Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Dell Dengan Cepat

  • Bagikan
Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Dell
Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Dell

Cara mengaktifkan bluetooth di laptop dell dengan mudah. Bluetooth menjadi salah satu perangkat solutif yang dapat digunakan ketika laptop harus mentransfer data atau terhubung dengan perangkat laptop lain tanpa adanya jaringan internet. Selain itu, perkembangan teknologi saat ini juga sebagian besar telah mengurangi penggunaan nirkabel untuk menyambungkan perangkat pendukung pada laptop lainnya seperti, mouse dengan Bluetooth, earphone dengan Bluetooth dan lain sebagainya. Bagi sebagian orang mungkin langkah mengaktifkan Bluetooth pada laptop Dell berbeda dengan laptop lain. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh merk dan spesifikasi dari laptop yang dimiliki tersebut. Hasilnya, cara mengaktifkan Bluetooth pada laptop Dell bisa berbeda.

Cara mengaktifkan Bluetooth untuk laptop dell, apakah sama dengan laptop lain?

Laptop del terdiri dari beberapa tipe, mulai dari tipe Inspiron, Vostro, hingga Latitude. Pada umumnya jenis – jenis tersebut dilengkapi dengan dukungan untuk protokol jaringan area pribadi Bluetooth. Selain memungkinkan pengguna untuk terhubung ke earbud secara nirkabel ke ponsel, Bluetooth pada Dell juga berfungsi terhubung atau menghubungkan antar komputer dan laptop pengguna. Pengguna dapat menghubungkan perangkat seperti keyboard, mouse, dan headset melalui Bluetooth, sehingga kita sebagai pengguna dapat lebih produktif saat bekerja misalnya ketika jauh dari lokasi kantor. Cara aktifkan bluetooth di laptop dell cukup mudah karena perangkat Dell yang menyertakan radio Bluetooth. Salah satu langkah mengaktifkan Bluetooth pada laptop Dell yang sederhana misalnya dengan,

  • Tekan tombol “Daya/Power” laptop Dell untuk menyalakannya dan tunggu sampai selesai booting.
  • Lalu geser sakelar Bluetooth perangkat keras laptop Anda ke posisi “Aktif”, jika laptop tersebut memilikinya.
  • Setelah itu, tahan tombol “Fn” pada keyboard laptop Dell sambil menekan tombol “F2” untuk langkah – langkah mengaktifkan bluetooth pada laptop dell jika komputer tidak memiliki saklar perangkat keras.
  • Dan yang terakhir dari cara mengaktifkan bluetooth di laptop dell. Cari ikon biru dengan huruf “B” di pada daftar folder system laptop Dell. Jika muncul, radio Bluetooth pada perangkat laptop Dell tersebut telah aktif.
  • Untuk terhubung dengan perangkat Bluetooth laptop lain, pengguna memasukkan pin untuk konfirmasi, yang dapat ditemukan di manual perangkat. Setelah pengguna memasukkan pin, perangkat sekarang akan terhubung.

Solusi langkah mengaktifkan Bluetooth pada laptop Dell apabila mengalami masalah

Namun dalam beberapa kasus, cara mengaktifkan bluetooth di laptop dell . Dell juga pernah mengalami masalah. Misalnya setelah pembaruan windows, bluetooth berhenti berfungsi dan memperbarui driver tidak membantu. Beberapa kasus ini terjadi pada pengguna laptop Dell, dan bahkan jika dibiarkan perangkat Bluetooth benar-benar tidak akan dapat berfungsi. Untuk hal tersebut, solusi atau langkah yang bisa dilakukan oleh pengguna antara lain:

  1. Periksa versi perangkat keras bluetooth (1703 atau 1704 atau 1705) pada perangkat Anda. Dua cara untuk memeriksanya:
  • Tekan ‘ctrl+x’. Dari menu yang ditampilkan pilih ‘Device Manager’. Klik pada ‘Bluetooth’. Menu akan drop-down. Nama perangkat keras bluetooth sekarang akan ditampilkan. Misalnya, ‘Dell Wireless 1705 Bluetooth’. Sekarang Anda tahu bluetooth adalah ‘1705’. Perlu diingat untuk cara mengaktifkan bluetooth di laptop dell.
  • Kunjungi situs web Dukungan Produk Dell. Masukkan ‘Tag Servis’ Anda. Pilih ‘konfigurasi sistem’. Pilih tarik-turun ‘Komponen’. Cari bluetooth. Catat versi perangkat keras bluetooth. (Catatan: tekan ‘ctrl+f’ Anda tidak dapat menemukan apa pun di halaman web. Penting dicatat untuk langkah mengaktifkan Bluetooth pada laptop Dell
  1. Kunjungi dukungan produk dell solusi cara mengaktifkan bluetooth di laptop dell bila bermasalah.
  2. Masukkan ‘tag layanan’ atau pilih model laptop Dell yang pengguna kenakan.
  3. Buka ‘driver dan unduhan’
  4. Pilih ‘Jaringan ‘ Drop-down.
  5. Yang pengguna butuhkan adalah ‘driver nirkabel dan bluetooth’. Ada dua driver yang tersedia untuk itu. Karena pengguna tahu Versi Perangkat Keras Bluetooth Anda (1703/ 1704/ 1705), pilih pilihan.
  6. Unduh yang sesuai driver.
  7. lalu install, dan perangkat Bluetooth dapat pulih seperti sebelumnya.

Langkah – langkah mengaktifkan Bluetooth pada laptop Dell

Setelah mengetahui cara mengaktifkan Bluetooth di laptop Dell, kita juga perlu mengetahui apakah cara mengaktifkan Bluetooth pada laptop Dell ini sama dengan laptop merk lain?. Secara umum, cara mengaktifkan Bluetooth pada laptop Dell sama dengan cara mengaktifkan perangkat Bluetooth pada laptop merk lain seperti HP, Asus, Toshiba dan lainnya. Biasanya langkah yang digunakan untuk lebih mudah yaitu dengan,

  • Pada desktop utama laptop pengguna cukup menekan keyboard Windows+X lalu pilih menu Device Manager
  • Setelah jendela Device Manager terbuka pengguna akan langsung dapat melihat opsi perangkat Bluetooth
  • Klik perangkat Bluetooth, lalu klik kanan dan aktifkan Bluetooth dengan menu Enable Device.
  • Dan untuk menonaktifkan Bluetooth setelah penggunaan perangkat, pengguna dapat memilih pilihan Disable Device. Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Dell selesai.
  • Bagikan