Printer Tidak Mau Mencetak Dapat Diatasi Dengan Mudah

  • Bagikan
Printer Tidak Mau Mencetak
Printer Tidak Mau Mencetak

Printer tidak mau mencetak dapat diatasi dengan mudah. Dalam sebuah perusahaan mesin printer merupakan alat yang sangat krusial bila terjadi masalah. Hal ini karena mesin printer sering digunakan untuk mencetak data-data penting seperti surat, proposal, dan beberapa dokumen penting lainnya.  Masalah printer tidak mau cetak, akan menganggu mobilitas kantor. 

Penyebab Printer Tidak Mau Mencetak dan Cara Mengatasinya

Penyebab printer tidak mau cetak itu sangat banyak,  tidak hanya tinta yang habis, tetapi keadaan mesin yang kurang diperhatikan akan mempercepat kerusakan pada mesin printer.  Jika printer mengalami masalah anda harus segera memperbaikinya atau melihat bagian mana yang bermasalah. 

Beberapa Masalah Printer Gagal Cetak

  • Mesin printer belum dinyalakan

Pada kasus ini akan menjadi wajar bila printer tidak mau cetak data. Bila mesin yang membuat printer bekerja tidak dinyalakan makan data tidak akan tercetak. Untuk itu sebelum anda mencetak data pastikan mesin printer sudah siap digunakan. 

  • Adanya masalah pada kabel printer yang tidak terhubung

Agar mesin printer bisa mencetak data, ada kabel khusus yang harus terhubung dengan komputer. Bila kabel ini tidak terhubung maka printer tidak bisa menerima data yang akan dicetak. Untuk itu pastikan kabel penghubung ini terpasang dengan baik.  Bila printer yang anda gunakan menggunakan sambungan internet. Pastikan internet berjalan dengan lancar agar dapat tercetak. 

  • Masalah printer tidak mau mencetak karena drive printer belum terinstal atau terdapat masalah

Selain kabel yang dapat menyambungkan mesin printer ke ke komputer,  data drive juga sangat penting untuk sambungan printer. Hal ini karena mesin printer adalah perangkat output yang membutuhkan drive sebagai penunjangnya. Mesin printer memiliki drive yang berbeda sesuai dengan merek dari printer. Untuk itu anda harus menginstal drive yang sesuai agar printer bisa digunakan.  Bila drive yang digunakan tidak sesuai maka printer tidak mau cetak data yang sudah anda kirimkan. Tanda kalau printer anda bisa digunakan, biasanya terdapat tulisan ready ketika anda ingin mengeprint. 

  • Data yang digunakan terlalu besar dan kapasitas  penyimpanan tidak mencukupi. 

Sebuah komputer pasti memiliki tempat untuk menyimpan data. Tempat penyimpanan data ini juga memiliki kapasitas penyimpanan.  Nah, bila tempat penyimpanan penuh biasanya akan menganggu proses cetak. 

  • Rusaknya bagian cartridge

Cartridge  ini berguna sebagai tempat untuk menampung tinta.  Sedangkan tinta adalah  bahan utama sebuah printer. Bila tidak terpasang dengan baik  maka printer akan terganggu. Apalagi kalau rusak. Cartridge perlu diperbaiki dan di cek kebenarannya. 

Cara Mengatasi Printer Gagal Cetak

Printer tidak mau mencetak pasti memiliki masalah.  Baik itu yang berpusat pada printer atau komputer. Untuk itu anda harus mengecek permasalahan tersebut berpusat di bagian mana, apakah bagian dari komputer atau printer.

Anda harus selalu mengecek kondisi printer

Kondisi dari printer ini bisa dicek dengan dua cara.

  • Memperhatikan lampu indikator

Lampu indikator memiliki arti yang bisa anda jadikan sinyal apakah printer berfungsi dengan baik.  Bila kondisi printer baik biasanya hanya lampu pada power yang menyala. Namun apabila ada lampu lain yang menyala bisa menandakan ada hal lain yang bermasalah.  Misalnya lampu pada  tinta. Bahkan bila terjadi blink maka akan ada masalah lain selain tinta, bisa jadi mesinnya yang perlu direset. 

  • Diberlakukannya self print

Cara ini digunakan untuk mengecek apakah terjadi masalah pada mesin printer nya. Agar anda tahu kendala printer gagal cetak.  

Memastikan kondisi komputer dalam keadaan baik 

Kondisi dari komputer perlu dicek apabila kondisi dari printer terlihat baik saja.  Pada dasarnya printer bisa mencetak bila tersambung dengan komputer. Penyambungan ini membutuhkan kabel dan juga drive.  Bila sambungan yang  tidak sesuai pasti akan menganggu untuk itu pastikan bale sudah terpasang dengan komputer dan drive yang digunakan harus sesuai dengan  merek dari printer. 

Dari penjelasan diatas anda bisa tahu kenapa printer tidak mau mencetak, banyak alasan yang bisa dijadikan patokan baik itu dari mesin printer sendiri atau ada masalah lain. Untuk itu anda harus selalu memastikan kondisi printer ataupun komputer berjalan dengan baik.

  • Bagikan