Cara Beternak Lele Sukses Tips dan Panduannya

  • Bagikan
Cara Beternak Lele Sukses
Cara Beternak Lele Sukses

Cara beternak lele sukses. Tips dan panduan seluk-beluk budidaya ikan lele mulai dari modal hingga untung yang bisa didapatkan. Budidaya ikan lele saat ini telah menjadi salah satu trend ide bisnis yang banyak dilakukan orang. Alasannya karena cukup mudah untuk diternakkan. Dan, juga modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Tetapi ikan lele ini bisa menjanjikan keuntungan yang cukup bagus.

Tidak perlu dasar bisnis

Selain itu peternak ikan lele juga tidak memerlukan pengalaman dalam berbisnis sebelumnya. Jadi sekarang banyak masyarakat yang menginginkan memiliki usaha tetapi dengan modal terbatas. Akhirnya banyak juga memutuskan untuk menggeluti bisnis peternak ikan lele. Kini terbukti bahwa para pemula banyak yang akhirnya sukses. Dan, mendapatkan untung dari budidaya ikan lele yang sebenarnya mudah untuk dijalankan.

Saat ini penggemar masakan ikan lele masih sangat banyak dan juga membuat bisnis ini masih memiliki prospek yang cerah kedepan. Kita pun masih bisa membangun bisnis ini dan masih bisa juga mendapatkan kesempatan untuk memasarkan hasil panen kepada distributor.

Biaya beternak lele dirumah

Peternakan ini kita hanya perlu modal sekitar 2 juta untuk memulai. Untuk biaya operasional dan juga modal dari awal. Untuk membeli bibit keperluan ternak dan sebagainya kita memerlukan uang yang tidak terlalu banyak. Totalnya hanya berada di angka sekitar 2 jutaan rupiah saja.

  • Terpal

Pertama yang kita butuhkan adalah dua buah terpal. Yang ukurannya masing-masing harganya sekitar Rp600.000. Kemudian kita juga perlu membuat kerangka kolam. Kerangka kolam ini bisa kita buat misalnya dari bambu harganya juga tidak mahal. Tetapi bambu kuat dengan harga sekitar maksimalnya sekitar Rp300.000.

Untuk pengikat bambu seperti paku dan keperluan lainnya biaya-biaya tambahan ini sekitar Rp50.000. Jadi total dana yang kita butuhkan untuk sementara ini baru mencapai rp950.000 atau di bawah Rp1.000.000.

  • Biaya bibit lele

Kemudian selanjutnya yang kita perlukan adalah membeli bibit ikan lele. Untuk bibit ikan lele Biasanya kita akan memerlukan sebanyak 2000 ekor. Harganya sekitar Rp500.000.

  • Biaya pakan lele

Kemudian setiap hari kita akan memberi pakan ikan. Pakan ikan ini biayanya sekitar Rp500.000 juga untuk setiap bulan.

  • Biaya beternak lele dirumah – vitamin dan obat

Yang ketiga memerlukan vitamin dan juga obat untuk ikan lele karena vitamin ini dan obat ini penting supaya lele sehat dan cepat besar. Harganya hanya sekitar Rp100.000.

Jadi biaya untuk budidaya ikan lele ini sampai sekarang yang terhitung adalah 1,1 juta rupiah. Sehingga jika ditambah dengan biaya pembuatan kolam maka harganya adalah sekitar 2 jutaan rupiah saja.

Biaya ini yang kita perlukan saat di depan atau saat memulai operasional. Saat sudah akan panen maka kita juga akan memerlukan biaya operasional lainnya. Meskipun, jumlahnya tidak terlalu banyak.

Setelah mengetahui modal yang diperlukan maka anda bisa mulai mengetahui bagaimana caranya untuk memulai beternak lele yang baik dan sukses.

Cara beternak lele sukses

Ilmu untuk beternak lele ini termasuk ilmu yang penting. Karena tentu saja setiap peternak ikan ini memiliki karakternya sendiri-sendiri. Dan jika salah dalam pemeliharaan maka ikan-ikan lele bisa mati sebelum dipanen.

  1. Yang pertama adalah tentang cara membuat kolam

Kita harus menjaga suhu air dalam kolam antara 20 sampai 28 derajat Celcius. Untuk urusan suhu ini kita bisa membuat kolam yang tidak terlalu dalam tetapi juga tidak terlalu dangkal. Tujuannya sinar matahari nya masih bisa membuat suhu kolam menjadi di antara 20 sampai 28 derajat Celcius.

Yang kedua adalah kondisi airnya sebaiknya keruh dan berlumpur dan bukan air yang bening. Jika perlu kita tidak bisa menambahkan enceng gondok atau talas di dalamnya. Cara ini juga sekaligus bisa menghilangkan racun atau meresapkan Racun yang masuk ke air. Tambahan lagi tanaman-tanaman tersebut bisa menjadi tempat berteduh bagi ikan lele.

  1. Yang kedua adalah memilih bibit lele yang unggul

Bibit lele yang unggul untuk ikan pejantan adalah perutnya ramping. Kemudian kepala yang cenderung pipih serta memiliki warna lebih hitam dan gerakan berenangnya lincah.

Untuk lele yang betina yang ciri utamanya adalah ukuran perutnya yang lebih besar tetapi ukuran dibandingkan dengan ukuran punggungnya. Memiliki bentuk cenderung cembung serta gerakannya agak lebih lambat daripada yang jantan. Kelamin betina lebih bulat dari jantan yang lebih runcing.

  1. Cara beternak lele sukses – memindah bibit saat akan kawin

Yang jantan kelaminya cenderung merah dan yang betina kuning. Setelah dibuahi benih menetas. Saat ini benih bisa dipindahkan ke tempat khusus supaya tumbuhnya lebih baik. Kita bisa pindahkan ke kolam utama tetapi jangan memindahkan langsung dengan jaring karena ikannya bisa menjadi stres. Yang benar adalah kita memindahkannya dengan ember yang berisi air. Ikan ini tidak boleh tersentuh secara langsung.

Kemudian pemindahan juga di pagi atau malam hari. Cara kita bisa mengurangi debit air di kolam sekitar sampai 10 atau 20 cm. Cara ini bisa membuat ikan lebih beradaptasi terlebih dahulu. Dan setelah 24 jam maka kita baru pindahkan ikannya ke kolam yang baru.

  1. Memastikan kondisi airnya bersih

  2. Yang kelima adalah kita memberi pakan ikan secara rutin

Jenisnya adalah sentra 7811 makan sekitar 3 kali sehari antara pukul 7, 17 dan 22. Tetapi jika di kolam banyak ikan yang mendengarkan kepala maka porsi makannya bisa ditambah. Begitu jika kebanyakan maka jumlah yang makanan yang tidak termakan bisa menimbulkan penyakit di air kolam tersebut.

Lele yang siap panen biasanya umurnya 3 sampai 4 bulan. Kemudian Ciri fisiknya panjangnya antara 7 sampai 12 cm jadi ukuran ini adalah yang paling banyak di perjualkan di Indonesia. Ciri lain yang siap dipanen adalah air kolam menjadi kemerah-merahan. Jika semua ciri tersebut sudah ada maka ikan bisa segera dipanen. Segera Anda mengembangkan bibit yang baru. Demikianlah tips tentang ini semoga bermanfaat terima kasih.

  • Bagikan