Cek Internet Speed Atau Kecepatan Anda Dengan Cara ini

  • Bagikan
Cek Internet Speed
Ilustrasi Cek Internet Speed

Cek Internet Speed  – Internet telah berkembang pesat sejak tahun 1990-an. Tidak perlu lagi mendengarkan modem yang berderit dan berdengung di saluran telepon. Tidak perlu lagi menonton JPG secara perlahan ke bagian bawah layar. Hari-hari itu sekarang menjadi kenangan yang jauh (setidaknya bagi kebanyakan orang). Saat ini, termostat, pembuat kopi, bel pintu, lampu, dan lemari es semuanya terhubung ke jaringan rumah kita, dan mereka bahkan tidak menghalangi kemampuan kita untuk melakukan streaming video definisi tinggi.

… kecuali jika itu terjadi.

Tidak ada yang suka menunggu tanpa henti sampai video mereka di-cache, tetapi tidak selalu jelas bagaimana cara memperbaiki masalah. Apakah hanya browser Anda? Apakah Anda membutuhkan router baru? Komputer baru? Atau apakah Anda perlu beralih ke Penyedia Layanan Internet (ISP) yang lebih andal?.

Sebelum Anda melakukan hal lain, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menguji kecepatan internet Anda. Dan untungnya, kami memiliki alat untuk itu.

Bagaimana cara Cek Internet Speed?

Menguji kecepatan koneksi internet Anda itu mudah. Cukup klik tombol di bawah untuk mengikuti tes kecepatan kami.

Test Speed

Tes ini akan memberi Anda kecepatan unduh dan unggah (ditambah informasi lain seperti waktu respons, jika Anda mengklik detailnya), yang dapat Anda bandingkan dengan kecepatan yang diiklankan penyedia Anda.

Tetapi kecepatan internet lebih dari sekadar mengujinya. Kami akan memandu Anda melalui semua detail pengukuran kecepatan internet Anda dan artinya bagi Anda.

Apa yang diukur oleh tes kecepatan internet

  • Apa artinya megabit per detik? Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya. Kecepatan internet diukur dalam bit (1 unit biner atau 0) per detik. Koneksi internet dapat menangani banyak data ini, jadi kita biasanya berbicara tentang kecepatan dalam megabit per detik (Mbps), yang merupakan juta bit per detik. Ketika kecepatan menjadi sangat cepat (1000 Mbps atau lebih cepat), kita membicarakannya dalam satuan gigabit per detik (gigabit per detik), yaitu satu miliar bit per detik. (1000 Mbps = 1 Gbps).
  • Kecepatan unduh versus kecepatan unggah . Kecepatan unduh dan kecepatan unggah diukur dalam megabit per detik. Kecepatan unduh mengacu pada seberapa cepat informasi dari internet mencapai perangkat Anda (seberapa cepat acara Netflix Anda mengunduh), sedangkan kecepatan unduh mengacu pada seberapa cepat informasi di perangkat Anda dikirim ke tujuan lain di Internet (seberapa cepat foto liburan Anda diposting di Instagram). Untuk sebagian besar koneksi, kecepatan unggah dan unduh biasanya berbeda, tetapi ketika Anda melihat paket internet diiklankan berdasarkan kecepatan, biasanya mereka hanya fokus pada kecepatan unduh.
  • Apa itu Latensi? Ukuran penting lainnya dari kecepatan internet adalah latensi, atau lag. Ini menunjukkan waktu yang dibutuhkan sinyal dari komputer Anda untuk dikirim ke penyedia layanan Anda dan kembali. Latensi tinggi dapat menyebabkan lebih banyak buffering untuk streaming video, tetapi lebih mengganggu dalam aktivitas seperti obrolan video atau game online.

Apa yang menentukan kecepatan internet Anda?

Jika ada satu hal yang diketahui semua orang tentang kecepatan internet, tidak semua koneksi dibuat sama. Sebagian besar ISP menawarkan beberapa paket dengan kecepatan berbeda, tetapi paket ini sering juga menggunakan teknologi berbeda untuk membuat Anda online. Meski beberapa jauh lebih cepat dari yang lain, ada juga kelebihan dan kekurangan selain hanya cek internet speed.

