Prinsip Ekonomi Manfaat serta Contoh dalam Kehidupan

  • Bagikan
Prinsip ekonomi manfaat serta contoh
Prinsip ekonomi manfaat serta contoh

Prinsip ekonomi manfaat serta contoh dalam kehidupan sehari-hari . Pada saat kita masih sekolah teori ekonomi saat itu mungkin terdengar jauh atau masih asing untuk kita aplikasikan. Tetapi kini setelah kita bekerja dan Bertambah Umur prinsip-prinsip tersebut sebenarnya sudah diterapkan oleh semua orang baik sadar atau tidak.

Dari kehidupan sehari-hari seseorang kita bisa melihatnya mulai dari Apakah seseorang ingin berhemat karena ingin membeli sesuatu. Atau bisa juga ada orang lain yang bekerja memilih pekerjaan. Apakah dia jika memilih menggunakan prinsip-prinsip ekonomi.

Prinsip ekonomi manfaat serta contoh dalam kehidupan sehari-hari

Prinsip ekonomi bahkan bisa dipergunakan untuk mengatasi permasalahan ekonomi di sebuah negara. Intinya prinsip ini sebenarnya adalah panduan dalam kegiatan ekonomi. Yang, tujuannya mencapai perbandingan yang rasional antara pengorbanan yang perlu kita lakukan dengan hasil yang bisa kita dapatkan. Atau dalam bahasa lain yang biasa kita kenal adalah pengorbanan yang sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil yang sebesar-besarnya.

Sekarang beberapa prinsip-prinsip ekonomi yang gunakan atau sudah kita gunakan baik secara sadar atau tidak sadar. Manfaat dari prinsip ekonomi pada satu sisi adalah memberikan persaingan sehat antara satu orang dengan yang lainnya. Prinsip ini juga digunakan untuk mendapatkan kualitas yang sesuai dengan para pelaku ekonomi. Prinsip-prinsip ekonomi juga perlu kita gunakan supaya tidak berusaha yang tidak perlu atau yang sia-sia. Kemudian kita juga bisa mencapai tingkat kemakmuran yang kita harapkan.

Prinsip ekonomi penting yang kita terapkan di kehidupan sehari-hari.

  • Yang pertama adalah keputusan yang membutuhkan pengorbanan atau trade-off.

Seperti yang kita sebut kan pertama prinsip ini adalah bahwa untuk mendapatkan sesuatu akan memerlukan pengorbanan dari pelaku ekonomi. Keuntungannya mungkin belum bisa dirasakan pada masa awal. Tetapi kita akan mendapatkannya ke belakang. Karena itulah kita harus memikirkannya secara matang.

Contoh dalam prinsip seperti ini adalah memilih sarana transportasi yang kita gunakan dalam pekerja sehari-hari. Apakah kita memilih untuk transportasi umum yang murah. Ataukah menggunakan kendaraan pribadi yang lebih mahal tetapi lebih nyaman.

Kemudian kalau menggunakan kendaraan pribadi. Menggunakan kendaraan yang harus mengisi bahan bakar kemudian perawatan dan sebagainya. Dan ada biaya yang lain-lainnya misalnya untuk kerusakan. Untuk menggunakan angkutan umum kita hanya perlu uang saat membayar saja.

Tetapi setiap pilihan tentunya Ada pertimbangannya Apakah kita akan nyaman. Apakah sampai di kantor tidak capek. Ataukah kita akan ada macet. Apakah gaji tidak habis dengan sia-sia dan sebagainya.

  • Prinsip ekonomi penting kedua adalah membayar sebuah biaya untuk mendapat kesempatan atau opportunity cost.

Apa arti oportunity cost ini adalah Apakah kita akan mengambil kesempatan tetapi kesempatan itu kita ambil dengan biaya. Barangkali kesempatan itu juga tidak datang untuk kedua kalinya. Yang bisa dijadikan contoh adalah: Apakah kita akan membayar melanjutkan sekolah atau tidak.

  • Yang ketiga adalah pemikiran rasional pada keuntungan atau marginity.

