11 Tips Aman Menggunakan Internet Banking

  • Bagikan
11 Tips Aman Menggunakan Internet Banking
11 Tips Aman Menggunakan Internet Banking

11 tips aman menggunakan internet banking. Memiliki akses internet benar-benar dapat membuat proses perbankan menjadi lebih mudah dan praktis. Hanya dengan menggunakan fitur internet banking, kini Anda dapat melakukan pengecekan mutasi atau transfer uang kapan saja. Di mana saja tanpa harus terlebih dahulu ke ATM atau cabang bank terdekat.

Bahkan jika Anda ingin membayar tagihan listrik, air dan kartu kredit – membeli pinjaman. Anda juga dapat melakukan transaksi melalui satu aplikasi internet banking. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur internet banking ini di laptop, komputer, atau smartphone Anda.

Berikut 11 tips aman menggunakan internet banking

Namun, sebagai pengguna internet banking, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan kesempatan ini untuk melakukan transaksi. Karena, pada kenyataannya, Anda tidak pernah tahu kapan target berikutnya adalah Anda oleh para pelaku kejahatan dunia maya.

Nah, untuk melindungi transaksi internet banking Anda dari upaya kriminal tersebut, berikut kami memberikan 11 tips aman menggunakan internet banking yang harus Anda perhatikan.

  • Kata sandi melindungi ponsel cerdas Anda

Khusus jika Anda sering menggunakan ponsel untuk membuka aplikasi internet banking. Anda perlu melindungi ponsel cerdas Anda dengan kata sandi. Hal ini dapat dilakukan untuk menghindari kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Contohnya termasuk mencuri informasi pribadi untuk membuka aplikasi internet banking di smartphone Anda tanpa sepengetahuan Anda.

Kemudian, tambahkan kata sandi ke ponsel Anda, baik itu berupa pola, sidik jari (PIN), kuda buka kunci wajah.

  • 11 tips aman menggunakan internet banking – waspada Phising

Salah satu bentuk kejahatan yang paling umum di Internet adalah phishing. Phishing adalah kejahatan dunia maya yang berusaha mendapatkan informasi rahasia dari seseorang. Misalnya seperti informasi rekening tabungan bank, kartu kredit, user ID, password, PIN, dll.

Nah, bagi Anda yang sering menggunakan aplikasi internet banking. penipuan phishing ini wajib dihindari. Salah satu cara untuk mengantisipasinya adalah dengan tidak sembarangan membagikan informasi. Atau informasi pribadi rahasia Anda melalui telepon atau email.

Bahkan jika orang yang meminta informasi tersebut mengklaim bahwa dia adalah seorang bankir. Anda harus terlebih dahulu menghubungi bank tersebut dengan menghubungi alamat email resmi bank tersebut. melalui surat atau hotline. Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidak secara tidak sengaja mengklik email yang masuk di inbox Anda. Tautan dalam pesan atau dengan sembarangan memasukkan informasi rahasia di halaman situs web yang berbahaya dan mencurigakan. Ini adalah yang pertama dari 11 tips aman menggunakan internet banking.

  • Pastikan detail bank Anda hanya diketahui oleh Anda

Jangan pernah lagi memberikan detail bank rahasia Anda, seperti ID pengguna, kata sandi PIN, kepada orang lain, bahkan jika orang tersebut bertindak sebagai bank atas nama mereka.

Akhirnya, ingat. bahwa Bank tidak akan pernah mewajibkan pegawainya untuk meminta informasi data nasabah melalui e-mail, tatap muka atau melalui telepon. Kalaupun diperlukan, semuanya harus dilakukan langsung melalui cabang bank.

  • Buat PIN perbankan online yang sulit ditebak tapi mudah diingat

Hindari menggunakan tanggal lahir Anda atau tanggal dengan pacar Anda sebagai PIN Anda. Karena hanya akan membuat rekening bank internet Anda semakin rentan untuk dijadikan sasaran kejahatan selanjutnya. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan PIN internet banking yang tidak mudah ditebak, namun tetap mudah diingat.

