zyrex

Berawal dari PC, Zyrex pun mencoba peruntungan di bidang mobile yang menjadikannya sebagai brand ponsel buatan Indonesia. Salah satu kelebihan ponsel Zyrex adalah spesifikasinya yang sangat garang dan harganya yang sangat murah. Beberapa ponsel besutan Zyrex adalah ZA 977 dan SA-7321 Tablet.

7. Venera – Merk HP terkenal dari Indonesia

Lokasi Pabrik: Polo Gadong, Jakarta Timur

Venera adalah merek ponsel buatan Indonesia dengan logo PT Talenta Artha Mandiri atau lebih dikenal dengan PT TAM. Venera dalam pemasaran, bekerjasama dengan Erajaya atau lebih dikenal dengan Eraphone di seluruh Indonesia. Tidak hanya melalui Eraphone, Venera juga dijual dalam satu paket dengan Telkomsel pada masa jayanya.

merk hp buatan indonesia venera

Didirikan pada tahun 1999, mereka awalnya memproduksi ponsel dengan fitur menarik dengan harga terjangkau. Jenis ponsel yang populer dari merek ini adalah Venera Volt V5 dengan sistem operasi Android Jelly Bean.

8. Osmo

Lokasi pabrik: Tambun, Jawa Barat

Osmo lahir sebagai duo Trikomsel dan Advan. Osmo lahir di pasaran sebagai merek ponsel di Indonesia. Tricomsel sendiri adalah penyedia produk dan layanan komunikasi seluler di Indonesia. Brand baru Osmo diciptakan dalam rangka memperluas pangsa pasar domestik yang mulai menunjukkan grafik yang berkembang di bisnis ini.

merk hp buatan indonesia osmo

Ada banyak ponsel Osmo yang cukup terkenal di pasar ponsel Indonesia. Salah satunya adalah Osmo SF0F dan merupakan dual sim GSM dengan layar berukuran 5 inci dengan resolusi 720 x 1280 piksel. Dengan spesifikasi mumpuni, Osmo SF0F dibanderol dengan harga hanya Rp. 1 juta dolar.

9. Nexian – HP buatan Indonesia yang mendunia

Lokasi pabrik: Mangga Dua, Jakarta

Nexian sebagai merek ponsel di Indonesia pernah menyandang predikat sebagai merek yang paling disukai. Pada tahun 2006, Nexian telah menjadi salah satu produsen perangkat telekomunikasi tetap dan bergerak terkemuka di Indonesia sejak tahun 2006. Nexian juga menjadi merek buatan Indonesia dan menjadi pemimpin di perusahaan dalam negeri, yang diusung oleh Nexian dari perusahaan telekomunikasi pers pada tahun 2006 2010. Di Di tahun yang sama, 2010 Nexian digunakan oleh hingga 8 juta pengguna di Indonesia.

Merk HP Buatan Indonesia Nexian

Salah satu Nexian yang paling terkenal adalah Nexian Cappucino NX-G869 dan NexianBerry. Ponsel ini juga memiliki fitur khusus yang hanya terdapat pada ponsel Nexian yaitu Nexian Zone dan Nexian Messenger yang hanya dibanderol dengan harga Rp. 699.000.

Merk yang sudah tidak berproduksi lagi

1. ViTELL

Lokasi Pabrik: Roxy, Jakarta

Meski merek ponsel Indonesia yang rilis pada 2007 ini jarang terdengar, namun merupakan merek lokal yang mampu bertahan di pasar ponsel Indonesia. Di hadapan PT Lintas Cakrawala Persada, ViTELL memulai produksi sekaligus menjadi distributor distribusi ViTELL di Indonesia. Teknologi yang digunakan menggunakan dual mode, baik GSM maupun CDMA. Beberapa produknya laris manis di pasaran seperti V710 dan V299.

Merek Vitell untuk ponsel Made in Indonesia

2. IMO

Lokasi Pabrik : Tj. Priuk, Jakarta Utara

Belum banyak diketahui masyarakat, IMO sebenarnya adalah merek ponsel buatan Indonesia oleh PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI). Brand IMO sendiri menyasar produk Hp yang cocok untuk kalangan menengah ke bawah. Namun, pada tahun 2013, Organisasi Maritim Internasional membuat keputusan untuk tidak memproduksi ponsel lagi.

Merek HP Buatan Indonesia IMO

Dari tampilannya, ponsel IMO memiliki ciri khas tersendiri dan meski fiturnya tidak kalah menarik dari ponsel buatan luar negeri.

12. Axioo

Lokasi pabrik: Kakung, Jakarta Timur

Brand besutan HP Indonesia selanjutnya adalah Axioo. Penjual HP ini didirikan pada tahun 2004 dan tidak hanya memproduksi ponsel, tetapi juga komputer, laptop, notebook, pohon pintar, dan tablet. Meski Axioo dikenal sebagai vendor elektronik, ternyata ponsel Axioo menawarkan perpaduan unik antara performa, estetika, dan aksesibilitas dengan tagline-nya yang bertuliskan Style Meet Performance. Beberapa HP Axioo yang bisa kamu beli adalah Axioo Pichophone M4P, Axioo Venge dan Axioo M5S.

Intinya: Beli HP terbaik buatan Indonesia

Itulah 12 merek ponsel HP buatan Indonesia yang mendunia. Ternyata merk-merk yang dibingungkan dengan merk-merk dari China atau luar negeri itu buatan Indonesia lho! Jadi, apa merek ponsel lokal yang Anda beli?

  • Bagikan