Contoh Kata Pengantar Makalah
Contoh Kata Pengantar Makalah. Sumber Gambar: Google.com

Contoh Kata Pengantar Makalah dan Struktur Penulisannya

 

Contoh kata pengantar makalah dan struktur penulisannya. Dalam menyelesaikan tugas membuat makalah, baik itu sebagai dosen, peneliti, maupun pelajar, sangatlah penting untuk memperhatikan kaidah penulisan ilmiah yang benar.

Contoh Kata Pengantar Makalah

Contoh Kata Pengantar Makalah Makalah
Contoh Kata Pengantar Makalah Makalah. Sumber Gambar: Google.com

Tak hanya itu, menentukan tema yang tepat dan membuat kerangka pembahasan yang sesuai juga menjadi tantangan tersendiri. Meskipun demikian, setiap orang pasti pernah mengalami kesalahan dalam menyusun makalah, seperti kerangka pembahasan yang kurang tepat, kalimat yang ambigu.

Juga, tidak fokus pada pokok permasalahan, format penulisan yang salah, hingga harus merombak kembali keseluruhan makalah karena serupa dengan makalah sebelumnya. Oleh karena itu, bagi pemula, beberapa tips berikut dapat membantu dalam menyusun makalah:

Tentukan topik yang menarik dan sesuai dengan minat serta keahlian. Buat kerangka pembahasan yang jelas dan terstruktur dengan baik. Gunakan bahasa yang formal dan jangan menggunakan bahasa gaul atau singkatan.

Jangan lupa menyertakan referensi yang akurat dan sesuai dengan topik yang Anda bahas. Periksa kembali tata bahasa, ejaan, dan format penulisan sebelum mengumpulkan makalah.

Dengan memperhatikan kaidah penulisan ilmiah dan mengikuti tips di atas, kita harapkan dapat membuat makalah yang baik dan sesuai dengan standar akademik yang penguji harapkan.

 

Contoh – Contoh Kata Pengantar Makalah

1. Pertama

Listrik Pada Jeruk
Listrik Pada Jeruk. Sumber Gambar: Google.com

Contoh kata pengantar makalah pertama. Sebelumnya, kami ingin memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah-Nya yang melimpah sehingga kami dapat menyelesaikan laporan praktikum biologi ini dengan baik.

Laporan ini berisi tentang hasil riset kami mengenai “Kandungan Listrik pada Buah Jeruk”. Kami menyusun laporan ini dengan cepat berkat bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, seperti Ibu Mayza, M.Sc selaku dosen mata kuliah Biologi Murni.

Bapak Rohadi, M.Sc selaku kepala laboratorium Biologi Murni, dan Kak Harith selaku asisten laboratorium. Kami ingin mengucapkan terima kasih atas waktu, tenaga, dan pikiran yang telah mereka berikan.

Namun, kami juga menyadari bahwa laporan praktikum ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca sekalian agar kami dapat memperbaiki laporan kami.

Terakhir, kami berharap laporan praktikum ini dapat memberikan manfaat bagi kelompok kami dan masyarakat Indonesia secara umum. Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih dan memohon maaf atas segala kekurangan yang ada.

 

2. Kedua

Contoh Kata Pengantar Makalah Modul Pendidikan
Contoh Kata Pengantar Makalah Modul Pendidikan. Sumber Gambar: Google.com

Contoh kata pengantar makalah pembuatan modul pendidikan. Dengan penuh syukur, saya mengucapkan Alhamdulillah atas karunia dan rahmat Allah SWT. yang telah memungkinkan saya untuk menyelesaikan pembuatan modul ini.

Modul ini kami rancang untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dan pelatihan dalam rangka sertifikasi guru profesional mata pelajaran Biologi. Dengan mempertimbangkan segmentasi peserta, modul ini kami susun dengan kualitas yang tak kita ragukan.

Pendekatan terpadu kami gunakan dalam teknik pembukaan modul tanpa memperhatikan jenjang pendidikan, dengan harapan untuk menghindari pengulangan topik yang tidak perlu berdasarkan jenjang pendidikan.

Pembahasan dalam modul ini kami mulai dengan tujuan yang ingin kita capai, dan kelebihan modul ini terletak pada keterpaduan dengan ilmu pengetahuan alam. Soal latihan yang beragam juga ada dalam modul ini untuk mengukur kemampuan dan kesuksesan dalam memahami materi.