  • Dial-up Internet adalah jenis koneksi Internet yang paling lambat dan sangat lambat untuk penggunaan seperti streaming video. Itu tidak dapat mencapai kecepatan broadband, dan biasanya mencapai sekitar 50kbps (hanya 0,05Mbps), meskipun mungkin jauh lebih lambat tergantung pada layanannya. Biasanya cukup murah, tetapi ada banyak pilihan berbiaya rendah yang lebih baik belakangan ini.
  • Internet satelit menggunakan sinyal satelit untuk berkomunikasi secara nirkabel dengan rumah Anda. Satelit dapat memberi Anda kecepatan broadband yang diperlukan untuk melakukan hal-hal seperti streaming video, tetapi ini masih merupakan opsi yang relatif lambat dan mahal. Kecepatan internet satelit juga berkisar dari 5Mbps hingga 25Mbps, karena sinyal Anda harus mencapai satelit di orbit, ia memiliki latensi yang sangat tinggi. Sisi positifnya adalah Anda bisa mendapatkannya hampir di mana saja di Amerika Serikat, bahkan di daerah terpencil.
  • DSL, atau saluran pelanggan digital, menggunakan jaringan telepon yang ada, tetapi mencapai kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada dial-up, mulai dari 0,5 megabit per detik hingga 75 megabit per detik. Tidak lebih cepat dari satelit dan kecepatannya dipengaruhi oleh jarak ke kantor pusat ISP.
  • Kabel internet menggunakan kabel tembaga, sama seperti TV kabel. Kabel menawarkan kecepatan yang sangat tinggi, antara 25 Mbps dan 1000 Mbps (1 Gbps), tetapi juga memiliki beberapa kekurangan. Komunikasi umumnya dibagi antara tetangga, yang berarti jaringan kabel macet selama jam sibuk. Kabel juga memberikan kecepatan unduh yang jauh lebih tinggi daripada kecepatan unggah. Hal ini tidak menjadi masalah dengan TV kabel, karena siarannya hanya berjalan satu arah, namun dapat menjadi masalah bagi beberapa aktivitas TV kabel secara online.
  • Internet serat optik menghubungkan Anda ke web melalui kabel serat optik. Fiber adalah jenis layanan Internet tercepat dan paling andal, dengan kecepatan mulai dari 50 Mbps hingga 2000 Mbps (2 Gigabit per detik). Ia juga memiliki fitur kecepatan unduh yang serupa. Dengan kata lain, unduhan Anda secepat unduhan Anda.

Dengan memahami jenis koneksi internet yang Anda miliki, Anda seharusnya sudah mengetahui seberapa cepat koneksi Anda. Namun, pertanyaannya adalah seberapa besar kecepatan yang sebenarnya Anda dapatkan dari koneksi Anda.

Tips untuk mendapatkan kecepatan paling akurat

Menguji kecepatan Anda itu mudah, tetapi bagaimana Anda mendapatkan pengukuran koneksi internet yang paling akurat? Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang paling akurat:

  • Jeda unduhan otomatis. Pertama, pastikan untuk tidak mengunduh file besar apa pun di latar belakang. Anda dapat memeriksa Pengelola Tugas di Windows atau Monitor Aktivitas di macOS untuk melihat apakah ada program yang mencoba mengunduh pembaruan atau file besar lainnya. Tutup atau keluar dari semua aplikasi di komputer Anda. Anda mungkin masih memiliki beberapa proses di latar belakang menggunakan internet, tetapi tidak ada yang akan berdampak besar.
  • Singkirkan para pengeksploitasi. Selanjutnya, pastikan tidak ada orang lain di jaringan rumah Anda yang menggunakan sebagian besar bandwidth Anda. Anda tidak akan mendapatkan hasil yang sangat akurat jika ada orang yang melakukan streaming Netflix di tiga ruangan berbeda di rumah Anda selama pengujian. Jika Anda mencurigai seseorang mencuri jaringan Wi-Fi Anda atau perangkat lunak unduhan gratis lainnya di jaringan Anda, Anda juga dapat mengubah kata sandi jaringan.
  • Periksa masalah dengan perute nirkabel. Banyak orang berpendapat bahwa Anda harus selalu menghubungkan komputer Anda langsung ke router menggunakan kabel Ethernet sebelum menguji kecepatan internet Anda. Meskipun ini memberi Anda ukuran yang lebih akurat tentang apa yang ditawarkan ISP Anda, itu tidak banyak membantu jika Anda masih mendapatkan kecepatan lambat di tempat Anda biasanya menggunakan perangkat Anda.

Kami sarankan Anda memeriksa kecepatan internet karena Anda paling sering menggunakan komputer. Jika kecepatannya lebih lambat dari yang Anda harapkan, coba sambungkan ke router Anda. Jika Anda mendapatkan peningkatan kecepatan yang besar maka inilah saatnya untuk mendapatkan router yang lebih baik.

Jadi, Apa arti sebenarnya?

Setelah Anda tahu persis berapa banyak Mbps yang Anda dapatkan di koneksi internet, apa yang Anda lakukan selanjutnya? Pertama, Anda perlu memastikan bahwa Anda dapat menafsirkan hasil Anda. Tidak perlu membuat panggilan marah dengan ISP Anda karena Anda membayar untuk gigabit internet tetapi Anda hanya mendapatkan kecepatan unduh 30Mbps. Jika Anda memiliki koneksi kabel, ini sepenuhnya normal, dan kecepatan unduh mungkin masih tinggi untuk kebutuhan Anda.

