Cara Setor Tunai di ATM BRI dan Tips Bertransaksi Aman

  • Bagikan
Cara Setor Tunai di ATM BRI
Cara Setor Tunai di ATM BRI

Cara setor tunai di ATM BRI tips bertransaksi aman. Ini kita bisa menyetor uang langsung ke rekening kita sendiri melalui mesin CDM atau ATM setor tunai. Jadi nggak perlu lagi melakukannya Di bank dan mengantri mesin setor tunai.

Mesin CDM biasanya tersedia di cabang Bank BRI khusus. Umumnya di kantor yang nasabahnya banyak.

Cara setor tunai di ATM BRI

Menggunakan mesin CDM biasanya sama seperti mesin ATM. Kita memerlukan kartu ATM dan juga memasukkan nomor PIN untuk melakukan setor.  Perbedaannya mesin ini memiliki tempat untuk memasukkan uang. Yaitu ada lubang yang akan terbuka jika kita memilih menu untuk memasukkan uang dan uang kita akan kita taruh di sana.

Cara menyetor uang tunai di ATM BRI Yang pertama:

  • Kita menyiapkan uang yang akan kita masukkan

Pastikan untuk menghitung uang tersebut ya supaya lengkap dan pastikan juga semua uangnya dalam jenis yang sama. Misalnya semuanya Rp50.000 atau Rp100.000.

Pastikan juga uang tersebut tidak dalam keadaan sobek terlipat atau ada terkena steples yang akan menyulitkan penghitungan uangnya oleh mesin.

  • Kemudian silahkan mengunjungi kantor ATM BRI setor tunai yang paling dekat dari rumah anda

Setelah itu silahkan menuju mesin ATM yang ada Setor tunainya karena di bank tersebut biasanya ada beberapa mesin ATM sekaligus tetapi mesin setor tunainya hanya ada satu atau dua. Silakan memilih jenis bahasa yang hendak digunakan misalnya bahasa Indonesia.

  • Cara setor tunai di ATM BRI memasukkan nomor PIN

Nomor ini hanya bisa dimasukkan 3 kali berturut-turut. Jika salah maka kartu ATM akan diblokir. Silakan memasukkan nomor PIN dengan benar kemudian Anda memilih menu setor tunai.

Sekali lagi silakan Memastikan kondisi uang yang akan kita setorkan. Apakah semua jenisnya sama misalnya uang Rp50.000 atau pecahan Rp100.000. Tes Selain itu uang tersebut juga tidak boleh terlipat sobek atau kena staples. Karena mesinnya akan kesulitan menghitung jumlahnya.

Tambahan lagi, jika uang kita bukan pecahan Rp50.000 atau Rp100.000 maka mesin ATM setor tunai tidak bisa menerima. Selanjutnya mesin akan membuka tutup yang merupakan tempat untuk memasukkan uang.

Pastikan uang kita masukkan dalam posisi yang benar. Pastikan juga tidak kusut tidak basah tidak lengket satu sama lain sehingga uang tersebut tidak ditolak saat disetor. Setelah ini mesin CDM ( Cash Deposit Machine )secara otomatis akan menghitung uang yang kita masukkan. Kita hanya tinggal menunggu saja.

  • Pastikan jumlahnya sesuai

Jika di mesin ATM menampilkan jumlah yang sesuai dengan yang kita masukkan maka kita tinggal pilih menu setor. Jika ATM menampilkan jumlah berbeda dari yang kita setor maka kita bisa klik cancel atau batalkan.

Kemudian kita bisa kembali uang kita kita atur lebih rapi dan kita masukkan lagi. Tetapi jika ternyata ada uang yang lengket satu dengan yang lain sebaiknya kita ganti karena bagaimanapun nantinya mesinnya akan salah menghitungnya. Kini, Cara setor tunai di ATM BRI telah selesai.

Tips untuk cara bertransaksi aman dengan mesin ATM setor tunai

Masalah dengan mesin ATM biasanya adalah soal praktek skimming. Ini adalah praktek untuk menduplikasi data ATM yang tujuan akhirnya adalah mencuri uang yang ada di dalam buku tabungan. Menjaga kerahasiaan PIN biasanya belum cukup dan perlu melakukan beberapa hal yang lain.

Pertama memperhatikan alat ATM yang akan kita gunakan. Mesin ATM Terkadang ada yang menempeli alat penduplikat data ATM atau skimmer.

Salah satu cara bertransaksi aman dengan mesin ATM yang penting adalah menghindari pencurian data. Alat skimming ini dibuat dengan sangat rapi dan terkadang mirip seperti aslinya atau terlihat seperti memang sudah menjadi bagian dari mesin ATM nya. Langkah-langkah yang perlu kita lakukan sebelum melakukan transaksi di ATM langkah-langkah mencegah scanning.

  • Satu memperhatikan secara khusus mesin ATM-nya

Pastikan bahwa tidak ada alat-alat tambahan yang terlihat mencurigakan yang ditempelkan di mesin tersebut. Tempat masuk kartu sampai dengan tempat keluar uang dan juga di dekat tombol kita biasanya mengetikkan pin.

  • Yang kedua memperhatikan lokasi ATM

Silahkan pergunakan mesin ATM yang lebih ramai yang lebih banyak dipergunakan orang lain. Biasanya mesin ATM di tempat sepi akan memberikan peluang lebih besar bagi orang untuk memasang alat skimmer . Yang ramai maka kesempatan akan menjadi lebih kecil.

  • Cara bertransaksi aman dengan mesin ATM dengan ganti pin ATM teratur

Menggandakan data dari ATM membutuhkan waktu. Jika PIN atau password anda ganti secara berkala maka mungkinPIN anda sudah diganti sebelum data Anda mereka ketahui.

  • Yang keempat silahkan mengganti kartu ATM model terakhir yang menggunakan chip atau lempeng data digital untuk pengaman

Saat ini di Indonesia Bank Indonesia telah mewajibkan bank bank yang menerbitkan kartu ATM untuk mengganti kartu ATM magnetic menjadi dengan teknologi chip karena lebih aman. Demikianlah artikel mengenai cara setor tunai di ATM BRI semoga bermanfaat

  • Bagikan