Cara Membuat Google Meet di Laptop untuk Guru

  • Bagikan
Cara Membuat Google Meet di Laptop untuk Guru
Cara Membuat Google Meet di Laptop untuk Guru

Cara membuat google meet di laptop untuk Guru, karyawan kantor dan Siswa. Di dalam artikel kali ini, akan membahas cara instal google meet di laptop. Membuat google meet atau link google meet sebagai alamat server bagi siswa Anda, atau mahasiswa bahkan mungkin rekan kerja Anda untuk mengadakan pertemuan secara online bisa langsung Anda buat melalui laptop.

Di tengah-tengah masa pandemi yang membuat orang menjadi terbatas melakukan tatap muka untuk berbagai keperluan, keberadaan google meet sangatlah membantu. Lihat saja, mulai dari pembelajaran siswa-siswa bersama gurunya, dosen dengan para mahasiswanya, pimpinan perusahaan atau lembaga pemerintahan dengan seluruh pegawainya, kerap mengadakan pertemuan secara online dengan memanfaatkan fitur atau aplikasi Google Meet.

Bahkan bagi masyarakat, Google Meet juga digunakan untuk acara-acara peringatan pengajian keagamaan, hingga ritual doa bersama memperingati berbagai hal. Mulai dari mendoakan orang yang meninggal, hingga rapat RT sekalipun akhir-akhir ini kerap memanfaatkan Google Meet.

Cara Membuat Google Meet di Laptop untuk Guru

Google Meet merupakan sebuah aplikasi yang dapat menghubungkan sekelompok orang dengan berbasis online. Formatnya mengusung format video call. Hanya saja Google Meet bisa menampung kapasitas jumlah yang besar.

Fitur atau aplikasi lainnya yang fungsinya serupa dengan Google Meet, kita mengenal ada ZOOM Meeting, Webex, dan sebagainya.

Pada bahasan kali ini khusus membahas bagaimana cara membuat google meet di laptop. Apabila Anda ingin mengikuti meeting online di Google Meet, berikut langkah-langkahnya:

Cara Ikut Rapat Google Meet

  • Pertama, pastikan perangkat laptop Anda sudah terkoneksi dengan internet. Setelah itu, masuk ke google meet melalui tautan https://meet.google.com/.
  • Untuk dapat masuk ke meeting room, masukkan tautan (Link) atau kode yang Anda peroleh dari pemilik atau pembuat room google meet ke dalam kolom “Enter a code or link”.
  • Kemudian akan muncul halaman ruangan, lalu klik “Continue” dan klik “Join now”.
  • Tunggu beberapa saat, permintaan Anda bergabung ke room akan dikonfirmasi oleh admin atau operator.

Cara ikut rapat Google Meet cukup sederhana. Selain dengan langkah seperti di atas, Anda juga dapat langsung mengklik tautan yang Anda terima dari penyelenggara meeting online.

Lalu bagaimana jika Anda yang berperan sebagai operator yang membuat google meet? Mungkin Anda ditugaskan membuat room google meet untuk suatu agenda rapat. Nah, jika Anda kebetulan baru pertama kali membuat google meet, berikut ini cara membuat google meet di laptop:

Pastikan Laptop Anda Terkoneksi dengan Internet

Ini syarat pertama yang mutlak sebelum Anda akan membuat google meet di laptop. Mengingat, google meet adalah aplikasi yang berbasis internet dalam mengoperasikannya.

Pastikan Aplikasi Google Meet Sudah Terpasang di Perangkat Anda

Sebelum dapat menggunakan google meet, tentunya Anda harus pastikan terlebih dahulu sudah memiliki aplikasi google meet di perangkat Anda. Bisa di gadget Anda, Hp Android, Tab, atau di desktop seperti laptop atau perangkat PC. Atau Anda juga bisa dengan langsung membuka google meet melalui browser.

Buka Aplikasi Google Meet

Selanjutnya masuk dengan klik Aplikasi Meet yang sudah terpasang di perangkat Anda. Anda sudah selesai dengan cara membuat google meet di laptop.

Klik “Rapat Baru” untuk meeting online di Google Meet

Setelah Anda ketuk “Rapat Baru” akan muncul beberapa opsi;

  • Dapatkan Link Rapat untuk Dibagikan; dari opsi ini Anda akan memperoleh link untuk meeting Anda. Lalu bersamaan dengan link, terdapat opsi bagikan dan salin link. Anda bisa memilih opsi yang mana saja. Mau langsung bagikan atau salin link. Opsi bagikan link, Anda akan diarahkan ke instant message untuk membagikan link ke kontak yang akan Anda undang.
  • Salin link apabila Anda mau menyimpan link terlebih dahulu, untuk  kemudian dibagikan kapan saja secara manual kepada teman-teman yang Anda undang.

Link ini fungsinya apabila nanti diklik oleh seseorang, dengan demikian orang tersebut meminta izin ikut bergabung, tentu saja setelah seorang admin mengkonfirmasi permintaan Anda untuk bergabung.

Layanan rapat online saat sangat dibutuhkan. Untuk kegiatan seminar, konsep seminar online juga kini lebih diminati. Selain efisien, dapat dilakukan dari rumah, seminar online melalui google meet dapat diputar ulang kapanpun, dengan memanfaatkan fitur rekam meeting.

Demikian cara membuat google meet di laptop. Membuat link atau bergabung mengikuti meet, caranya seperti penjelasan di atas. Semoga membantu.

  • Bagikan