Cara Mengatasi Layar HP Hitam Tapi Nyala

  • Bagikan
Cara Mengatasi Layar HP Hitam Tapi Nyala
Cara Mengatasi Layar HP Hitam Tapi Nyala

Cara mengatasi layar HP hitam tapi nyala. Cara untuk melewati layar HP hitam putih yang kosong tapi menyala.

HP Blank Black or White Screen : Layar merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah smartphone. Karena tanpa layar, ponsel tidak bisa melihat aktivitas yang sedang kita lakukan. Misalnya saat menonton video atau film.

Kerusakan pada layar dapat terjadi dan biasanya ditunjukkan dengan kondisi ponsel yang dihidupkan, tetapi layar tidak menampilkan gambar sama sekali. Kondisi ini sering disebut sebagai spasi.

Biasanya ruang kosong muncul di layar ini saat ponsel sedang digunakan atau baru saja dihidupkan. Jika masih normal (tidak ada kerusakan pada layar LCD), kekosongan ini akan hilang beberapa saat setelah ponsel dimatikan.

Namun jika sudah sangat parah, kekosongan ini biasanya bisa terjadi setiap saat.

Penyebab dan cara mengatasi layar HP hitam tapi nyala

Mungkin sebagian dari Anda masih bertanya-tanya apa penyebab layar HP mati? Biasanya, ada beberapa faktor yang menyebabkan layar HP tiba-tiba menjadi hitam dengan sendirinya.

Misalnya.:

  1. Karena Bootloop

Saat terjadi bootloop, ponsel biasanya terlihat seperti ruang kosong. Tapi yang saya maksud dengan bootloop di sini bukan continuous loading kan? Namun layar hanya menampilkan warna hitam.

  1. Tidak dapat memuat sistem HP

Biasanya sistem akan memuat secara otomatis ketika kita menghidupkan ponsel baru kita. Dalam beberapa kasus, proses pengunggahan mungkin juga gagal.

Nah, error ini menyebabkan HP hanya menampilkan layar hitam putih selama beberapa waktu.

  1. Sistem di HP tidak stabil

Sistem yang tidak stabil pada ponsel juga bisa menjadi penyebab layar HP hitam putih blank saat dihidupkan. Atau juga sering disebut dengan crash.

  1. Kerusakan pada baterai

Jika tegangan baterai pada ponsel tidak kuat, ini juga dapat mencegah layar ponsel menampilkan gambar. Biasanya kondisi ini membuat layar HP menjadi hitam.

  1. Layar ponsel rusak

Nah, untuk keadaan seperti itu, biasanya disebabkan langsung oleh komponennya. Bisa dari layar LCD atau dari layar flex itu sendiri.

Cara mengatasi layar hp hitam tapi nyala

Rata-rata orang yang mengalami layar HP blank langsung panik dan membawa ponselnya ke service center. Karena mereka menganggap bahwa bagian layar rusak dan perlu diganti.

Melihat beberapa penyebab di atas, masalah layar blank HP ini tidak sepenuhnya disebabkan oleh komponen. Karena faktor sistem juga bisa menyebabkan layar HP mati.

Saat ditanya, saya sendiri sering mengalami masalah ini dan untungnya HP bisa digunakan tanpa masalah sejauh ini. Oleh karena itu, disini saya juga akan membagikan beberapa tips untuk mengatasi masalah layar HP blank hitam putih.

Baca dulu pembahasannya.

  1. Bersihkan Cache Sistem HP

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan saat layar HP tiba-tiba blank adalah dengan membersihkan cache di sistem Android. Cache ini sebenarnya memiliki fungsi untuk menyimpan data yang masih berhubungan dengan kinerja sistem.

Meskipun sangat diperlukan, cache ini juga dapat menyebabkan sistem di ponsel menjadi down. Bagaimana HP tidak akan mengisi daya atau crash saat digunakan. Dampaknya pasti akan membuat layar HP menjadi blank.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengosongkan cache pada sistem terlebih dahulu. Ini juga mudah:

  • Pertama, matikan ponsel Android Anda.
  • Kemudian tekan dan tahan tombol Power + Volume Down atau Volume Up secara bersamaan.
  • Tunggu beberapa saat hingga ponsel masuk ke recovery mode.
  • Dalam hal ini, cari menu Hapus.
  • Kemudian pilih menu Hapus cache.
  • Terakhir, nyalakan HP seperti biasa.

Agaknya, jika itu disebabkan oleh bug di sistem, itu akan membuat sistem kembali normal. Dan HP yang kosong biasanya akan kembali normal juga.

Cara mengatasi layar hp hitam tapi nyala kedua.

