Cara Mendownload Zoom Meeting Di Laptop Mudah

  • Bagikan
Cara Mendownload Zoom Meeting Di Laptop
Cara Mendownload Zoom Meeting Di Laptop

Cara mendownload zoom meeting di laptop dengan mudah untuk menghadapi masa pandemi yang mengharuskan kita tidak berkerumun, alhasil komunikasi dialihkan secara virtual. Berbagai kegiatan dilaksanakan secara virtual pula. Seperti sekolah, bekerja, rapat kantor, seminar, pelatihan, bahkan silaturahmi keluarga. Dengan kondisi tersebut kita diharuskan memiliki aplikasi video conference.

Zoom Meeting merupakan aplikasi video conference paling banyak digunakan. Melalui zoom kamu dapat melakukan panggilan suara dan video. Banyak perusahaan atau instansi pendidikan yang memilih zoom karena keefektifannya. Hal tersebut karena aktivitas pada zoom meeting dapat direkam.

Cara Mendownload Zoom Meeting di Laptop, Wajib Tahu Fitur Menarik Andalan Zoom

Zoom aplikasi video conference terbaik menawarkan berbagai fitur menarik. Tampilannya mudah digunakan dan dapat dinikmati secara gratis. Kamu juga bisa berlangganan zoom premium untuk mendapatkan lebih banyak fitur. Untuk kamu yang belum mengerti cara mendownload zoom meeting di laptop, dalam artikel ini akan dibahas lengkap dengan cara menggunakannya. Di bawah ini merupakan langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

  1. Kamu harus menyediakan perlengkapan yang diperlukan, yakni laptop dan jaringan internet.
  2. Buka browser yang ada di laptop kamu. Kamu bisa menggunakan Chrome, Firefox, atau browser lainnya.
  3. Ketik “zoom meeting for pc”, kamu akan menemukan situs resmi zoom / https://zoom.us
  4. Klik pada bagian “Download Center – Zoom”.
  5. Klik “Download”, pastikan jaringan internet kamu stabil.
  6. Setelah proses mendownload selesai, kamu bisa langsung menginstalnya. Install pada file “Zoom Installer”.
  7. Setelah proses install selesai, kamu bisa langsung membuat akun. Cara membuat akun zoom di laptop dengan klik “Sign Up”. Cara yang lebih mudah adalah login dengan akun Google atau Facebook yang kamu miliki.
  8. Kamu sudah bisa menikmati berbagai fitur zoom meeting.

Setelah mengikuti langkah-langkah cara mendownload zoom meeting di laptop tadi, kamu bisa langsung memulai rapat atau mengikuti rapat. Cara menggunakan zoom meeting di laptop sangat mudah. Berikut beberapa menu yang akan membantu kamu membuat rapat.

  • New Meeting

Saat kamu memilih menu ini maka kamu akan langsung terhubung ke Zoom aplikasi video conference. Kamu bisa langsung mengundang teman-temanmu melalui email.

  • Schedule

Menu ini dapat kamu gunakan untuk mempersiapkan rapat. Kamu bisa memilih tanggal dan jam sesuai kebutuhan. Cara membuat link zoom meeting di laptop juga mudah. Buatlah jadwal meeting pada schedule. Setelah selesai maka jadwal akan ditambahkan pada tampilan zoom. Klik pada kotak kecil titik tiga, dan pilih “copy invitation”. Link zoom meeting sudah siap dibagikan.

  • Join dalam aplikasi video conference

Kamu bisa mengikuti rapat dengan langsung klik link yang dibagikan atau meeting ID yang dibagikan. Pada menu join, kamu harus memasukkan meeting ID.

Selanjutnya kamu bisa menggunakan fitur yang disediakan. Fitur yang ada akan sangat membantu jalannya konferensi video. Jika kamu masih asing dengan fitur-fitur di zoom aplikasi video conference, artikel ini akan membahasnya supaya kamu bisa mempraktekkan secara langsung.

  1. Fitur on/off video.

Kamu bisa menyalakan kamera atau mematikan kamera sesuai dengan keinginanmu. Kamu bisa sesuaikan dengan rapat atau kelas yang diikuti. Jika tidak wajib mempublikasikan wajah, kamu bisa mematikan kamera untuk melindungi privasi kamu.

  1. Fitur on/off audio.

Sama seperti fitur mematikan kamera, audio juga bisa kamu bisukan. Hal ini juga membantu lancarnya kegiatan karena minimnya suara yang mengganggu. Kamu bisa hidupkan audio lagi saat dibutuhkan.

  1. Record meeting dalam aplikasi video conference

Kamu bisa menyimpan percakapan video meeting di zoom. Cara record zoom meeting di laptop dengan klik “Record” yang terdapat di bawah tampilan meeting.

  1. Mengubah background

Kamu tidak perlu memusingkan background apa yang akan kamu gunakan. Kamu bisa memakai gambar bawaan dari zoom atau memakai gambarmu sendiri. Klik pada pengaturan dan pilih “virtual background”.

  1. Reaction

Kirim berbagai emoji dengan menekan tombol reaksi. Fitur ini bisa digunakan saat percakapan video diaktifkan.

  1. Filter dalam aplikasi video conference

Fitur yang satu bisa kamu gunakan untuk menambah suasana menyenangkan dan santai. Kamu bisa mengakses berbagai filter lucu dan menarik yang tersedia. Namun pastikan untuk tidak menggunakan filter dalam rapat formal. Fitur ini cocok digunakan saat rapat santai atau panggilan video keluarga, teman, dan acara non formal lainnya.

  1. Host

Fitur ini digunakan untuk mengatur meeting. Satu orang dapat menjadi pemimpin rapat untuk menjaga rapat tetap terkondisi.

Setelah mengetahui cara mendownload zoom meeting di laptop, serta mengetahui berbagai fitur menarik zoom, kamu bisa menggunakan aplikasi video conference ini dengan nyaman. Belajar dan bekerja tetap efektif meski dilakukan secara virtual.

  • Bagikan