Penyusun memahami bahwa modul ini masih memiliki kekurangan, dan kami sangat menghargai kritik dan saran yang membangun dari pembaca. Kami harapkan modul ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi penggunanya.

 

3. Ketiga

Efek Rumah Kaca
Efek Rumah Kaca. Sumber Gambar: Google.com

Contoh kata pengantar makalah pengurangan dampak rumah kaca. Kami menyampaikan puji dan syukur kepada Tuhan YME atas rahmat dan karunia-Nya yang memungkinkan kami menyelesaikan karya ilmiah berjudul “Upaya Pengurangan Dampak Efek Rumah Kaca”.

Terima kasih yang tak terhingga kami ucapkan kepada Bapak Aidin Arham yang telah membimbing dan membantu kami dalam proses penyusunan karya ilmiah ini. Kami juga ingin berterima kasih kepada teman-teman yang memberikan dukungan moral dan material yang sangat berarti bagi kami.

Karya ilmiah ini berisi tentang fenomena “Efek Rumah Kaca” dan upaya yang dapat kita lakukan untuk mengurangi dampaknya. Fenomena ini menjadi perhatian dunia karena dampaknya yang sangat besar terhadap lingkungan.

Kami sadar bahwa karya tulis ini masih memiliki kekurangan dan kesalahan, oleh karena itu kami mohon maaf atas kesalahan tersebut. Kami sangat terbuka terhadap kritik dan saran dari pembaca untuk meningkatkan kualitas karya tulis kami di masa yang akan datang.

 

Contoh Kata Pengantar Makalah dan Struktur

Struktur
Struktur. Sumber Gambar: Google.com

Berikut ini adalah struktur makalah yang wajib ada dalam penyusunan makalah. Pertama adalah cover/Sampul Makalah: Berisi judul, logo, identitas penulis, serta tempat dan tahun terbit.

Kata Pengantar: Berisi sambutan atau ucapan syukur karena telah menyelesaikan makalah serta memberikan pandangan umum terhadap makalah yang kita buat. Daftar Isi: Menjelaskan susunan halaman yang memuat informasi halaman dari isi makalah yang kamu buat.

Bab I: Pendahuluan: Terdiri dari 3 sub-bab yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan. Latar belakang harus pembuat tulis dengan jelas dan mudah pembaca mengerti serta memuat data dan fakta yang mendukung.

Di bagian rumusan masalah, kamu bisa mengisinya dengan beberapa pertanyaan yang nantinya akan kamu jelaskan di bagian pembahasan. Pada isi tujuan, kamu bisa menuliskannya secara singkat dan menggambarkan manfaat dari makalah yang penulis buat.

Bab II: Pembahasan: Merupakan bagian terpenting dari makalah. Berisi uraian pokok dari permasalahan yang akan kita bahas. Pembahasan harus sesuai dengan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan pembuatan makalah.

Biasanya pembahasan mencakup tentang landasan teori, uraian materi, solusi, dan penyelesaian dari suatu permasalahan. Bab III: Penutup: Berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan berisikan ringkasan dari hasil pembahasan rumusan makalah.

Pada bagian ini, kamu bisa mengambil poin penting pada setiap bagian sebelumnya untuk menghasilkan sebuah kesimpulan. Saran merupakan bagian dalam makalah yang tujuannyauntuk si penulis.

Saran dapat berisikan harapan penulis agar makalah yang Anda buat bisa bermanfaat untuk pembaca. Terakhir, Daftar Pustaka: Berisikan daftar referensi yang Anda gunakan sebagai sumber atau bahan penelitian di dalam penulisan makalah.

Referensinya bisa dari buku, jurnal, atau informasi valid yang didapatkan dari internet atau perpustakaan. Dalam penyusunan makalah, struktur ini wajib kita pertimbangkan dan ikuti agar makalah menjadi lebih terstruktur dan mudah pembaca fahami.

Kunjungi juga

erp cloud

Penjelasan Cloud ERP Keuntungan, Risiko dan Solusi Populer

Cloud ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan berbasis cloud. Ini menawarkan banyak keuntungan bisnis …