Cara Memperbaiki LCD HP yang Rusak Karena Jatuh
Cara Memperbaiki LCD HP yang Rusak Karena Jatuh

Cara Memperbaiki LCD HP yang Rusak Karena Jatuh

Cara memperbaiki LCD HP yang rusak karena jatuh. Cara memperbaiki layar ponsel atau tablet yang rusak
Memperbaiki layar ponsel yang retak atau rusak bisa jadi mahal, tetapi beberapa strategi ‘lakukan sendiri’ yang murah dapat meniadakan kunjungan ke bengkel dan menyelamatkan tablet atau ponsel Anda.

Workshop pihak ketiga biasanya mengganti kaca pada tablet dengan harga sekitar $100 hingga $200, tergantung pada modelnya. Mengganti layar sentuh tablet dapat dikenakan biaya tambahan $50-$75.

Mengganti kaca retak dengan layar sentuh jauh lebih murah. Anda biasanya dapat menemukan pemasok online seharga $6 hingga $20 per telepon. Biaya layar tablet pengganti dapat berharga sekitar $50 atau lebih jika Anda melakukannya.

Cara memperbaiki LCD HP yang rusak karena jatuh

Relatif mudah dan murah untuk mengganti kaca pada ponsel setelah pecah. Tablet sedikit lebih terlibat karena ukuran yang lebih besar dan bahan tambahan.

Alat mungkin memerlukan pengeluaran uang tunai tambahan jika Anda tidak memiliki meja kerja yang berfungsi dengan baik. Tergantung pada perangkat yang dimaksud, Anda akan memerlukan alat pembuka telepon, pinset kecil untuk menangani kabel kecil di dalamnya, obeng Torx, obeng pipih, dan satu set obeng presisi.

Tambahkan ke daftar itu baik pengering rambut variabel atau pem anas untuk menghaluskan bagian-bagian telepon yang lengket. Tambahkan juga gunting, selotip dua sisi, udara kaleng, dan sarung tangan kerja.

Nilai kebutuhan perbaikan Anda

Ini adalah hal pertama yang harus dilakukan saat memperbaiki retakan pada layar smartphone. Sering kali, layar sebenarnya tidak retak sama sekali. Anda mungkin telah memasang pelindung layar kaca saat membeli telepon.

Lepaskan bingkai plastik yang menutupi bagian depan perangkat dengan hati-hati. Kemungkinannya adalah layar di bawahnya benar-benar utuh.

Ini biasanya tidak terjadi pada tablet. Yang disebut pelindung layar pada perangkat ini adalah film transparan yang tahan lama dan bening.

Sampul film bisa menjadi keruh atau gatal. Mereka biasanya membantu menyerap kejutan dari benda yang jatuh di tablet untuk mengurangi risiko pecahnya kaca layar sentuh di bawahnya.

Relatif mudah untuk melepas penutup film lama dan menggantinya dengan yang baru. Masalah telah teratasi!

Perbaiki vs Ganti – Cara memperbaiki LCD HP yang rusak karena jatuh

Ketika pelakunya sudah layar rusak, memilih salah satu dari tiga metode berikut dapat membantu Anda memperbaiki masalah. Anda mungkin dapat memperbaiki kerusakan daripada menggantinya.

Misalnya, apakah layar keruh atau rusak karena kesalahan penggunaan cairan pembersih yang keras atau handuk kertas kasar untuk membersihkan layar? Jika demikian, ada solusi untuk itu.

Apakah layar benar-benar retak atau pecah – seperti pada retakan laba-laba besar yang menghancurkannya? Anda dapat merawat layar retak pada ponsel atau tablet Anda dengan lebih mudah dengan produk komersial Sugru. Layar yang retak sepenuhnya pada semua jenis perangkat adalah kandidat kuat untuk penggantian layar.

