Cara Ganti Nama BPKB Mobil Tanpa Perantara

Cara Ganti Nama BPKB Mobil
Cara Ganti Nama BPKB Mobil

Cara Ganti Nama BPKB Mobil – Yuk simak ulasan berikut ini, jika Anda ingin membeli mobil untuk digunakan, ada beberapa hal yang perlu Anda pikirkan. Salah satu dokumen penting yang harus diperhatikan adalah pemilik kendaraan atau BPKB. Proses penggantian aset mobil legal dari mobil asli milik atas nama-nama.

Cara Ganti Nama BPKB Mobil Tanpa Perantara

Cara mengganti nama bpkb mobil tidak hanya dibelakang nama tetapi juga nomor mobil atau abjad STNK. Dokumen tersebut akan menjadi 100 persen kepemilikan Anda dengan menuliskan nama kendaraan. Untuk membuat nama untuk properti majemuk, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam kursus.

Anda akan mengetahui rincian biaya yang diperlukan untuk merawat mobil dan menghemat uang. Buka nama langsung di kantor Samsat terdekat. Namun, sebelum sampai di kantor Samsat, diperlukan beberapa persyaratan untuk memudahkan proses perubahan proses.

  • Siapkan STNK asli beserta salinannya
  • Siapkan KTP pemilik baru beserta fotokopinya
  • Membuat copy BPKB untuk kendaraan di belakang nama
  • Siapkan salinan surat pengesahan dari pemeriksaan fisik kendaraan
  • Siapkan fotokopi kwitansi yang ditandatangani oleh penjual dan pembeli kendaraan bermaterai Rp. 6000.
  • Melakukan pemeriksaan fisik kendaraan yang sudah tersedia di Samsat
  • Ikuti proses pendaftaran dan langsung ikuti proses pembayarannya
  • Anda hanya perlu menunggu BPKB atau STNK baru selesai.
BACA JUGA:   Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di WA

Menyiapkan dokumen yang diperlukan

  • Datanglah ke Samsat

Cara ganti nama bpkb mobil selanjutnya. Jika Anda sudah melengkapi semua dokumen. Anda tinggal membawanya ke Samsat. Sebelum berangkat, terlebih dahulu harus mencari alamat kecamatan samsat yang tertera di BPKB. Hanya Samsat BPKB yang dapat melayani angkutan kendaraan tersebut.

  • Cek kondisi fisik kendaraan

Proses pengecekan kondisi fisik kendaraan dilakukan oleh petugas Samsat. Pada titik ini, penyetel melewati ban dan nomor mesin ke kendaraan. Selain itu, hasil cek akan dikirimkan kepada Anda dan harus ditunjukkan ke konter.

  • Cara Ganti Nama BPKB Mobil, Isi formulir di konter

Syarat selanjutnya untuk membalik nama mobil adalah mengisi formulir. Formulirnya ada di loket jadi balik lagi ke loket. Di loket, Anda harus menyerahkan hasil kondisi fisik kendaraan dan meminta formulir. Jenis formulir yang harus diminta dan diisi untuk pemindahan dan pemindahan nama kendaraan.

  • pemulihan data

Dapat dikatakan bahwa ini adalah tahap terakhir dari proses transmisi kendaraan. Anda perlu menunggu sekitar seminggu agar mobil siap diambil. Proses pengambilan ini berlangsung di kantor Samsat tempat Anda mengajukan permohonan nama kendaraan.

Rincian biaya pendaftaran BPKB kendaraan

Biaya pendaftaran khusus yang berlaku untuk setiap Samsat biasanya berkisar antara angka 75 hingga 100 ribu. Biaya ini merupakan salah satu biaya pertama yang harus disiapkan dan dibayarkan. Anda dapat mulai menabung untuk bpkb. Pengeluaran berupa:

  • Biaya Transfer Kendaraan Bermotor (BBN-KB)

Cara ganti nama bpkb mobil berikutnya adalah membayar besaran retribusi kendaraan bermotor. Jumlah yang harus dikeluarkan berbeda-beda di setiap daerah. Biaya ini dihitung dari persentase kecil dari harga pembelian kendaraan. Untuk dapat mengetahui jangkauannya, Anda bisa mengetahuinya di Samsat terdekat.

  • STNK.Biaya Administrasi

Total biaya menjalankan mobil STNK sangat murah. Biaya yang harus dikeluarkan hanya Rp. 50000.

  • Komponen Biaya pendaftaran BPKB dari Pajak Motor (PKB)

Biaya lain yang harus dibayar adalah pajak kendaraan bermotor. Jumlahnya bisa dilihat di STNK. Besaran pajak kendaraan yang harus dikeluarkan setiap tahun adalah sama, atau bisa berkurang seiring bertambahnya usia kendaraan.

  • Proses Penerbitan BPKB, STNK, TNKB dan Surat Mutasi

Total biaya penggantian kendaraan yang dibutuhkan adalah sekitar 925.000 rupiah. Rincian biaya ini terdiri dari penerbitan STNK sebesar Rp 200.000, TNKB sebesar Rp 100.000, BPKB sebesar Rp 375.000 dan biaya surat lonjakan sebesar Rp 250.000.

BACA JUGA:   Cara Mematikan Centang Biru di WA

Demikian ulasan lengkap cara ganti nama bpkb mobil. Karena caranya sangat mudah, anda bisa merawatnya sendiri tanpa harus menggunakan perantara. Rincian biaya saat mengganti nama, yang telah dijelaskan di atas, dapat membantu Anda berhati-hati saat mengaturnya.