Tafsirkan kecepatan unduh

Angka terpenting dalam tes kecepatan adalah kecepatan unduh. Inilah yang akan menentukan seberapa cepat file diunduh, berapa banyak perangkat yang dapat didukung jaringan Anda, dan seberapa tinggi kualitas video Anda nantinya.

Jika Anda memiliki DSL, Anda harus mengharapkan kecepatan Anda menjadi sedikit lebih rendah daripada yang diiklankan karena jarak Anda dari hub pusat, tetapi juga tidak ada cara untuk memperbaikinya kecuali Anda mematikan rumah Anda sepenuhnya (atau beralih ke jenis koneksi).

Jika Anda memiliki koneksi internet dan skor Anda rendah, kemungkinan besar Anda mengalami kemacetan di rumah lain di wilayah Anda. Coba uji kecepatan Anda di lain waktu ketika tetangga Anda cenderung tidak terhubung ke Internet. Jika Anda mencapai kecepatan unduh yang benar di luar waktu penggunaan puncak, tidak ada yang salah dengan menghubungkan. Beginilah cara kerja kabel.

Periksa waktu respons / Latensi Anda

Jika Anda bermain game online atau menonton video langsung, Anda juga ingin memperhatikan waktu respons. Jika waktu respons kurang dari 20 milidetik (milidetik) pengalaman Anda akan benar-benar lancar. Jika waktu respons Anda melebihi 150ms maka Anda akan mengalami beberapa masalah penting dengan kelambatan. Beberapa masalah kelambatan tidak dapat diperbaiki karena itu berarti mengubah hukum fisika. Meskipun kecepatan cahaya semakin dekat, perlu waktu bagi sinyal untuk mencapai server di Korea Selatan.

Sumber penundaan lainnya dapat diatasi. Mengganti router lama dapat mengurangi latensi. Menghubungkan langsung ke router Anda melalui kabel Ethernet alih-alih Wi-Fi akan membuat perbedaan besar dalam mencegah kelambatan. Terakhir, Anda dapat meningkatkan ke jenis koneksi dengan latensi yang lebih rendah secara alami, seperti fiber.

Diagnosis masalah

Jika Anda melakukan segala daya Anda untuk mendapatkan tes kecepatan yang paling akurat dan kecepatan unduh Anda masih jauh lebih rendah dari yang dijanjikan ISP Anda, itu bisa berarti beberapa hal berbeda.

  • Malware – Anda mungkin memiliki malware di perangkat Anda. Virus dan malware lainnya membajak sebagian bandwidth Anda, tetapi hal ini sering kali bukan hal yang menjadi kekhawatiran Anda. Jalankan program antivirus untuk memeriksa dan menghapus malware.
  • Perangkat keras lama – Anda mungkin memiliki perangkat keras lama yang tidak memenuhi persyaratan penyedia layanan Anda. Misalnya, layanan Gigabit Xfinity memerlukan modem DOCSIS 3.1. Meskipun peralatan DOCSIS 3.0 secara teknis dapat mencapai kecepatan hingga gigabit, Xfinity tidak mendukungnya.
  • Masalah ISP – Mungkin ada masalah dengan infrastruktur penyedia Anda. Terkadang, ini hanyalah gangguan jaringan yang disebabkan oleh ISP Anda yang meningkatkan sebagian jaringan mereka atau hanya melakukan pemeliharaan. Ini mungkin juga merupakan masalah yang lebih serius yang hanya dapat diperbaiki oleh penyedia layanan Anda. Jika Anda telah menjelajahi opsi lain dan masih mengalami masalah, hubungi layanan pelanggan ISP Anda.
  • Kerusakan Peralatan – Jika kecepatan Anda lebih lambat dari yang diharapkan, tetapi tidak ada masalah dengan ISP Anda, mungkin ada masalah dengan perangkat keras Anda. Setel ulang modem dan router dengan mematikannya, tunggu satu atau dua menit, lalu nyalakan kembali. Coba sambungkan ke router Anda menggunakan kabel Ethernet, bukan Wi-Fi. Jika Anda sudah menggunakan koneksi kabel, coba ganti kabel Ethernet dengan yang lain. Anda juga dapat mencoba menjalankan uji kecepatan dari perangkat lain untuk melihat apakah Anda mendapatkan hasil yang sama.

Dapatkan paket internet yang lebih baik

Jika, bagaimanapun, kecepatan internet Anda masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda, mungkin sudah waktunya untuk meningkatkan ke paket yang lebih cepat, atau cukup mencari ISP yang lebih baik. Demikian cek internet speed semoga bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.