Penghapusan noda LCD

Jika layar ponsel atau tablet Anda menunjukkan tanda-tanda pembersihan yang buruk atau keausan karena penanganan yang berat, kembalikan ke kondisi yang hampir baru dengan kit cat oleophobic. Ini adalah lapisan anti minyak yang melindungi layar, serta menambah kehalusan dan mengurangi sidik jari.

Lapisan, film tipis dari padatan berbasis fluoropolimer, mirip dengan Teflon dan terikat pada kaca. Anda dapat membeli set cat dari berbagai toko peralatan elektronik dan outlet online.

Anda memerlukan alat ini untuk mengaplikasikan cat tahan minyak: kain pembersih mikrofiber, kantong penyimpanan plastik beritsleting, dan alkohol isopropil 70 persen.

Langkah – langkah cara memperbaiki LCD HP yang rusak karena jatuh

Bersihkan permukaan secara menyeluruh dengan isopropil alkohol. Kemudian bersihkan layar dengan kain mikrofiber bersih.

Siapkan pemindaian jari. Pelarut cair untuk cat berbasis minyak menguap dengan sangat cepat saat diaplikasikan, jadi setelah Anda mulai, kerjakan dengan cepat.

Bungkus satu jari dengan bungkus plastik atau kantong sandwich. Gunakan jari ini untuk menggosok cairan cat pada layar.

Oleskan 10-15 tetes cat ke permukaan layar. Jika layar ponsel atau tablet Anda memiliki permukaan yang besar, oleskan 10 tetes ke satu bagian layar, kerjakan satu bagian pada satu waktu.

Oleskan cat dengan lembut dan cepat dengan menyeka jari Anda yang dilapisi plastik di atas permukaan sampai cairannya menguap.

Lap layar dengan kain mikrofiber bersih. Kemudian beri waktu cat untuk mengering. Jangan menyentuh layar selama 8-12 jam agar cat menempel pada permukaan.

Cara memperbaiki LCD HP yang rusak karena jatuh, selanjutnya.

Saat waktu pengikatan selesai, bersihkan sisa yang tertinggal di layar sentuh dengan kain mikrofiber bersih.

Ulangi proses ini 2-3 kali untuk memaksimalkan kinerja lapisan tahan minyak dan daya tahan film.
Dua opsi lagi

Jika satu-satunya keluhan Anda termasuk goresan kecil dan retakan pada layar smartphone atau kaca tablet, ada perawatan yang bekerja dengan berbagai tingkat keandalan. Anda dapat menggunakan penghapus rumah tangga atau penghapus pensil asli.

Produk penghapus ajaib membersihkan goresan layar hanya dalam beberapa detik. Basahi sudut bantalan pembersih dan ketuk dengan lembut.

Penghapus pena juga bekerja dengan baik untuk menghilangkan goresan. Cukup gosok goresan kiri dan kanan dengan penghapus selama kurang lebih 60 detik. Kemudian gosok ke atas dan ke bawah selama 60 detik.

Alternatif pembersih dengan produk perawatan gigi

Apakah menggunakan pasta gigi untuk mengisi celah benar-benar efektif? Saya menempatkan perbaikan ini dalam kategori pemikiran “legendaris”, tetapi saya tahu orang-orang yang bersumpah bahwa metode ini adalah solusi murah yang berhasil.

Saya menganggap pasta gigi sebagai obat penghilang goresan sementara. Bekerja pada goresan dan retakan kecil.

Ini bukan solusi permanen untuk layar sentuh yang terus aktif. Paling-paling, proses perekatan akan membuat retakan tidak terlalu terlihat.

Lem Sugru

Ini adalah set lem yang dapat dicetak yang memperbaiki daripada menggantikan retakan yang retak. Faktanya, produk tersebut tidak dibuat dengan mempertimbangkan perbaikan ponsel dan tablet. Hal ini dimaksudkan lebih pada garis perbaikan umum dimanaLCD perlu direkatkan dan retakan diisi.

Saya yakin ada perekat fleksibel serupa di luar sana, tetapi setelah menemukan Sugru, saya melihat itu adalah titik awal yang baik.

