Cara Memutar Cd Di Laptop Modern, Ternyata mudah

  • Bagikan
Cara Memutar CD Di Laptop
Cara Memutar CD Di Laptop

Cara memutar cd di laptop modern. CD merupakan sebuah alternatif penyimpanan file yang sampai saat ini banyak digunakan. Meski begitu beberapa orang juga ada yang belum mengerti bagaimana cara memutar cd di laptop. Tentunya jika anda ingin melakukan pemutaran atau membuka file dari cd ke laptop harus mengerti hal tersebut.

Pilihan Cara memutar cd di laptop

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika CD adalah salah satu media penyimpanan file yang sampai saat ini banyak digunakan. Meskipun sudah ada media penyimpanan lain seperti flashdisk dan penyimpanan online.

Namun keberadaan CD masih saja banyak menjadi pilihan terbaik. Selain memiliki berbagai macam ukuran, pemindahan dan pemutaran file dari media penyimpanan CD juga terbilang sangat mudah dilakukan.

Bingung Cara Memutar Cd Di Laptop ? Ini Dia Cara Mudah Melakukannya

Lantas bagaimana sih cara memutar cd di laptop ? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

  1. Siapkan CD rom terlebih dahulu. Beberapa laptop memang memiliki CD rom bawaan. Namun ada juga yang tak dibelaki fasilitas tersebut. Jika memang tak ada CD rom pada laptop, maka gunakan saja fasilitas CD rom external.
  2. Siapkan CD yang akan diputar.
  3. Masukkan CD ke dalam CD rom.
  4. Tunggu beberapa saat hingga drive CD tersebut terdeteksi pada laptop.
  5. Jika sudah terdeteksi, lanjutkan dengan membuka drive tersebut.
  6. Cari file yang akan diputar.
  7. Lanjutkan dengan memutarnya pada software di laptop. Anda hanya perlu klik kanan pada laptop, lalu gunakan pilihan open with, pilih software pemutaran CD yang sudah terinstal pada laptop.
  8. Selesai.

Rekomendasi software pemutaran CD di laptop

Meski banyak software pemutaran CD di laptop. Namun tak semua mampu memberikan hasil terbaik. Beberapa hanya bisa memutar CD dengan format file tertentu. Hal ini juga terbilang akan menyulitkan anda sebagai pemilik CD tersebut.

Maka dari itu pemilihan software sebagai media pemutaran CD juga harus dilakukan dengan baik dan benar. Berikut adalah beberapa rekomendasi software pemutaran CD yang bisa anda gunakan pada perangkat laptop.


  1. VLC Media Player

Rekomendasi software pemutaran CD yang pertama adalah VLC Media Player. Software ini terbilang cukup populer di setiap kalangan pengguna laptop maupun perangkat PC. Semua file yang ada di CD seperti audio dan video bisa diputar menggunakan software tersebut.

Menariknya tampilan dari software ini terbilang cukup sederhana. Tak hanya itu saja, namun software ini juga memiliki sistem pengaturan yang cukup mudah digunakan. Maka dari itu tak heran banyak pengguna software VLC tersebut.

Bahkan bagi mereka yang masih pemula pun bisa dengan mudah menggunakan software ini. Satu hal lagi yang perlu anda ketahui jika VLC bisa anda atur menjadi media pemutaran CD secara langsung.

  1. GOM Player

Selain VLC Media Player, cara memutar cd di laptop bisa menggunakan software GOM Player. Aplikasi ini juga menjadi salah satu software pemutar CD yang bisa anda gunakan. Kepopuleran GOM Player tak kalah dengan VLC, bahkan anak warnet pun juga tahu akan akan software GOM Player ini.

Memiliki tampilan sederhana dengan segudang fitur yang ditawarkan adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh software GOM Player. Namun perlu diingat jika GOM Player bukanlah software open source.

Hal ini membuat instalasi GOM Player membutuhkan software tambahan lain. Contohnya adalah AVG.

  1. Daum PotPlayer

Selanjutnya ada Daum PotPlayer, dimana software merupakan rekomendasi software pemutaran CD di Laptop. Kemampuan software ini mampu melakukan pemutaran video dari CD dengan format Blu Ray. Namun dengan adanya pengembangan yang cukup signifikan membuat software ini mampu melakukan pemutaran video dengan berbagai macam format.

  1. KMPlayer

Meski tak begitu populer seperti VLC dan GOM, namun keberadaan KMP tak bisa diremehkan. Banyak pengguna laptop maupun perangkat PC yang sudah menggunakan KMP sebagai pilihan terbaik untuk memutar berbagai macam file dari media penyimpanan CD seperti audio dan video.

Menariknya KMP memiliki kode khusus yang mampu melakukan pemutaran file dengan kualitas terbaiknya. Tentunya kalian bisa menjadikan KMP sebagai pilihan pemutaran video dari media penyimpanan CD.

Itulah beberapa cara memutar cd di laptop serta software pemutaran CD di Laptop yang bisa kita digunakan. Perlu diingat jika setiap software memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itu pahami setiap kelebihan maupun kekurangan dari software tersebut. 

  • Bagikan