banner 728x250

Aplikasi Zoom, Perhatikan Kelebihan dan Kekurangannya

  • Share
kekurnganan kelebihan aplikasi zoom
kekurnganan kelebihan aplikasi zoom

Semenjak pendemi,  banyak sekali aplikasi-aplikasi rapat virtual bermunculan. Hal ini karena memang mengingat bahwa segala aktivitas di luar rumah harus dibatasi terlebih dahulu, demi mengurangi adanya penyebaran virus. Dan telah didukung dengan aturan dan anjuran pemerintah agar masyarakat mulai melakukan segala aktivitas dari rumah saja. Dan hal ini terus membuat sebagian orang sibuk mencari aplikasi pertemuan online yang akan digunakan untuk rapat, belajar, dan lain sebagainya. Agar tetap dapat melaksanakan tugas tanpa harus bertemu dengan orang lain. Salah satu aplikasi yang digandrungi olah masyarakat luas ialah Aplikasi Zoom.

Semenjak adanya anjuran tersebut, penguna Aplikasi Zoom kian meningkat dan melonjak sangat tajam. Maka, jika Anda ingin melakukan pertemuan virtual, dan bingung hendak menggunakan aplikasi rapat virtual yang mana, maka aplikasi Zoom dapat menjadi pilihan yang paling tepat. Bagi pengguna setia zoom, tentu sudah tahu berbagai seluk beluk zoom, mulai dari kelebihan hingga kekurangannya. Dan ini berbeda sekali dengan Anda yang masih akan menggunakan zoom. Maka, Admin akan memberikan ulasan terkait kelebihan dan kekurangan Aplikasi Zoom ini.

Pengertian Aplikasi Zoom

Aplikasi Zoom merupakan sebuah software ataupun aplikasi rapat virtual yang memungkinkan Anda untuk melakukan rapat ataupun pertemuan online dengan siapa saja, dan kapan saja. Bahkan jika jaraknya sangat jauh. Karena pada hakikatnya, Aplikasi Zoom ini sama seperti software-software lainnya yang memungkinkan Anda untuk melakukan komunikasi jarak jauh dengan orang lain, dan dapat melihatnya.

Aplikasi ini juga mendukung Anda untuk melakukan rapat online, konferensi video, sampai chating. Dengan adanya aplikasi ini, tentu semua orang dapat melakukan pertemuan di tempatnya masing-masing. Aplikasi Zoom sudah digunakan oleh banyak sekali perusahaan-perusahaan besar, sekolah-sekolah, kampus, dan bahkan para pejabat Negara juga menggunakan zoom sebagai alat untuk melakukan rapat.

Jika dibandingkan dengan aplikasi pertemuan virtual lainnya, Zoom dapat dikatakan sebagai primadonanya.

Kelebihan Aplikasi Zoom

Berikut adalah kelebihan aplikasi Zoom yang harus Anda perhatikan dengan baik.

Kualitas Video dan Suara Terbaik

Kualitas video dan suara terbaik saat melakukan rapat, baik online ataupun offline adalah salah satu indikator penting yang harus ditentukan, terutama jika melakukan rapat virtual. Maka, tidak salah jika ramai sekali konsumen memilih zoom, karena Zoom memberikan kualitas terbaik dari segala hal, terutama bagian suara yang jernih dan juga video yang baik.

Baca juga:  Review Aplikasi FlashCore ID dan Keunggulannya

Jika sebuah aplikasi rapat virtual tidak dapat memberikan dua aspek penting ini, misalnya audionya sangat buruk, tentu akan membuat pertemuan menjadi sangat tidak efektif. Karena dapat membuat para pengikut rapat atau yang mendengarkan malah dibuat bingung dengan apa yang dikatakan oleh pembicara.

Maka, zoom hadir dengan memberikan kualitas video dan suara yang terbaik. Sehingga, akan sangat membantu para penggunanya untuk menangkap pembicaraan yang ada, dan melihat dengan jelas siapa lawan bicaranya.

Kapasitas Ruang Besar

Kelebihan aplikasi zoom yang kedua adalah kapasitas ruangnya yang sangat besar. Hal ini juga penting sekali untuk Anda perharikan. Karena biasanya, jumlah anggota rapat tidak dapat diprediksi. Sehingga, sebuah aplikasi rapat virtual harus bisa memberikan kapasitas yang besar bagi para seluruh peserta. Nah, hal inilah yang menjadi kelebihan paling unggul dari aplikasi Zoom ini. Karena ia bahkan dapat menampung sampai 1000 peserta. Jika Anda akan melakukan berbagai seminar, rapat, yang melibatkan banyak orang, maka pilihlah Zoom. Selain seluruh orang yang ingin mengikuti rapat dapat ikut berpartisipasi, ada berbagai kelebihan lainnya yang akan Anda dapatkan.