Tergantung pada seberapa rusak layarnya, ini bisa menjadi solusi yang baik untuk retakan yang menyebar dari tepi layar ponsel atau tablet. Namun, untuk retakan besar yang menyebar ke seluruh layar – karena retakan laba-laba cenderung seiring waktu – ini akan menjadi perbaikan jangka pendek yang terbaik.

Cara memperbaiki LCD HP yang rusak karena jatuh.

  • Ikuti langkah ini:

Lap dan bersihkan layar dengan handuk pembersih lembut. Berhati-hatilah untuk tidak mengambil kaca lepas apa pun dalam prosesnya.

Gunakan selotip bening di sekitar area yang akan ditambal. Ini bekerja paling baik ketika telepon dihidupkan.

Tandai pita untuk menunjukkan batas di sekitar area tambalan. Ini mencegah tambalan Sugru mencapai tempat yang tidak Anda inginkan.

Oleskan sedikit tambalan ke area layar yang retak. Pastikan untuk mengoleskan tambalan dengan tipis.

Secara bertahap tambahkan lebih banyak sesuai kebutuhan.

  • Robek dan ganti

Jika layar ponsel atau tablet Anda rusak parah, operasi ekstensif adalah satu-satunya pilihan selain mendapatkan yang baru. Memperbaiki layar LCD perangkat adalah prosedur yang rumit karena desain internal yang ringkas.

Proses perbaikan melibatkan membongkar seluruh kulit terluar ponsel atau tablet. Sangat mudah jika layar pengganti dilengkapi dengan bezel atas.

Jika tidak, Anda mungkin harus menyegel jahitannya untuk menghindari hilangnya kekuatan struktural dan perlindungan kelembaban/debu. Anda dapat menggunakan bantalan sealant seukuran perangkat tertentu yang ada, atau selotip dua sisi. Solusi paling sederhana untuk mengganti layar ponsel adalah dengan menggunakan lem B-7000 / T-7000.

Cara memperbaiki LCD HP yang rusak karena jatuh.

Sebelum Anda menyingsingkan lengan baju untuk memulai, ambil langkah keamanan yang besar. Beli dan gunakan gelang tetap dan alas pelindung tetap. Ini akan memastikan bahwa tidak ada komponen elektronik yang tergores secara tidak sengaja saat membongkar dan memasang kembali perangkat. Melepaskan baterai tidak selalu merupakan jaminan bahwa pelepasan listrik statis tidak akan terjadi.

Langkah pertama adalah membongkar perangkat sehingga Anda dapat menilai tingkat kerusakan dan memutuskan bagian layar mana yang akan dipesan. Pilih nomor model layar LCD. Gunakan nomor ini dalam pencarian Internet untuk menemukan layar pengganti.

menempel pada kabel sensor yang terpasang pada layar. Anda dapat mengakses kabel ini setelah Anda memisahkan layar dari unit lainnya. Lepaskan konektor kabel dengan hati-hati dari bagian belakang layar di sepanjang tepi.

Bagian atau nomor model biasanya tercetak pada label yang terpasang pada kabel sensor yang terpasang pada monitor. Anda dapat mengakses kabel ini setelah melepaskan monitor dari unit lainnya. Lepaskan konektor kabel dengan hati-hati dari bagian belakang monitor di sepanjang tepinya.

Lakukan bongkar pasang cara memperbaiki LCD HP yang rusak karena jatuh

Langkah 1: Lepaskan penutup belakang perangkat dan cabut baterai utama.

Langkah 2: Longgarkan semua kabel yang tersangkut yang sekarang terbuka, seperti kabel kamera.

Kemudian lepaskan kabel jika klem terbuka. Kabel ini hanya meluncur keluar dari soket yang terbuka setelah klip dilepaskan. Kabel bergaya pita sering dipasang ke rangka dan bagian dengan perekat, jadi tarik perlahan untuk melepaskannya.

