Pengertian Rekening Koran Fungsi dan Cara Buat

  • Bagikan
Pengertian Rekening Koran
Pengertian Rekening Koran

Apa itu pengertian rekening koran Fungsi dan cara mengajukannya. Sebagian dari kita biasanya pernah mendengar namanya. Rekening koran yang berkaitan dengan perbankan rekening koran ini sebenarnya bisa diminta oleh oleh kita juga yang memiliki rekening di bank juga diminta oleh perusahaan. Rekening koran ini biasanya merupakan salah satu yang dijadikan syarat untuk mendapatkan visa. Atau mendapatkan tempat untuk wisata ke luar negeri. Jadi rekening koran ini sebenarnya adalah merupakan istilah dari bahasa Belanda. Ya itu aslinya berupa Courant.

Apa itu pengertian rekening koran

Rekening koran ini merupakan suatu ringkasan dari sebuah rekening bank tentang berbagai transaksinya yang terjadi dalam waktu tertentu.

Biasanya sampai 3 bulan ada rincian mengenai uang masuk keluar atau kredit dan debit. Termasuk uang dari daya yang masuk dari transfer atau juga transfer uang keluar. Atau juga pengambilan tunai secara langsung.

Pada zaman dahulu rekening koran ini hanya bisa diminta secara langsung di bank kemudian dicetak secara langsung. Saat ini Bisa dicek dengan menggunakan aplikasi. Meskipun bukan untuk dicetak tapi bisa dicek jumlah transaksinya. Tetapi karena rekening koran ini bermanfaat untuk banyak hal maka kita akan tetap membutuhkan untuk mencetak rekening koran.

Perbedaan cara membuat rekening koran

Secara umum di bank-bank tertentu maka kebijakan untuk mencetak rekening koran bisa berbeda dari bank lainnya. Ada bank – bank yang Bahkan mengirimkan rekening koran ini kepada nasabah setiap bulannya berupa laporan secara rutin. Tetapi ada juga yang baru memberikan jika nasabahnya yang meminta.

Bahkan lagi untuk pengajuan rekening koran terkadang bisa memerlukan waktu beberapa hari. Alasannya karena pihak bank akan memerlukan tanda tangan atau cap persetujuan khusus dari atasan mereka dari pejabat bank senior.

Meskipun begitu jika kita tidak memerlukan rekening koran. Kita tetap bisa mengetahui transaksi yang telah kita lakukan dengan melihat di aplikasi mobile perbankan kita. Namun jika anda memerlukan pencetakan rekening koran secara langsung maka anda perlu untuk datang langsung ke kantor Bank terdekat.

Keuntungan membuat rekening koran

Memahami pengertian rekening koran dan keuntungan untuk mencetak rekening koran. Pertama adalah kita bisa menggunakannya untuk mencari visa jika ingin berlibur atau dinas ke luar negeri. Ada negara-negara yang tidak ingin wisatawan atau orang yang datang ke negaranya tidak punya uang. Karena itu mereka perlu membuktikannya dengan rekening koran sebelum memberikan visa kepada orang tersebut. Anda akan keluar negeri? mengerti cara membuat rekening koran menjadi sangat penting.

Secara umum untuk mendapatkan visa biasanya Pihak yang memberikan bisa meminta berbagai informasi yang bisa menggambarkan kondisi kita. Tentu termasuk kondisi finansial atau keuangan kita. Tujuannya mereka bisa memastikan bahwa jika kita datang maka kita akan mampu membayar uang untuk pulang kembali ke negara kita.

Beberapa syarat yang biasanya diminta antara lain selain rekening koran. Mungkin adalah surat pemberitahuan pajak SPT PPH pajak penghasilan PPH 21. Kemudian ada juga slip gaji kemudian surat pajak bumi dan bangunan PBB. Serta ada juga daftar riwayat dari transaksi kita yang selama 3 atau 6 bulan terakhir. Daftar riwayat transaksi ini bisa kita lihat juga atau kita dapatkan dari pencetakan rekening koran rekening bank kita.

Fungsi rekening koran

Pengertian rekening koran khususnya pada fungsinya. Pada dasarnya fungsi rekening koran itu sama seperti yang fungsi dari sebuah buku tabungan yang kita cetak. Fungsinya yaitu menampilkan daftar transaksi yang terjadi dalam kurun waktu tertentu. Jika buku tabungan kita ganti setiap tahun maka rekening koran akan menampilkan transaksi kita sekitar 3 bulan biasanya.

