Cara Backup Data di Laptop Windows 7 8 dan 10

  • Bagikan
Cara Backup Data di Laptop Windows 7 8 10
Cara Backup Data di Laptop Windows 7 8 10

Ini Dia Cara Backup and Restore Windows dengan Mudah

Cara backup data di laptop Windows. Melakukan backup data pada laptop sangat penting dilakukan sebagai langkah penjagaan apabila file yang ada di laptop terhapus atau hilang, dan anda bisa menggunakan file salinan yang sudah kita backup sebelumnya. Jika anda belum tahu bagaimana cara backup data di laptop, tidak perlu risau, karena langkah-langkah backup data sangat mudah untuk dilakukan.

Cara Backup Data di Laptop Windows 7

Melakukan backup data pada laptop Windows 7 bisa dilakukan apabila anda ingin menginstall ulang Windows. Agar, penggunaan laptop tidak terhambat oleh sistem Windows yang sudah rusak.

  1. Membuka Menu / aplikasi

Proses pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengklik menu start pada Windows lalu pilih komputer. Pilih drive C kemudian klik kanan. Setelah itu pilih properties. Kemudian pilih tools, dan klik backup now.

  • Cara Backup and Restore Windows

Atau gambaran singkatnya

Start > Komputer > Drive C > Properties > Backup Now.

  1. Membuat DVD / CD Recovery

Fungsi DVD atau CD recovery ini adalah untuk menyimpan file backup. Digunakan ketika anda ingin memulihkan data atau restore data. Dalam proses ini anda harus menyiapkan kepingan DVD / CD kosong yang bisa dibeli bebas. Kemudian anda kembali ke proses penyimpanan backup data dan pilihlah create a system repair disc, dan buat disc. Setelah itu anda tinggal memasukan DVD / CD ke optical drive, lalu klik next.

Proses Backup Data and Restore > Create a System Repair Disc > Create Disc > Masukan DvD / CD > Next > Burning Process

Cara Backup Data di Laptop Windows 8

Meskipun saat ini sudah ada fitur file history pada Windows 8 yang berguna untuk membackup data secara otomatis. Namun akan lebih baik untuk menggunakan fitur backup yang ada pada Windows 8. Backup and restore Windows 8 bisa dilakukan untuk data desktop. juga data library, kontak dan file lain yang ingin disalin. Hal ini karena fitur file history tidak bisa membackup data secara berkala.

Adapun Cara Backup and Restore Windows dengan sistem Windows 8 adalah dengan menghubungkan penyimpanan eksternal seperti DVD / CD recovery atau hard disk ke laptop. Kemudian pilih menu start pada laptop dan cari App control panel. Dan, klik system and security, setelah itu anda hanya perlu untuk meng-klik save backup copies

Hubungkan Penyimpanan eksternal dengan laptop > Start Menu > App Control Panel > System and Security > Save Data Backup Copies of Your Files 

Jika sudah selesai, anda bisa memulihkan data yang dibackup pada penyimpanan eksternal yang digunakan untuk backup.

Cara Backup Data di Laptop Windows 10

Pada Laptop dengan sistem Windows 10, anda bisa melakukan backup data untuk data biasa dan juga untuk backup data plus konfigurasi sistem laptop. Sama seperti Windows lainnya, backup data pada Windows 10 juga sangat mudah untuk dilakukan. Bagaimana caranya?

  1. Cara Backup Data Biasa

Pilih start menu kemudian pilih windows setting. Cara Backup and Restore Windows bisa dilakukan mudah. Pilihlah Update and Security. Kemudian klik backup yang ada di sisi kiri halaman. Klik backup using file history, lalu pilih media penyimpanan untuk menyimpan salinan data.

Start Menu > Windows Setting > Update and Security > Backup 

  1. Cara Backup Data dan konfigurasi 

Untuk melakukan backup and restore data secara lengkap dan menyeluruh sampai pada sistem konfigurasi. Cara untuk melakukannya adalah klik start menu. Pilih Windows setting dan klik update and security lalu klik backup. Setelah itu anda tinggal pilih opsi backup and restore windows 7. Kemudian pilih create a system image, pilih on a hard disk, klik next dan start backup.

Start Menu > Windows Setting > Update and Security > Backup > Backup and Restore Windows 7 > Create a System Image > On a Hard Disk  > Next > Start Backup

Itulah cara backup data di laptop Windows  di laptop pada windows 7, 8 dan 10. Pastikan anda selalu melakukan backup data yang ada di laptop, hal ini penting untuk menjaga data-data penting dari kehilangan atau kerusakan.

  • Bagikan