  1. Keluarkan kartu SIM, memori dan baterai HP

Jika ponsel Anda mati saat baru dihidupkan, sistem mungkin tidak mengisi daya dengan benar. Selain menghapus file cache, Anda juga dapat mematikan ponsel dan mengeluarkan kartu SIM, kartu SD, dan baterai dari ponsel jika memungkinkan.

Lebih seperti ini:

  • Langkah pertama adalah matikan HP Anda.
  • Kemudian keluarkan kartu SIM, memori SD dan baterai.
  • Kemudian diamkan HP selama 5-10 menit.
  • Jika ini masalahnya, rekatkan kembali bagian tersebut lebih cepat.
  • Terakhir, reboot HP Anda.

Ini biasanya secara tidak langsung akan mem-boot ulang sistem pada HP. Sehingga masalah HP tidak akan loading dan layar HP yang blank akan teratasi dengan fairing.

Komentar:

Oh ya, tidak semua bagian belakang ponsel Android bisa dilepas sekarang, terutama untuk ponsel yang menggunakan baterai built-in.

Jadi khusus untuk layar HP hitam kosong pada baterai yang ditanamkan, cukup keluarkan kartu SIM dan kartu SD. Setelah itu diamkan handphone sampai suhu dingin atau cukup 5 menit.

  1. Cara mengatasi layar hp hitam tapi nyala dengan Factory Reset

Faktanya, mengosongkan cache dan memulai ulang ponsel tidak selalu dapat memperbaiki sistem yang tidak mau boot. Jadi, solusi lain untuk mengatasi layar blank HP adalah dengan melakukan factory reset.

Melakukan reset pabrik biasanya secara otomatis akan membuat ponsel Anda seperti baru. Metode ini juga biasanya efektif dalam memecahkan masalah sistem dan kesalahan akan hilang juga.

Cara mengatasi layar hp hitam tapi nyala ketiga:

Jika layar HP kosong, Anda dapat melakukan reset pabrik melalui mode pemulihan. Begitulah:

  • Pertama, nonaktifkan HP.
  • Setelah selesai, tekan dan tahan tombol Power + Volume Up atau Down secara bersamaan.
  • Kemudian tunggu ponsel masuk ke mode pemulihan.
  • Dalam hal ini, pilih menu Reset pabrik.
  • Terakhir, pilih OK.

Setelah itu, ponsel akan mereset sendiri secara otomatis. Tunggu saja HP โ€‹โ€‹menyala kembali seperti semula.

Penting:

Anda dapat melakukan metode ini untuk menormalkan sistem pada ponsel, tetapi hanya dapat dilakukan jika ponsel masih dapat mengakses pemulihan sistem.

Selain itu, semua data di ponsel Anda juga akan dihapus secara permanen, seperti kontak, akun dan aplikasi Google, foto, video, dokumen, dan data lain yang tersimpan di memori internal.

  1. Flash ulang HP

Solusi selanjutnya, jika cara di atas tidak bisa mengakses sistem maka kemungkinan sistem di handphone benar-benar rusak. Jadi apa solusinya?

Anda dapat mem-flash ke HP yang memiliki masalah ini. flash ulang ini ditunjukkan untuk menggantikan sistem lama pada HP dengan sistem baru. Selama proses, sistem lama yang mengalami kesalahan ini akan dihapus dan sistem baru akan diinstal.

Bagaimana Anda mem-flash-nya? Sebenarnya ini sangat sederhana, tapi saya tidak bisa menjelaskannya di sini. Karena cara flash pada setiap handphone berbeda-beda tergantung dari jenis handphone yang anda gunakan.

Tapi caranya masih bisa dicari di internet, karena menurut saya tutorial flashing HP sudah banyak bertebaran. Yang terpenting, cari tutorial berdasarkan jenis ponsel yang Anda gunakan.

  1. Coba bersihkan konektor LCD layar

Jika perangkat lunak masih tidak berfungsi, itu berarti masalah ini berasal langsung dari perangkat keras. Sebelum membawa ponsel Anda ke pusat layanan, Anda juga dapat mencoba membongkar ponsel sendiri, jika memungkinkan.

Karena masalah layar kosong HP biasanya disebabkan oleh kerusakan layar sentuh. Meskipun tidak cukup di sana juga, sungguh.

Tetapi jika Anda bertanya secara spesifik di mana masalahnya, itu bisa berbeda. Itu bisa di layar atau di konektor LCD.

Jika Anda ingin mencobanya, langkah pertama kami adalah memeriksa bagian konektor LCD:

Mari kita lepas bagian belakang casing ponsel terlebih dahulu.