Kemudian Apakah jika sekolah di luar negeri 1 tahun apakah akan diperpanjang 2 tahun. Keuntungannya untuk memperpanjang 2 tahun mungkin akan mendapat izin tinggal tetap. Izin tinggal tetap ini bisa untuk digunakan bekerja di luar negeri yang gajinya lebih besar. Tetapi selama 1 tahun itu kita juga akan mengeluarkan biaya lebih banyak.

  • Yang keempat adalah tanggapan masyarakat atas insentif.

Makanya ini adalah tanggapan dari masyarakat atau seseorang individu dan adanya insentif. Perilaku masyarakat atau individu apa yang sesuai dengan insentif yang didapatkan. Jadi Contohnya adalah jika harga buah jeruk naik maka orang akan beralih membeli buah yang lain misalnya apel yang harganya tidak naik.

  • Prinsip ekonomi penting – aktivitas dagang yang menguntungkan berbagai pihak.

Aktivitas seperti ini biasanya juga dilakukan oleh sebuah negara misalnya sebuah negara sebagai produsen. Negara ini memiliki produksi jenis bahan tertentu yang kemudian ia memproduksinya dengan kualitas yang sangat bagus.

Kualitas yang sangat bagus ini kemudian mereka bisa menjualnya dengan harga serendah mungkin. Dengan tujuan tentu saja untuk menguasai pasar. Dan tentu akhirnya mendapatkan keuntungan setinggi-tingginya.

  • Yang ke-6 adalah pasar merupakan tempat yang paling baik dalam melakukan aktivitas ekonomi.

Pasar adalah Tempat bertemunya pembeli dengan produsen. Atau produsen yang merupakan kepanjangan tangan dari perusahaan-perusahaan yang produksi barang yang dijual. Aplikasi prinsip ini misalnya adalah saat pemerintah menetapkan pajak. Pajak yang tinggi atau dianggap rendah oleh masyarakat maka akan juga berpengaruh pada transaksi antara konsumen dan produsen yang terjadi di pasar.

  • Prinsip ekonomi penting tentang peran pemerintah dalam mengelola pasar dan tanggung jawabnya.

Pemerintah memiliki hak penuh melakukan intervensi kepada aktivitas ekonomi. Terutama pada saat-saat ketika aktivitas ekonomi tersebut sudah dianggap memprihatinkan. Tujuan utama dari intervensi ini adalah memperbaiki pasar. Sehingga seluruh lapisan masyarakat bersama-sama bisa mendapatkan kesejahteraan dan aktivitas ekonomi mereka berjalan dengan baik.

Salah satu Prinsip ekonomi manfaat serta contoh tentang intervensi pemerintah adalah. Tentang menerapkan pajak karbon yang diberlakukan bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki emisi tinggi. Tentunya di atas karbon ini juga akan mempengaruhi pada jual beli di pasar oleh masyarakat.

  • Nomor 8 adalah standar Hidup tergantung pada kapasitas individu menghasilkan barang

Semakin tinggi kapasitas untuk menghasilkan barang tentu saja standar hidup akan semakin tinggi juga. Begitu-begitu juga standar hidup suatu negara akan lebih tinggi jika kemampuan menghasilkan barang suatu negara lebih tinggi.

  • Prinsip yang ke-9 ini adalah pencetakan uang yang berlebihan menimbulkan inflasi

Jika uang yang dicetak oleh pemerintah terlalu banyak maka akan bisa mengakibatkan inflasi. Inflasi adalah penurunan nilai uang yang dikarenakan jumlah uangnya terlalu banyak dan harganya menjadi tidak bagus. Inflasi ini pada akhirnya akan menimbulkan kenaikan harga.

  • Ke-10 adalah trade off antara antara inflasi dan lapangan pekerjaan dalam jangka pendek.

Kita mengetahui jika terjadi inflasi maka jumlah lapangan kerja pun akan menurun selain harga yang naik. Tetapi penurunan ini biasanya memang hanya terjadi dalam jangka pendek. Begitulah Prinsip ekonomi manfaat serta contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat terima kasih.

  • Bagikan