Cara Mencetak di Laptop di Segala Sistem Operasi

  • Bagikan
Cara Mencetak di Laptop Semua Operating System
Cara Mencetak di Laptop Semua Operating System

Cara mencetak di laptop Anda membeli printer baru, dan setelah Anda mengeluarkannya dari kotak dan menghubungkannya ke listrik dan komputer. Anda mencoba untuk mencetak halaman percobaan. Sayangnya, Anda tidak dapat melakukan ini karena setelah mengirim input dari komputer, printer tidak merespons dan tidak terjadi apa-apa.

Masalah perangkat lunak yang sepele dapat diselesaikan hanya dalam beberapa langkah. Jadi, kami menyajikan metode printer laptop yang akan saya tunjukkan untuk mencetak dari komputer ke printer dengan Windows atau Mac.

Cara mencetak di laptop di semua sistem operasi

  • Instal printernya

Untuk mencetak dari komputer ke printer, printer harus terpasang dengan benar di komputer. Dalam hal ini, dalam bab-bab berikut, kami akan menunjukkan kepada Anda caranya. Cara menginstal driver printer melalui fungsi sistem operasi yang digunakan pada komputer Anda. Dan, dengan mendownload driver dari situs web produsen.

  • Instalasi driver otomatis

Sistem operasi Windows dan macOS dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan penginstalan driver otomatis tanpa perlu interaksi pengguna. Di Windows, saat printer terhubung ke komputer melalui kabel USB, printer harus kompatibel.

Bahkan setelah menyalakan printer dan menghubungkannya ke port USB PC melalui kabel, sebuah layar muncul di sudut kanan bawah, memperingatkan bahwa sistem operasi sedang menginstal dan mengonfigurasi perangkat.

Menggunakan Wifi di Windows

Namun, untuk printer yang terhubung ke jaringan (Ethernet  atau Wi-Fi), cara konfigurasi printer yang harus diikuti berbeda. Pertama, luncurkan panel Pengaturan Windows 10. Ada 2cara baik dengan menekan tombol Windows + i atau dengan menekan tombol Mulai dan mengklik ikon dengan ikon roda gigi. Tempatnya ada di menu konteks yang Anda lihat.

Setelah selesai, klik pada item Perangkat dan pilih, di bilah sisi kiri, item Pencetak dan Pemindai. Pada titik ini, klik tombol “Tambahkan printer atau pemindai” untuk mencari perangkat. Jika proses berjalan dengan benar, maka Anda akan menemukan printer di hasil. Silahkan klik untuk kemudian konfigurasi akan berjalan secara otomatis. Silahkan tunggu hingga selesai.

Cara konfigurasi printer di Windows

Di versi Windows sebelum 10, panel konfigurasi yang sama dapat diakses dengan membuka Start > Control Panel > Hardware and Sound dan mengklik item Add Printer. macOS bekerja mirip dengan Windows saat printer terhubung ke Mac Anda melalui kabel USB, yang seharusnya kompatibel dengan komputer Anda di rumah atau di kantor.

Cara mencetak di laptop Menggunakan Mac

Bahkan, secara otomatis dikenali oleh sistem operasi,. OS kemudian mengunduh driver yang diperlukan untuk konfigurasi yang benar dari Internet agar terhubung dengan benar. Jika Anda menghubungkan pencetak ke jaringan dan Mac Anda tidak mengenalinya. Buka System Preferences dengan mengklik ikon dengan apel kecil di bilah menu (kiri atas).

Pada titik ini, pada layar yang ditunjukkan kepada Anda, tekan tombol Printers & Scanners untuk mengakses panel manajemen perangkat ini. Di bilah sisi kiri, ketuk ikon +. Dan, pada layar yang Anda lihat, ketuk tab IP.

Pada titik ini, pilih protokol AirPrint dan ketikkan IP lokal atau nama host printer. Andaikata Anda tidak tahu cara menemukan alamat IP printer Anda, kami ada panduannya. Silahkan Anda membaca panduan kami yang didedikasikan untuk topik ini.

Cara konfigurasi printer lanjut di MacOS

Kemudian tekan tombol Tambah untuk menyelesaikan konfigurasi dan penginstalan printer di macOS. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara menginstal printer di Mac. Kami menyediakan cara yang baik untuk menghubungkan kabel USB dan melalui berbagai jenis koneksi kabel.

Menghubungkan komputer Anda ke printer lebih mudah dari sebelumnya karena kita maju di era teknologi inovatif, tetapi tampaknya jumlah, warna, ukuran, dan kerumitan semua kabel dapat hilang dalam terjemahan.

Bahkan ketika Anda berpikir Anda memahami menghubungkan titik A ke titik B, dibutuhkan lebih dari sekadar mencolokkan dan mengeluarkan untuk mendapatkan hasil yang benar. Demikian artikel yang kami sajikan tentang cara mencetak di laptop, semoga bermanfaat untuk anda.

  • Bagikan