Mendukung presentasi

Jika Anda ingin melakukan presentasi, ataupun menjelaskan sebuah materi kepada seluruh audience, maka aplikasi Zoom dapat membantu Anda untuk melakukan presentasi file dengan apapun. Dan bahkan, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mencoret coret presentasi yang kau lakukan looh,  yang tentunya akan sangat membantu para peserta untuk memahami materi yang Anda sampaikan. Jadi, banyak sekali forum-forum belajar online yang menggunakan zoom, dikarenakan adanya fitur ini, yang membantu mereka dalam menjelaskan materi, sehingga mudah dipahami oleh peserta.

Tersedia berbagai fitur menarik

Kelebihan aplikasi zoom berikutnya ialah ia menyediakan berbagai pilihan fitur yang dapat Anda nikmati dengan bebeas. Dan kemungkinan besar, fitur-fitur ini tidak dapat Anda temukan di aplikasi rapat online lainnya.  Fitur-fitur tersebut berupa dapat melakukan perekaman selama Anda mengikuti rapat, Anda dapat melakukan pencerahan wajah di sana, memungkinkan Anda untuk mengubah background apa saja, bisa menggunakan foto Anda atau yang lainnya, dan memungkinkan Anda juga untuk menyimpan sebagai dokumentasi pribadi rapat yang dilakukan, dan yang terakhir adalah, Anda bisa membuat agenda rapat.

Baca juga:  Cara Mudah Install WhatsApp di Laptop Anda

Fitur-fitur luar biasa ini tentu akan sangat membantu Anda. Karena biasanya, jika menggukan aplikasi rapat lainnya, Anda harus menggunakan aplikasi tambahan jika ingin merekam semua rapat yang berlangsung. Tentu ini akan sangat memberatkan dan sangat merepotkan Anda.

Dapat Digunakan di Perngkat Apapun

Seluruh pengguna aplikasi Zoom patut berbahagia, karena ternyata, aplikasi ini dapat dioperasionalkan dimana saja. Mulai dari android sederhana, iPhone, laptop, hingga PC. Apapun perangkatnya, maka Anda bisa menggunakan zoom. Tenang saja.

 Fitur on/off video

Kelebihan terakhirnya adalah menyediakan fitur on off video. Fitur ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengikuti rapat, tapi enggan menampilkan wajah. Mungkin, bagi Anda yang merasa wajah adalah privasi, maka dapat memanfaatkan fitur ini.

Kekurangan Aplikasi Zoom

Tentu, di balik kelebihannya yang menawan, aplikasi ini juga pasti mempunyai kekurangan. Sama seperti aplikasi lain. Karena pada hakikatnya, tidak ada satu aplikasipun yang benar-benar sempurna. Pasti, di balik keunggulannya ada paling tidak satu kekurangan. Nah, berikut ini adalah beberapa kekurangan aplikasi zoom.

Boros kuota

Ketika sudah memilih zoom, maka Anda harus menyediakan kuota yang benar-benar banyak. Karena memang, aplikasi zoom ini sangat boros dalam menggunakan kuota. Sehingga, begitu usai mengikuti rapat di Zoom, paket Anda berkurang drastic, jangan heran. Karena hal tersebut diakibatkan oleh rapat yang Anda jalankan.

Belum tersedia bahasa Indonesia

Kekurangan kedua adalah belum tersedia dalam bahasa Indonesia. Ya, aplikasi ini menggunakan bahasa Inggris, sehingga, akan sangat menyulitkan pengguna yang belum mengetahui instruksi dari aplikasi. Tapi tenang saja, karena kini, sudah banyak sekali aplikasi ataupun situs yang siap membantu Anda dalam menerjemahkan instruksi dari Zoom nya. Bahkan, Google juga sudah menyediakannya untuk Anda.

Kurang aman

Dan yang paling penting adalah, aplikasi ini terbilang tidak begitu aman untuk digunakan. Karena ternyata, belum lama ini, tersebar berita, bahwasanya, adanya kebocoran data, dan bahkan, data-data tersebut mulai tersebar, seperti foto wajah, jam login semua pengguna, hingga lokasinya. Dan ternyata, aplikasi secanggih ini juga dikabarkan sangat gampang diakses hacker hanya dengan menggunakan software.

Itulah dia sekilas tentang Aplikasi Zoom. Semoga bermanfaat.

banner 160x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *