Penjelasan Sederhana Apa itu Internet of Things IoT

  • Bagikan
Internet of Things IoT
Ilustrasi Internet of Things IoT

Di kutip dari iotforall– Internet of Things IoT, atau singkatnya “IoT”, adalah tentang memperluas kekuatan Internet di luar komputer dan ponsel cerdas menjadi berbagai hal, proses, dan lingkungan lain. Inilah semua yang perlu Anda ketahui.

Internet of Things (IoT) berada di jantung revolusi transformasi digital yang mengubah bentuk bisnis, proyek, dan kehidupan masyarakat. Pergeseran ini memengaruhi segalanya mulai dari cara kita menjalankan dan mengoperasikan rumah hingga proses otomatis di hampir semua industri. Tapi sebenarnya apa itu Internet of Things? Pada postingan artikel ini, saya akan coba membagikan semua yang perlu Anda ketahui mengenai apa itu Internet of Things.

Apa itu Internet of Things?

Jika Anda hanya Googling “Apa itu Internet of Things?” Banyak dari jawaban yang muncul tidak perlu bersifat teknis. sebagai contoh:

“(IoT) Internet of Things merupakan sistem perangkat software atau hardware komputasi yang saling berhubungan seperti Instrumentasi, mesin-mesin mekanis, mesin elektrik dan sistem digital, benda atau objek, hewan, atau manusia yang dilengkapi dengan pengenal unik serta bisa mentransfer sebuah data melalui jaringan tertentu tanpa memerlukan campur tangan manusia-ke-manusia. Serta dapat berkomunikasi atau interaksi dengan komputer. “

– Penjelasan teknis yang tidak perlu untuk Internet of Things

Anda tidak sendiri jika bingung. Kebanyakan orang tidak ingin atau perlu menyelami seluk beluk Internet of Things. Dalam postingan ini, saya akan memberikan penjelasan sederhana mengenai Internet of Things dan bagaimana cara kerjanya.
Sebelum kita melanjutkan, perhatikan bahwa kata-kata “Internet of Things” dan “IoT” keduanya akan digunakan secara bergantian.

Penjelasan Internet of Things: Sederhana dan Non-Teknis

Anda mungkin membaca ini di desktop atau tablet, tetapi apa pun perangkat yang Anda gunakan, perangkat itu harus online. Dengan menghubungkan berbagai hal ke jaringan Internet akan menghasilkan manfaat yang luar biasa. Kita semua telah melihat manfaat ini dengan menggunakan ponsel cerdas, laptop, dan tablet, tetapi itu juga berlaku untuk yang lainnya. Dan ya, maksud saya segalanya.Internet of Things berarti mengambil semua hal di dunia dan menghubungkannya ke Jaringan Internet.

Menurut saya, kebingungan muncul bukan karena konsepnya terlalu sempit, tetapi karena terlalu luas dan tidak terbatas. Konsep bisa sulit untuk didefinisikan jika ada begitu banyak contoh dan kemungkinan di Internet of Things. Untuk membantu Anda memperjelas definisi ini, menurut saya penting untuk bisa memahami manfaat menghubungkan berbagai hal ke jaringan Internet.

👉 TRENDING:   Begini 17 Cara Mudah Dapat Uang Secara Online

Mengapa Internet of Things penting

Ketika sesuatu sistem terhubung ke jaringan Internet, itu dapat mengirimkan sebuah informasi, menerima informasi, ataupun keduanya. Kemampuan untuk mengirim dan / atau menerima informasi ini membuat segalanya lebih pintar, lebih pintar, lebih baik.
Mari gunakan smartphone lagi sebagai contoh. Anda dapat mendengarkan lagu apa pun di dunia, tetapi bukan karena ponsel Anda menyimpan semua lagu di dalamnya. Itu karena setiap lagu di dunia disimpan di tempat lain (tempat ini dikenal sebagai “cloud”), dan ponsel Anda dapat meminta lagu, dan menerima informasi untuk mengalirkannya.
Untuk menjadi pintar, sesuatu tidak membutuhkan ruang penyimpanan super atau komputer super di dalamnya. Yang harus Anda lakukan adalah menyambungkan ke unit penyimpanan super atau komputer super. Menjadi online itu keren.
Di Internet of Things, semua hal dapat diklasifikasikan menjadi tiga kategori:

  1. Sensor yang mengumpulkan informasi dan kemudian mengirimkannya.
  2. Komputer yang menerima informasi dan kemudian menindaklanjutinya.
  3. Hal-hal yang Anda lakukan keduanya.

