Tips  

Pentingnya Ganti PIN ATM Secara Teratur

Pentingnya Ganti PIN ATM Secara Teratur
Pentingnya Ganti PIN ATM Secara Teratur

Pentingnya Ganti PIN ATM Secara Teratur. Mengubah PIN ATM adalah salah satu cara untuk mencegah kejahatan. Sebagai Anjungan Tunai Mandiri (ATM) adalah lembaga perbankan, jika tidak hati-hati bisa menjadi korban kejahatan.

Dengan menggunakan ATM, Anda dapat menarik atau menyetor uang tunai tanpa harus datang langsung ke bank yang bersangkutan. Namun, untuk masuk ke ATM, baik itu kartu debit atau kredit, Anda memerlukan PIN (Personal Identification Number).

Pentingnya Ganti PIN ATM Secara Teratur

Tahukah Anda bahwa dengan kenyamanan, ada juga bahaya bagi pengguna ATM? Tidak terkecuali Anda yang menggunakan ATM BRI, Mandiri, BNI, BCA, BTN. Intinya semua bank menggunakan kemampuan ATM sebagai alat transaksi.

  • Mengubah pin ATM prediksi kejahatan

Ini adalah kemampuan untuk mengubah PIN ATM Anda secara teratur

Pernahkah Anda mendengar pelanggan tiba-tiba kehilangan semua uang mereka? Mereka adalah korban kejahatan dalam mode Skimming.

Dalam mode ini, semua detail kartu ATM akan direkam. Agar penjahat mengambil uang dengan mengorbankan korban.

Modus ini dilakukan dengan menempatkan skimmer di mesin ATM. Kuda adalah perangkat kecil dan tipis yang ditempatkan di depan slot kartu ATM. Digunakan untuk dapat melakukan registrasi data pada kartu ATM yang Anda gunakan.

Alat ini biasanya tidak dilakukan oleh nasabah, sehingga secara otomatis, ketika ia memasukkan kartu ATM, ia menjadi korban kejahatan scammer.

Selain itu, pelaku juga memasang kamera tambahan di sekitar ATM. Fungsinya untuk merekam gerakan tangan Anda saat memasukkan kode PIN ATM. Inilah pentingnya Pentingnya Ganti PIN ATM Secara Teratur.

BACA JUGA:   Foto Kapel PP WA

Begitu mereka menerima semua informasi, seperti PIN ATM, para penjahat akan segera kehilangan semua saldo rekening korban. Sering dikatakan bahwa sangat sulit untuk menghindari ini.

Selain itu diperlukan kejelian dan ketelitian saat bekerja di ATM. Salah satu kelemahan kartu ATM di Indonesia. Adalah, masih ada yang menggunakan magnetic stripe atau strip magnetik di bagian belakang kartu sebagai sarana penyimpanan data.

Atau pihak bank bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan kartu debit di ATM yang menggunakan chip. Karena memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan medan magnet. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar kartu kredit sekarang menggunakan chip untuk keamanan penggunanya.

  • Ganti PIN ATM secara berkala

PIN (Personal Identification Number) berisi password penting untuk melindungi keamanan dana nasabah di rekening bank. Dengan rutin mengganti password, nasabah akan merasa nyaman aman dalam melakukan berbagai transaksi perbankan.

Pihak bank sendiri juga telah memberikan sosialisasi untuk mengganti ATM secara berkala. Ini demi keselamatan pelanggan agar terhindar dari kejahatan skimmer.

Pergantian pin ATM secara berkala adalah suatu keharusan bagi semua nasabah bank. Biasanya mereka yang tidak ingin mengganti pin ATM secara berkala mengaku akan kesulitan untuk mengganti pin ATM.

Apalagi bagi yang sering lupa, jelas mengganti pin ATM secara rutin menjadi masalah serius. Namun, sayangnya, mereka tidak sadar bahwa kerepotan ini dimaksudkan untuk keamanan sarana mereka sendiri.

Meskipun begitu, ada hal yang khusus tentang pentingnya Ganti PIN ATM Secara Teratur. Tujuannya agar terhindar dari risiko pembobolan rekening tabungan dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA:   Cara Mendownload Aplikasi Terlarang

Apakah ini satu-satunya kejahatan ATM? Tentu tidak, ada mode lain yang tak kalah mengganggu. Kejahatan perbankan dengan menggunakan skimmer kini mulai dapat diatasi.

  • Cara menghindari risiko membobol rekening tabungan

Untuk menghindari peretasan ke rekening tabungan nasabah, beberapa bank telah memasang alat tambahan. Seperti alat anti slip, menyisir kamera pengintai non-bank.

Dikatakan, tindakan ini bisa meminimalisir korban kejahatan skimmer, atau belum semua bank melakukannya. Bentuk kejahatan lain selain terpeleset adalah call center palsu yang menempel di ATM.

Modus yang biasa digunakan penjahat adalah dengan memblokir lubang kartu ATM sehingga kartu tersebut ditekan ke dalamnya. Dalam situasi yang sama ada seorang penjahat yang berpura-pura berada di tempat kejadian.

Dan orang ini akan menawarkan untuk menelepon call center palsu dengan label di tempat kejadian. Bahkan, mereka sering memberikan ponselnya kepada korban untuk menghubungi call center palsu untuk meminta bantuan.

Pentingnya Ganti PIN ATM Secara Teratur dan tidak memberitahu PIN

Saat korban menelepon, secara tidak sadar korban akan diarahkan ke percakapan. Ujung-ujungnya, dengan dalih mengecek status rekening korban, mereka meminta nomor pin ATM korban. Meminta korban untuk datang ke bank keesokan harinya untuk mengambil ATM yang sebelumnya “diperas”.

Saat korban keluar dari ATM, pelaku di tempat kejadian langsung mengambil kartu ATM curian tersebut dan mengeringkan isi rekening korban.

Inilah alasan Pentingnya Ganti PIN ATM Secara Teratur. Semoga bermanfaat.