Apa Itu Software Developer, Mari Kenalan Yuk!

  • Bagikan
Apa Itu Software Developer
Apa Itu Software Developer

Apa itu software developer sering menjadi pertanyaan banyak orang. – Pengembang perangkat lunak adalah media yang misinya adalah membangun dan menciptakan sebuah produk. Para pengembang melakukan semuanya sesuai dengan prinsip untuk desain dan implementasi rekayasa perangkat lunak.

Ini termasuk kinerja, rawatan, skalabilitas, fleksibilitas, dan keamanan. Tidak hanya itu, Software Developer juga mendiagnosis masalah software dan memastikan kualitas software yang mereka buat memenuhi persyaratan.

Mereka juga mencobanya terlebih dahulu sebelum merilisnya ke publik untuk melihat apakah produk tersebut efektif dan praktis. Pengembang perangkat lunak juga terlibat dalam semua proses yang terkait dengan pembuatan dan perancangan sistem baru.

Mereka akan membuat rencana, menentukan parameter, desain, pengkodean, pengkodean, dan pengujian. Tentunya proses ini tidak bisa dilakukan sendirian. Banyaknya pekerjaan membuat perlunya hadir tim lain yang juga termasuk software engineer.

Mengenal Apa Itu Software Developer

Pengembang perangkat lunak sering menggunakan berbagai bahasa pemrograman. Pekerjaan mereka sebenarnya cukup kompleks dan membutuhkan lebih banyak keterampilan di dunia komputer, sains, bahkan matematika.

Pekerjaan developer akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi yang juga berubah dengan cepat. Oleh karena itu, pengembang harus sering belajar untuk memajukan diri.

Hal-hal yang dilakukan pengembang

Selain bertanggung jawab untuk membuat produk, tugas apa yang harus dilakukan oleh pengembang perangkat lunak? Memodifikasi perangkat lunak untuk memperbaiki bug, mengadaptasi perangkat keras baru, dan meningkatkan kinerja.

Mengembangkan dan mengarahkan prosedur pemrograman, dan dokumentasi. bekerjasama bersama system analyst, programmer, dan anggota tim yang lain untuk mendesain sistem serta aplikasinya.

Menganalisis kebutuhan pengguna dan perangkat lunak untuk menentukan kelayakan merancang, mengembangkan dan memodifikasi sistem perangkat lunak menggunakan analisis ilmiah dan model matematis. Jadi, Apa Itu Software Developer menurut Anda?

Memelihara sistem yang ada dengan memantau dan mengoreksi kesalahan saat bertemu klien. Manajer proyek untuk merancang dan membuat desain sistem baru, menulis, membaca, menguji, dan meningkatkan kode untuk perangkat lunak baru, dan mendokumentasikan pembaruan terbaru untuk setiap perangkat lunak.

Perbedaan antara pengembang perangkat lunak dengan insinyur perangkat lunak

Banyak dari Anda mungkin masih bingung antara pengertian pengembang perangkat lunak dan insinyur perangkat lunak. Meski kedua nama tersebut mirip, namun ada sedikit perbedaan antara kedua profesi ini, lho! Apakah mereka? Untuk menyederhanakan perbedaan antara pengembang perangkat lunak dan insinyur perangkat lunak

Pertama-tama mari kita lihat:

Tugas dan tanggung jawab seorang insinyur perangkat lunak

  • Bekerja dengan pengguna untuk mengetahui kebutuhan mereka sehubungan dengan program
  • Merancang, membangun dan juga menguji sistem atau aplikasi berdasarkan spesifikasi yang dibutuhkan oleh pengguna
  • Bekerja dengan pengembang untuk membuat kode yang sesuai untuk sistem atau aplikasi dengan menggambar model atau diagram
  • Dokumentasikan semua sistem atau aplikasi secara detail sebagai bentuk pertanggungjawaban saat melakukan perawatan.
  • Secara teratur memelihara aplikasi atau program dan memperbaiki kesalahan yang terjadi
  • Merekomendasikan pembaruan perangkat lunak untuk aplikasi atau sistem yang ada
  • Berkolaborasi dengan pengembang dan insinyur lain untuk membuat perangkat lunak

Dengan tugas yang dilakukan oleh insinyur dan pengembang, dapat dikatakan bahwa tanggung jawab kedua profesi ini serupa. Keduanya terlibat dalam pembuatan sebuah proyek atau program.

Pengertian pengembang perangkat lunak

Salah satu hal yang membedakannya adalah pengembang tidak bertanggung jawab sepenuhnya atas proyek yang sedang dikerjakan. Ini karena pengembang hanya melanjutkan pekerjaan insinyur. Sehingga dapat dikatakan bahwa engineer adalah pintu dari sebuah proyek yang sudah ada. Sementara itu, pengembang akan melanjutkan desain insinyur hingga selesai.

Namun, ini tidak berarti bahwa para insinyur berhenti, pengembang dan insinyur akan terus bekerja sama untuk menghasilkan karya yang luar biasa. Kolaborasi dua profesi ini bisa diibaratkan sepatu alias tidak bisa jalan kalau hanya satu.

Keterampilan dan kualifikasi pengembang perangkat lunak

Selain menguasai komputer dan bahasa pemrograman, apa yang juga dibutuhkan untuk menjadi seorang software developer. Menjadi seorang pengembang perangkat lunak pasti banyak tantangan yang harus dihadapi. Kode pemrograman dapat gagal atau salah dalam

Karena itulah, kemampuan pemecahan masalah sangat diperlukan untuk menjadi seorang pengembang perangkat lunak. Seorang developer mesti kreatif dan amampu mencari banyak jalan keluar untuk masalah yang sedang dihadapi. Demikian artikel kami kali ini tentang Apa Itu Software Developer semoga bisa bermanfaat, terimakasih.

  • Bagikan