Cara Bayar Pajak Kendaraan di Jakarta
Cara Bayar Pajak Kendaraan di Jakarta

Cara Bayar Pajak Kendaraan di Jakarta, Silahkan Disimak

Cara Bayar Pajak Kendaraan di Jakarta – Yuk simak ulasan kali ini, bayar pajak kendaraan semakin mudah apalagi di perkotaan dengan digitalisasi. Sejalan dengan itu, Samsat juga telah menerapkan metode online untuk cara pembayaran pajak mobil dan motor. Oleh karena itu, pemilik tidak perlu bersusah payah untuk melaksanakan tanggung jawab yang bersangkutan.

Cara Bayar Pajak Kendaraan di Jakarta Online

Selain itu, pajak mobil khusus tetap dibayarkan di Jakarta pada pemerintah untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 melalui PPKM. Mobil berbaris di lokasi tertutup di Jalan Salimba Raya di Jakarta Pusat. Kemacetan panjang terjadi dari Kecamatan Matraman hingga Pasar Senen. Saya tidak bisa.
Membayar pajak kendaraan sudah menjadi kewajiban tahunan bagi semua pemilik mobil. Hingga saat ini, sebagian besar pemilik mobil masih membayar pajak di kantor Sistem Manajemen Terpadu (Samsat).

Padahal, ada banyak cara yang bisa dipilih wajib pajak saat membayar pajak kendaraannya.
Cara bayar pajak kendaraan di DKI Jakarta

  • Kantor pusat samsat

Samsat induk masih menjadi tempat yang banyak dikunjungi pemilik kendaraan saat memenuhi kewajiban perpajakannya. Tidak hanya untuk pajak tahunan, bagi pemilik kendaraan yang akan menerapkan pajak lima tahun juga harus datang ke Kantor Pusat Samsat.

  • Cara pembayaran pajak kendaraan online lewat Samsat Keliling

Di tengah pandemi Covid-19, pajak kendaraan, terutama pajak satu tahun, dapat dipungut tidak hanya di Samsat kantor pusat, tetapi juga di Samsat keliling.
Untuk mengantisipasi kemacetan di kantor Samsat utama, layanan Samsat keliling hanya tersedia di area parkir utama Samsat, termasuk parkir mobil di kantor Samsat pusat di Jakarta Pusat, Jakarta Utara di tempat parkir Samsat Utara.

  • Online atau daring

Pembayaran pajak selama setahun juga bisa dilakukan secara online atau online. Wajib pajak dapat membayar kewajibannya dengan membayar melalui aplikasi Samolnas atau e Samsat. Dikatakannya, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat yang akan membayar pajak kendaraan disarankan untuk memanfaatkan fasilitas ini.

  • drive thru

Pelayanan pajak kendaraan juga dapat dilakukan selama satu tahun tanpa perlu turun dari kendaraan yaitu di Samsat drive thri. Layanan pajak ini memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin membayar pajak selama satu tahun. Hal ini dikarenakan pemilik mobil tidak perlu turun dari mobil untuk membayar pajak.

  • Di Gerai Samsat

Mobil juga bisa dikenakan pajak selama setahun saat berbelanja di mal. Saat ini, pelayanan pajak kendaraan juga dapat dilakukan di pusat perbelanjaan di wilayah DKI Jakarta.

Berikut mekanisme cara pembayaran pajak kendaraan online di Samsat Online

• Pemohon mengunduh aplikasi Samolnas
• Setelah terinstal di smartphone, klik mulai dan daftar
• Pemohon kemudian mengisi data yang diperlukan pada kolom yang tersedia. Data ini antara lain berupa nomor polisi, NIK, dan 5 digit terakhir nomor ban, lalu klik “Lanjutkan”.
• Sistem akan memproses data selama kurang lebih 1 menit. Jika data yang dimasukkan adalah data yang benar, maka akan muncul data lengkap tentang kendaraan yang akan kita bayar pajaknya, selain jumlah pajak yang harus dibayar
• Kode pembayaran berlaku selama 2 jam

  • Pembayaran

Cara bayar pajak kendaraan di jakarta online dapat dilakukan melalui bank atau saluran pembayaran lainnya dengan biaya administrasi Rp 5.000
• Pemohon akan mendapatkan persetujuan e-TBPKB dan e-STNK yang berlaku selama 30 hari
• Pelamar bisa mendapatkan label validasi TBPKB/SKPD dan STNK yang dikirim dari Samsat melalui jasa kurir ke alamat pemohon yang tercantum dalam STNK.

  • Pendaftaran online

Pendaftaran email untuk mendapatkan informasi secara langsung. Cara pembayaran pajak mobil online di Samolnas secara khusus hanya berlaku untuk perpanjangan STNK tahunan tetapi dengan batas keterlambatan pembayaran pajak yang tidak lebih dari setahun.

  • Pembayaran online

Cara bayar pajak kendaraan di jakarta online diadakan dengan tujuan untuk meminimkan pembayaran langsung melalui Samsat. tujuannya untuk mencegah penularan Covid-19. Untuk jalur pembayaran, Metode Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Samolnas Online telah menjalin kerjasama dengan beberapa bank antara lain: BNI, BRI, Mandiri, BTN, BCA, CIMB Niaga, Bank Permata, Tokopedia e-commerce.
Kemudian, jika pajak mobil dibayar di Jakarta tetapi alamat wajib pajak tidak sesuai dengan yang tercantum di STNK, Maka pemohon dapat melakukan konfirmasi ke call center Samsat setempat. Kami harap ulasan ini membantu Anda.

Kunjungi juga

Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi

Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi

Penyebab mobil oleng saat kecepatan tinggi.  Kendaraan yang disetel dan dirawat dengan baik akan meluncur …