  • Perhatikan bagian samping, akan ada koneksi untuk layar ponsel.
  • Cabut kabel dan ambil karetnya.
  • Bersihkan ujung kabel konektor dengan karet.
  • Lakukan ini secara perlahan agar tidak merusak konektor.
  • Jika demikian, harap sambungkan kembali.
  • Pasang baterai dan rumah HP seperti sebelumnya.
  • Terakhir, coba restart HP Anda.

Atau, jika masih kurang jelas, Anda bisa mencoba menonton video di bawah ini.

Dalam video tersebut, masalah layar hitam blank HP disebabkan oleh konektor LCD yang rusak sehingga diperlukan perbaikan.

  1. Cara mengatasi layar hp hitam tapi nyala ke Service Center

Jika Anda tidak nyaman membongkarnya sendiri di rumah, Anda juga bisa langsung membawanya ke service center HP.

Jika kita mengontrol di atas 60-80%, kita bisa melakukannya sendiri bahkan untuk pemula. Jika cara di atas masih tidak menyala, mungkin ada komponen LAN yang menyebabkan tampilan HP mati.

Untuk kondisi seperti ini biasanya dibagi menjadi dua bagian:

Masalah dengan tampilan touchscreen, menyebabkan ponsel tidak memiliki gambar (kosong hitam).

Ada masalah dengan komponen yang rusak seperti chipset, kapasitor dan lain-lain. Kondisi seperti itu biasanya ditandai dengan munculnya gambar hitam di layar.

Jika layar rusak, maka harus diganti dengan yang baru. Untuk harga bank bisa dari 300 sampai 800 ribu. Itu sebagian besar tergantung pada jenis dan tipe HP yang Anda gunakan.

Sedangkan jika ada bagian yang rusak, biasanya terjadi pada ponsel lama dan ponsel yang sering panas. Masalah ini akan sangat sulit kita selesaikan sendiri di rumah.

Berikut cara mengatasi layar HP hitam tapi nyala

Berikut beberapa hal yang perlu diperiksa untuk mengetahui voltase dan komponen HP mana yang sudah tidak normal lagi. Yang di luar sana pasti pusing juga, hehe.

Karena itu, di sini saya menyarankan yang terbaik untuk membawanya ke pusat layanan. Tetapi jika Anda memiliki alat dan pengalaman, Anda mungkin dapat melakukannya sendiri di rumah.

  1. Keringkan ponsel jika terkena air

Untuk solusi ini saya hanya menulis di sini sebagai tambahan karena beberapa orang juga mengalami layar HP hitam kosong tetapi tetap menyala setelah ponsel terkena air.

Solusinya tidak sulit, karena Anda hanya perlu:

  • Keringkan HP terlebih dahulu.
  • Caranya adalah dengan membongkar komponen-komponen pada HP.
  • Gunakan pengering untuk mengeluarkan air di ponsel (bukan di kipas angin ya).
  • Kemudian rendam HP di dalam beras selama 2 sampai 3 hari.
  • Jika memungkinkan, lepaskan layar sentuh HP terlebih dahulu.
  • Dalam hal ini, coba instal ulang semua komponen.
  • Terakhir, coba nyalakan kembali HP.

Riasan ini juga banyak diterapkan dan hasilnya juga memuaskan. Jadi tidak ada salahnya untuk mencobanya, bukan?

  1. Ganti baterai jika rusak

Beberapa minggu yang lalu saya mengalami masalah sendiri dimana hp yang saya gunakan hanya muncul gambar hitam saat dihidupkan (kosong).

Setelah diperbaiki sistem masih belum kembali normal. Nah, karena saya malas membongkar sendiri ponsel saya, saya coba ganti baterai saja.

Eh ternyata HP saya sudah kembali seperti semula. Tampilan yang muncul di layar HP kembali seperti semula.

Walaupun tidak sepenuhnya efektif untuk semua kondisi HP, tidak ada salahnya untuk mencoba. Karena siapa tahu, mengganti baterai HP bisa menyelesaikan masalah blanko hitam.

Penutup cara mengatasi layar hp hitam atau putih tapi nyala

Oke mungkin itu saja sedikit tips cara mengatasi layar HP hitam tapi nyala. Cara di atas juga bisa kamu gunakan di semua HP Android saat ini, seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Asus dan lainnya.

Memang benar cara yang paling efektif adalah dengan hanya memperbaiki atau mengganti bagian yang rusak. Meski begitu, tentunya Anda tidak perlu buru-buru membawa ponsel ke service center.

Karena tidak ada salahnya mencoba beberapa tips di atas, karena saya sendiri sudah mencobanya dan berhasil.

Jika ada pertanyaan atau ada penjelasan yang belum dipahami, silahkan tulis di kolom komentar.

Saya harap ini membantu.

  • Bagikan