  • Ubah kata sandi Anda secara teratur

Tips aman ke-5 dari 11 tips aman menggunakan internet banking. Untuk menggunakan internet banking adalah mengganti kata sandi akun Anda secara teratur. Lakukan hal ini minimal 3 atau 6 bulan sekali, terutama bagi Anda yang sering melakukan transaksi online banking. Atau mungkin terkesan agak berlebihan, tapi percayalah, ini adalah langkah yang harus Anda ambil untuk meminimalkan kerentanan keamanan bagi penjahat dunia maya yang ingin menyerang Anda.

  • Pastikan Anda melakukan cara transaksi online yang terkunci aman

Jika Anda ingin melakukan internet banking online, pastikan terlebih dahulu situs tersebut benar-benar aman. Sedangkan untuk pemeriksaan keamanannya sangat mudah, cukup perhatikan apakah ada ikon kunci tertutup di kiri atas jaringan. Jika tidak, Anda harus menghindari membuat kesepakatan apa pun di situs.

  • Log Out Internet Banking yang tepat

Anda membutuhkan lebih dari keberuntungan untuk berhasil dalam bisnis afiliasi online. Yaitu, dengan mengklik daftar “Keluar”, yang terletak di situs Internet banking. Hindari keluar dari jaring dengan langsung mengklik tanda silang di sudut kanan atas tanpa “Meninggalkan” terlebih dahulu.

  • 11 tips aman menggunakan internet banking – Hindari jaringan Wi-Fi terbuka publik

Selanjutnya dari 11 tips aman menggunakan internet banking adalah jangan menggunakan Wifi publik. Jika Anda ingin mengakses Internet Banking dari laptop, komputer atau smartphone, ada baiknya Anda mengaksesnya menggunakan jaringan Internet Anda sendiri.

Karena jika Anda menggunakan jaringan Wi-Fi yang dapat diakses publik, ada kemungkinan penjahat dunia maya dapat secara diam-diam mengakses akun Internet banking Anda tanpa sepengetahuan Anda. Jadi berhati-hatilah saat menggunakan jaringan Wi-Fi publik, terutama yang hanya tersedia secara gratis.

  • Instal aplikasi antivirus di perangkat yang Anda gunakan

Tidak masalah jika Anda menggunakan komputer atau smartphone untuk mengakses internet banking, namun disarankan agar Anda menginstal aplikasi anti-virus di kedua perangkat. Ini untuk meningkatkan tingkat keamanan perangkat Anda sehingga dapat mengurangi kemungkinan kejahatan dunia maya yang berhasil terhadap Anda.

Dengan cara ini, Anda bisa lebih nyaman: bertransaksi melalui internet banking. Namun, jangan lupa untuk selalu mengupdate aplikasi antivirus jika memang ada update terbaru.

  • Hubungi bank jika Anda merasa ada yang aneh dengan riwayat perbankan online Anda

Tips selanjjutnya dari 11 tips aman menggunakan internet banking. Jika Anda secara tidak sengaja merasa telah mentransfer detail bank Anda ke orang lain, Anda disarankan untuk segera menghubungi bank tersebut. Karena ada kemungkinan detail informasi tersebut akan disalahgunakan oleh pihak yang berkepentingan untuk melakukan transaksi di rekening bank internet Anda.

Kemudian, jika transaksi sudah terjadi, Anda dapat mengurus administrasi bank dengan meminta pengembalian dana (jika memungkinkan) untuk jumlah yang hilang karena transaksi ilegal. Dan jika seluruh proses sudah selesai, segera ganti password rekening bank internet anda PIN.

  • Jangan download sembarangan jangan gunakan aplikasi smartphone

Terakhir, tip aman menggunakan Internet banking adalah tidak mengunduh atau menggunakan aplikasi smartphone secara sembarangan. Karena beberapa aplikasi seluler ini biasanya mengandung virus malware. Sehingga dapat menyerang perangkat seluler Anda mencuri beberapa informasi pribadi yang terkandung di dalamnya. Hal ini tentu sangat berbahaya. apalagi jika Anda juga sempat menyimpan informasi rekening bank internet Anda (user ID, password PIN) di ponsel Anda.

Nah, itulah tips aman internet banking yang perlu diperhatikan saat mengakses aplikasi internet banking. Jika ada yang tidak beres atau ada yang tidak beres dengan akun internet banking Anda. Anda tidak perlu ragu untuk menghubungi bank sesegera mungkin.

Inilah artikel tentang 11 tips aman menggunakan internet banking. semoga bermanfaat. Salam sukses.

  • Bagikan