Berbagai informasi yang bisa kita dapatkan antara lain saldo awal atau akhir bulan. Kemudian arus transaksinya. Termasuk debit kredit uang keluar masuk. Kemudian bunga bank yang kita dapatkan dan juga potongan biaya administrasi. Cara membuat rekening koranperlu dipelajari karena fungsinya yang banyak.

Tetapi meskipun rekening koran hanya terbatas menampilkan daftar selama 3 bulan rekening koran memiliki detail yang lebih banyak. Misalnya pesan yang kita cantumkan saat transaksi kita dan juga beberapa detail lain yang tidak ada di buku tabungan.

  • Rekening koran bisa sebagai bukti hukum

Karena rekening koran ini dikeluarkan oleh pihak bank termasuk dengan berbagai detail transaksinya maka bisa dipergunakan sebagai bukti hukum. Misalnya anda membayar ke toko online tetapi mereka menyatakan belum menerima pembayaran dan barang belum dikirim. Maka rekening koran Anda bisa anda gunakan untuk membuktikan bahwa anda sudah membayar.

  • Rekening koran bisa dijadikan dasar untuk mengajukan pinjaman

Biasanya riwayat transaksi keuangan kita selama beberapa bulan terakhir akan diminta jika mengajukan pinjaman. Misalnya pinjaman pembelian rumah KPR. Kredit kendaraan bermotor KKB. Bank akan meminta riwayat keuangan kita yang tentu saja bisa kita dapat dari rekening koran.

Selain itu rekening koran juga bisa kita gunakan jika kita memiliki beberapa permohonan tentang finansial yang lain. Bahkan bagi Anda yang bukan pegawai perusahaan rekening koran akan dibutuhkan untuk memperlihatkan bahwa anda memiliki keuangan yang sehat.

  • Rekening koran untuk mengikuti lelang

Salah satu fungsi pengertian rekening koran lain adalah jika kita berminat mengikuti lelang. Karena pihak yang melakukan lelang biasanya menginginkan bukti bahwa kita memiliki dana yang cukup.

Fungsi yang lain dari rekening koran adalah untuk melakukan audit pada keuangan perusahaan. Alasannya karena dari rekening koran ini akan terlihat transaksi-transaksi yang telah dilakukan di perusahaan tersebut.

Cara buat rekening koran

Cara mengajukan rekening koran sangat mudah kita hanya perlu datang ke bank yang di mana kita memiliki rekening. Rekening koran ini tidak bisa kita akses secara langsung online karena ini adalah dokumen yang perlu stempel atau legalisir dari pihak bank yang bersangkutan. Untuk persyaratan untuk memperoleh rekening koran.

  • Beberapa persyaratan untuk cara membuat rekening koran

yang pertama adalah buku tabungan asli jadi buku tabungan asli.

Ini kita butuhkan Jika kita ingin mencetak rekening koran kita menunjukkannya kepada petugas teler.

yang kedua adalah membawa Kartu Tanda Penduduk atau KTP.

Identitas ini akan dicocokkan dengan identitas yang ada di buku tabungan. Jika tidak ada KTP maka kita mungkin bisa mempergunakan SIM atau Surat Izin Mengemudi.

Syarat lainnya adalah menggunakan kartu debit. Kartu debit bisa digunakan sebagai bukti untuk kepemilikan sebuah rekening bank. Bisa kita bawa jika ingin mencetak rekening koran.

Biaya print rekening koran

Bank memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Karena Sesuai dengan standar operasi mereka yang berbeda juga. Untuk bank BCA misalnya 2500 per lembar. Bank Permata 10 ribu rupiah per lembar. Bank Mandiri 2500 per lembar untuk transaksi 3 bulan terakhir dan Rp5.000 per lembar untuk transaksi 6 bulan terakhir. Untuk bank BNI adalah rp2.500 per lembar sampai dengan Rp3.000 per lembar. Bank BRI biayanya Rp25.000 per lembar untuk transaksi lebih dari 12 bulan.

Selain datang langsung ke pihak ke kantor Bank maka kita bisa melihat rekening kita transaksinya dengan menggunakan mobile aplikasi. Memang kalau melihat di aplikasi kita tidak bisa mendapatkan stempel meskipun kita mencetaknya. Itulah pengertian rekening koran cara dan syarat untuk mendapatkannya semoga bermanfaat terima kasih.

  • Bagikan