Cara Koneksi Printer Ke Laptop Mudah Dan Cepat

  • Bagikan
Cara Koneksi Printer Ke Laptop Mudah Dan Cepat
Cara Koneksi Printer Ke Laptop Mudah Dan Cepat

Cara koneksi printer ke laptop dengan mudah dan cepat. Saat ini perangkat laptop dan komputer menjadi unsur yang penting dalam berbagai sektor kehidupan. Satu paket dengan paket ini adalah perangkat printer yang dibutuhkan dalam mencetak dokumen dan data. Masih banyak orang yang tidak mengerti cara koneksi printer ke laptop umumnya banyak orang yang menggunakan kabel USB. 

Cara Koneksi Printer ke Laptop dengan Menggunakan Jaringan WiFi

Namun menyambungkan printer ke laptop dengan kabel USB membuat satu printer hanya bisa digunakan oleh satu perangkat komputer atau laptop saja. Padahal seiring dengan berkembangnya teknologi ada sistem yang memungkinkan pengguna. Untuk menyambungkan satu printer tidak hanya dengan satu laptop atau perangkat saja. 

Malahan satu printer bisa disambungkan dengan beberapa perangkat komputer atau laptop sekaligus. Hal ini mungkin dilakukan jika printer dan laptop dikoneksikan dengan jaringan Wifi. Bagaimana kira-kira caranya, berikut ini adalah penjelasannya. 

  1. Hidupkan Printer dan Jaringan Wifinya

Pertama yang harus dilakukan pastilah menghidupkan printer terlebih dahulu. Tidak hanya menghidupkan printer saja namun juga mengaktifkan fitur WiFi yang ada pada printer. 

Pada beberapa tipe printer sambungan untuk menghubungkan pada Wifi Printer akan langsung menyala begitu dihidupkan. Namun pada tipe lain, ada tombol Wifi yang harus ditekan selama beberapa detik dahulu sebelum menyala. 

  1. Masuk Ke Control Panel pada Laptop untuk Menyambungkan Printer ke Laptop

Cara menyambungkan printer ke laptop selanjutnya adalah masuk pada menu Control Panel pada laptop. Kemudian cari menu yang dengan nama Hardware and Sound, kemudian buka menu ini. Menu ini memiliki fitur mengatur dan mengoperasikan perangkat keras yang terhubung dengan laptop termasuk salah satunya adalah printer. 

Untuk mencari pengaturan printer, pada menu Hardware and Sound ini carilah menu Device and Printer. Pada menu ini pengguna akan melihat printer apa saja yang sudah tersambung dengan perangkat laptop. 

  1. Menambahkan Printer Sebagai Perangkat

Jika printer yang dihidupkan sebelumnya belum pernah disambungkan pada perangkat laptop sebelumnya. Maka nama perangkat tidak akan muncul di dalam daftar, karena itu pengguna perlu menghubungkannya terlebih dahulu. 

Pertama pastikan bahwa fitur WiFi pada laptop sudah menyala agar dapat mendeteksi WiFi dari printer. Kemudian tekan ‘Add printer’ yang ada pada menu tersebut. Kemudian akan muncul kotak dialog untuk memilih jenis koneksi yang diinginkan. 

Pilihlah koneksi dengan jaringan WiFi yang berada dalam pilihan, ‘add network wireless or bluetooth printer’. Kemudian sambungkan. 

  1. Deteksi Sampai Muncul Icon Printer yang Diinginkan

Cara koneksi printer ke laptop yang selanjutnya adalah melakukan proses deteksi pada perangkat yang ada di sekitar. Perangkat laptop akan mulai mendeteksi perangkat printer terdekat yang menyalakan fitur WiFi. 

Tunggu sampai icon printer yang ingin disambungkan muncul pada layar. Jika sudah muncul pengguna bisa menghentikan proses deteksi. Kemudian langsung mengklik ikon printer tersebut untuk menyambungkannya. 

  1. Setujui Kotak Dialog yang Muncul untuk Menyambungkan Printer ke Laptop

Sebelum benar-benar menyambungkan, akan ada beberapa kotak dialog yang muncul sebagai fungsi persetujuan. Tinggal ikuti saja perintah dari kotak dialog tersebut dan tekan OK untuk melanjutkan proses pemasangan. Setelah itu tinggal tunggu saja sampai icon printer masuk dalam daftar perangkat yang terhubung. 

  1. Printer Sudah Siap Digunakan

Setelah sudah masuk ke dalam daftar perangkat yang terhubung. Maka printer sudah siap digunakan untuk mencetak dokumen yang diperlukan. Jika ingin menggunakan printer kembali, pengguna tidak perlu mengulangi proses yang diatas. Karena sekali tersambung dengan WiFi dan masuk ke dalam daftar. 

Maka laptop dan printer bisa secara otomatis terhubung selama jaringan WiFi pada kedua perangkat tersebut menyala. Sehingga untuk penggunaan selanjutnya para pengguna tidak perlu repot menyambungkan printer ke laptop kembali. 

Itulah cara koneksi printer laptop dengan menggunakan jaringan WiFi. Tentunya akan membuat aktivitas mencetak dokumen ke jadi lebih praktis daripada dengan menggunakan metode lain. Bahkan tidak hanya satu komputer saja yang bisa disambungkan. Beberapa perangkat komputer atau laptop bisa langsung disambungkan pada satu printer pada saat yang sama.

Sesuai dengan kapasitas cetak yang dimiliki komputer.  Karena menggunakan WiFi hal ini memungkinkan bagi pengguna untuk melakukan cara menyambung printer dengan komputer tanpa CD.  

  • Bagikan