Langkah 3: Lepaskan sekrup Phillips atau Torx yang menahan rangka belakang yang berisi motherboard ke sasis yang berisi LCD dan tempatkan sekrup dalam wadah untuk disimpan.

Kemudian pisahkan rangka belakang dari sasis dengan menariknya secara perlahan dan hati-hati.

Langkah 4: Lepaskan rakitan kabel lain yang terbuka dengan memisahkan bagian-bagiannya.

Pertahankan isyarat visual mengenai kabel yang akan disambungkan di tempatnya. Misalnya, letakkan di permukaan kerja menghadap ke atas dalam urutan pelepasan. Atau berfoto dengan kamera digital atau smartphone.

Langkah 5: Lepaskan rumah yang berisi LCD dari bezel depan atau bingkai dan rakitan kaca dengan membuka sekrup kedua. Simpan set sekrup kedua di wadah lain. Lepaskan bagian lain seperti kamera.

Langkah 6: Jangan sentuh bagian depan LCD. Pisahkan kaca rusak yang ada dari rangka atau ban depan dengan mengayunkan senapan panas di atas sambungan perekat dan melepaskannya. Kenakan sarung tangan di sini karena prosesnya melibatkan lebih banyak pemecahan kaca.

Tip: Bersabarlah saat heat gun mengendurkan perekat dan berhati-hatilah agar tidak merusak bezel atau ban depan saat melepas kaca. Anda membutuhkan ujungnya utuh.

Penggantian layar – Cara memperbaiki LCD HP yang rusak karena jatuh

Langkah 1: Pasang selotip dua sisi baru ke area ban yang kehilangan daya rekatnya. Gunakan perekat yang ada jika memungkinkan. Jangan biarkan selotip mengganggu bagian kaca yang terlihat.

Langkah 2: Cari sisipan atau segel busa dan pasang kembali. Jangan menyentuh kaca dari dalam. Anda tidak akan dapat menghilangkan sidik jari setelah perakitan.

Langkah 3: Pasang kabel Layar Touch Screen dan pasang kembali kaca Touch Screen baru ke bingkai dengan menekannya dengan kuat ke tempatnya. Kemudian bersihkan debu dari layar LCD dan kaca dengan udara kalengan.

Langkah 4: Sambungkan kembali bagian mana pun, seperti kamera. Kemudian pasang kembali sasis, rangka, dll. secara berurutan.

Pikiran terakhir – Cara memperbaiki LCD HP retak

Anda mungkin harus merakit dan membongkar beberapa kali. Kedua set sekrup menggunakan lubang yang sama. Sangat mudah untuk memasukkan set sekrup awal ke lubang yang salah. Anda hanya akan menyadari bahwa ketika Anda tidak cocok dengan set kedua karena Anda telah menggunakan pukulan lubang.

Carilah koneksi yang solid saat menghubungkan kabel. Pastikan untuk membuka klem terlebih dahulu. Biasanya posisi teratas terbuka.

Secara umum, bidikan diam menunjukkan kompilasi yang bagus. Selalu gunakan kembali pita logam yang ada. Hitung sekrupnya. Jika Anda memiliki sisa, mundur.

Mengganti layar sentuh dan papan touch screen yang rusak bukanlah ilmu roket, tetapi prosesnya membutuhkan perhatian yang cermat terhadap detail. Mengikuti petunjuk visual dan tangkapan layar dapat membuat perbedaan antara kesuksesan awal dan upaya kedua atau ketiga.

Kunjungi iFixit untuk dukungan visual. Ini menawarkan banyak model ponsel dan tablet bersama dengan instruksi tentang cara membuka kunci perangkat dengan alat yang sesuai.

Inilah artikel cara memperbaiki LCD HP yang rusak karena jatuh. Semoga bisa membantu.

Kunjungi juga

Adobe Lightroom Mod

Adobe Lightroom Mod Apk Link Unduh Aman Paling Update

Adobe Lightroom Mod Apk dan link unduhan yang aman paling update. Ketika memasuki alur kerja …