Cara Memindahkan Nomor WA ke HP Baru

  • Bagikan
Cara Memindahkan Nomor WA ke HP Baru
Cara Memindahkan Nomor WA ke HP Baru

Cara memindahkan nomor WA ke HP baru dan isi pesannya. Cara Memindahkan Nomor WhatsApp ke Ponsel Lain. Pengguna aplikasi WhatsApp (WA) mungkin perlu memindahkan nomor atau akunnya ke perangkat seluler lain pada waktu-waktu tertentu. Bisa jadi hp lama mau dijual atau dia punya hp baru makanya mau pindah akun WA nya dari yang lama ke yang baru.

Cara memindahkan nomor WA ke HP baru

Memindahkan nomor akun WhatsApp tentu saja sangat mudah. Namun ada sebagian pengguna ponsel Android yang kesulitan mendapatkan salinan isi pesan agar tetap utuh saat akun WA dipindahkan ke ponsel baru.

Prinsip kerja aplikasi WhatsApp adalah mencadangkan pesan apa pun yang masuk ke pengaturan default aplikasi. Lokasi cadangan menempati ruang folder basis data di memori perangkat atau memori internal.

Cara memindahkan chat WA ke HP baru

Jelasnya, cara memindahkan nomor WA ke HP baru perlu database. Database yang berisi data chat cadangan ini tidak akan dipindahkan tanpa campur tangan pengguna. Perlu untuk mentransfer data cadangan (copy-paste) di perangkat HP secara manual ke HP yang baru.

Menjadi mudah ketika pengguna smartphone terbiasa menelusuri file di folder memori untuk menyalin dan menempel database obrolan WhatsApp. Namun, tidak semua pengguna Android bisa mentransfer data dari satu smartphone ke smartphone lainnya.

Sebenarnya ada opsi backup data lain yang disediakan oleh aplikasi WA sendiri. Yaitu, membackup data pesan WhatsApp melalui akun Google Drive.

Menggunakan fungsi backup chat WA via Google Drive. Keuntungannya data bisa di restore dimana saja tanpa perlu media transfer database pesan WA. Media seperti via microSD, kabel data, flash disk dan lain sebagainya.

Keuntungan lain menggunakan Google Drive untuk menyimpan data cadangan untuk obrolan WA. Ketika kita ingin menginstal aplikasi WA di ponsel lain. Maka secara otomatis mengembalikan (mengembalikan) isi pesan ke ponsel target baru.

Persiapan sebelum cara memindahkan nomor WA ke HP baru

Nah, buat kalian yang ingin mengganti akun atau nomor WhatsApp dari HP lama ke HP baru. Kita perlu membackup data chat terlebih dahulu. Tujuannya agar ketika akun WA di HP baru semua data pesan bisa kembali. Seperti normal.

Sedangkan untuk melakukan backup data melalui akun Google Drive bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Cadangkan pesan WA di Google Drive

  1. Buka aplikasi WhatsApp, lalu masuk ke opsi Setting, masuk ke pojok kanan.
  2. Pada halaman pengaturan, buka opsi Obrolan
  3. Kemudian kembali ke opsi “Cadangan Obrolan”
  4. Jika Anda belum pernah menautkan akun Google Drive di halaman cadangan, silakan sambungkan terlebih dahulu.
  5. Pada opsi “Akun”, masukkan akun Google (alamat email) yang sama dengan akun Google di ponsel Android Anda. Anda juga dapat menggunakan akun email yang berbeda, selama Anda perlu menggunakan akun Google yang sama di ponsel baru nanti.
  6. Setelah memasukkan alamat email, tekan tombol “Cadangan.”
  7. Maka semua isi pesan atau chat di WhatsApp akan otomatis terbackup ke akun Google Drive.

Cara memindahkan nomor WA ke HP baru dengan cadangan di HP:

  • Cadangan pesan WA di memori perangkat

Selain cara di atas, bagi yang terbiasa copy paste dari satu perangkat HP ke perangkat HP lainnya. Anda bisa melihat backup data chat WhatsApp di folder database aplikasi WA.

Dan untuk melihat dan menyalin cadangan file obrolan WA, Anda dapat menggunakan tips di bawah ini:

  1. Buka aplikasi file manager atau my file (setiap merk HP memiliki nama file manager yang berbeda).
  2. Masukkan disk “Perangkat Saya” atau memori internal
  3. Lalu pergi ke “WhatsApp”> folder Database
  4. Nah, folder database berisi semua backup data pesan WA. Salin atau salin semua file dan simpan ke memori MicroSD atau media penyimpanan lainnya

Bagaimana cara memindahkan nomor WA ke HP baru beserta data chat?

Sekarang untuk memindahkan akun WhatsApp Anda ke smartphone Android lain. Supaya chat terpindah juga.

Cara memindahkan chat WA ke HP baru, lakukan hal berikut:

  1. Pastikan nomor kartu seluler (SIM card) terhubung ke ponsel target baru. Dan, akun Google di ponsel juga sama dengan alamat email yang sebelumnya digunakan untuk membuat cadangan data obrolan di Google Drive.
  2. Kemudian unduh dan instal aplikasi WhatsApp seperti biasa.
  3. Setelah nomor telepon divalidasi, aplikasi akan mencari data cadangan dari akun Google atau dari memori perangkat nanti.
  4. Saat aplikasi menemukan backup di Google Drive, WA akan otomatis mendownload data chat, tunggu prosesnya sampai selesai.
  5. Jika kita tidak membackup data pesan WhatsApp ke Google Drive, bisa dengan cara lain, yaitu menyalin data yang tersimpan di folder database.
  6. Ingat, taruh file backup WhatsApp di folder database WA, bukan di folder lain.

Dengan cara diatas memudahkan kita untuk cara memindahkan nomor WA ke HP baru beserta semua isi pesan ke handphone lain. Sangat mudah bukan? Semoga bermanfaat untuk semua pembaca.

  • Bagikan