Dan ketiga elemen ini memiliki manfaat besar yang saling memberi makan.

1. Mengumpulkan dan mengirim informasi

Artinya sensor. Sensor dapat mengukur suhu, gerakan, kelembapan, kualitas udara, cahaya, dan banyak hal lain yang dapat Anda pikirkan. Sensor, saat dipasangkan dengan koneksi Internet, memungkinkan kami mengumpulkan informasi dari lingkungan yang pada gilirannya membantu kami membuat keputusan yang lebih baik.

Di pertanian, secara otomatis memiliki informasi tentang kelembaban tanah dapat memberi tahu petani kapan tepatnya tanaman perlu disiram. Alih-alih menyiram terlalu banyak atau terlalu sedikit (salah satunya dapat menyebabkan hasil yang buruk), seorang petani dapat memastikan bahwa tanaman mendapatkan jumlah air yang tepat.

Sama seperti indera kita yang memungkinkan kita mengumpulkan informasi, sensor memungkinkan mesin untuk memahami lingkungannya.

2. Menerima informasi dan menindaklanjutinya

Kita semua mengenal baik mesin yang beroperasi berdasarkan informasi masukan. Printer menerima dokumen dan mencetaknya. Pintu garasi menerima sinyal nirkabel dan pintu terbuka. Adalah umum untuk memerintahkan mesin jarak jauh untuk beroperasi.

👉 TRENDING:   Begini 17 Cara Mudah Dapat Uang Secara Online

terus? Kekuatan sebenarnya dari Internet of Things muncul ketika berbagai hal dapat mengumpulkan informasi untuk ditindaklanjuti.

3. Lakukan keduanya

Ayo kembali ketopik bertani tadi. Sensor mengumpulkan informasi tentang kelembaban tanah. Sekarang, petani dapat mengaktifkan sistem irigasi, atau mematikannya sesuai kebutuhan. Dengan sistem yang mendukung IoT, Anda sebenarnya tidak memerlukan tambak untuk proses ini. Alternatifnya, sistem irigasi dapat beroperasi secara otomatis sesuai kebutuhan, berdasarkan jumlah kelembaban yang terdeteksi.

Anda juga bisa melangkah lebih jauh. Jika sistem irigasi menerima informasi tentang cuaca dari koneksi internetnya, ia juga dapat mengetahui saat hujan dan memutuskan untuk tidak menyiram tanaman saat hujan tetap menyiramnya.

Dan itu tidak berhenti di situ! Semua informasi tentang kelembapan tanah, seberapa banyak sistem irigasi yang menyiram tanaman, seberapa baik tanaman tumbuh, dapat dikumpulkan dan dikirim ke superkomputer di awan yang menjalankan algoritme untuk menganalisis semua informasi ini, yang mengarah ke model yang dapat digunakan untuk memprediksi kondisi masa depan dan mencegah kerugian.

Dan itu hanya satu jenis sensor. Tambahkan sensor lain seperti cahaya, kualitas udara, dan suhu, dan algoritme ini dapat mempelajari lebih lanjut. Dengan lusinan, ratusan, dan ribuan pertanian yang mengumpulkan informasi, algoritme ini dapat menghasilkan wawasan luar biasa tentang cara membuat tanaman tumbuh sebaik mungkin, membantu memberi makan populasi dunia yang terus berkembang.

Kesimpulan Definisi Sederhana IoT

Apa itu IoT?: Internet of Things, atau IoT, adalah tentang memperluas kekuatan koneksi Internet di luar komputer menjadi berbagai hal, proses, dan lingkungan lain. Hal-hal yang terhubung dan lebih pintar digunakan untuk mengumpulkan informasi, mengirim informasi, atau keduanya.

Mengapa Internet of Things penting?

Internet of Things memberi perusahaan dan individu pandangan dan kendali yang lebih baik atas berbagai hal dan lingkungan di luar jangkauan Internet. Dengan melakukan ini, Internet of Things membantu perusahaan dan individu untuk lebih terhubung dengan dunia di sekitar mereka dan melakukan pekerjaan yang lebih penting dan lebih tinggi.

Ingin tahu lebih banyak tentang Internet of Things?

Jika Anda tertarik untuk mendalami lebih dalam, saya menyarankan Anda untuk membaca IoT 101: Sebuah Pengantar e-book Internet of Things yang telah ditulis (gratis!).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.