Cara Daftar Mobile Banking BTN
Cara Daftar Mobile Banking BTN

Cara Daftar Mobile Banking BTN Tanpa Datang ke Bank

Cara daftar Mobile Banking BTN dan aktivasi sendiri bisa dilakukan dengan mudah. Apabila Anda termasuk nasabah Bank Tabungan Negara (BTN), Anda bisa memanfaatkan kemudahan pelayanan Bank dengan menggunakan layanan Mobile Banking.

Sebagaimana Kita ketahui, hampir seluruh Bank saat ini menyediakan layanan mobile banking demi kemudahan seluruh transaksi para nasabah. Menggunakan mobile banking, aktivitas seperti mentransfer atau melakukan pembayaran dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa perlu repot-repot datang ke kantor cabang BTN.

Bank BTN termasuk Bank yang menyediakan pelayanan dengan konsep mobile banking. Untuk bisa menggunakan Mobile Banking BTN, terlebih dahulu Anda harus melakukan aktivasi atau pendaftaran. Adapun syarat untuk daftar mobile banking BTN yaitu para nasabah harus sudah memiliki ATM BTN, serta telah mengisi form yang diperlukan dalam aktivasi Mobile Banking pada saat pembuatan rekening. Jika sudah, selanjutnya simak cara pendaftarannya berikut ini.

Cara Daftar Mobile Banking BTN dan Aktivasi Tanpa Harus Datang ke Bank

Caranya cukup mudah, hanya perlu mendatangi ATM BTN terdekat. Lebih detailnya, berikut ini langkah-langkah atau cara daftar Mobile Banking BTN.

  • Pertama, datangi tempat mesin ATM BTN terdekat dari lokasi Anda
  • Selanjutnya, sebagaimana transaksi menggunakan ATM pada umumnya, masukkan kartu debit (kartu ATM) Anda ke dalam mesin ATM BTN. Masukkan nomor pin ATM.
  • Kemudian, di layar ATM akan tampil halaman menu utama. Pilih dan klik menu “Registrasi e-channel”, kemudian ketuk pilih “Mobile banking”. 
  • Pada tampilan layar mesin ATM selanjutnya, ketuk “Pendaftaran Mobile Banking”.
  • Di sini akan tampil isian nomor ponsel. Masukkan nomor ponsel Anda. Sebagai catatan, nomor ponsel yang Anda masukkan harus nomor yang sudah didaftarkan di Bank BTN pada saat membuka rekening.
  • Kemudian ketuk “Benar”. Langkah berikutnya, Anda akan diarahkan untuk membuat nomor pin BTN mobile banking. Pin yang dibuat terdiri dari enam digit.
  • Masukkan sekali lagi nomor pin mobile banking yang Anda buat tersebut untuk konfirmasi. Selanjutnya ketuk “Benar”.

Setelah proses cara daftar Mobile Banking BTN diatas, Anda perlu melanjutkan sebagai berikut.

Membuka Tabungan

  • Lalu Anda ketuk menu “Tabungan”. Pada halaman, “Pilih jenis rekening Anda”. Pada layar mesin ATM akan ditampilkan halaman konfirmasi pendaftaran BTN mobile banking. Pada tahap ini, Anda harus teliti ulang data tersebut. Apabila sudah dipastikan semuanya sesuai, kemudian ketuk “Benar”.
  • Selanjutnya, mesin ATM akan mengeluarkan struk yang menunjukkan bukti pendaftaran BTN mobile banking.
  • Ambil dan bawa struk tadi beserta kartu kartu ATM Anda. 
  • cara daftar Mobile Banking BTN selanjutnya, menggunakan smartphone Anda. Download aplikasi BTN Mobile melalui App Store atau Play Store, hingga proses install aplikasi di smartphone Anda.
  • Setelah proses install dipastikan selesai, dan aplikasi terpasang, selanjutnya Anda buka aplikasi mobile banking BTN.
  • Pada halaman muka atau “home”, klik “Aktivasi”. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman syarat dan ketentuan.
  • Lalu ketuk “Setuju” pada halaman tersebut untuk melanjutkan proses pendaftaran. Selanjutnya, ponsel akan membuka aplikasi Short Message Service (SMS) secara otomatis.
  • Kemudian kirimkan pesan yang sudah dituliskan oleh sistem BTN tersebut. Lalu secara otomatis Anda akan diarahkan kembali ke halaman aktivasi BTN mobile banking.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta membuat password. Password harus terdiri dari delapan karakter berpola alfanumerik.
  • Ketikkan sekali lagi password yang Anda buat sebagai langkah konfirmasi, kemudian ketuk “Aktivasi”. Tahukah Anda, cara daftar Mobile Banking BTN telah selesai. Selanjutnya layar ponsel akan menampilkan pesan pop up yang mengkonfirmasi bahwa proses aktivasi atau pendaftaran mobile banking BTN Anda telah berhasil.

Keunngulan Layanan Mobile Banking BTN

Adanya layanan mobile banking BTN, para nasabah akan mendapatkan segudang kemudahan. Mengutip sumber dari BTN Youtube Channel, mobile banking BTN sebagai aplikasi financial technology (fintech) ini, membantu nasabah melakukan transaksi keuangan secara praktis.

Mobile Banking bisa menjadi alternatif bagi para nasabah untuk melakukan transaksi tanpa harus pergi ke ATM, ataupun ke Bank. Melakukan transfer uang ke sesama nasabah BTN maupun Bank lain, kini hanya dengan layanan yang diakses melalui smartphone Anda.

Setelah pendaftaran BTN mobile banking, tidak hanya dapat melakukan transfer dengan praktis. Menggunakan layanan mobile banking BTN, Anda juga bisa melakukan pembayaran maupun pembelian.

Manfaat lain dalam menggunakan layanan mobile banking BTN ini, para nasabah dapat melihat kurs, serta cek suku bunga kapanpun.

Demikian cara daftar Mobile Banking BTN, semoga bermanfaat.

Kunjungi juga

Bisnis Hospitality Adalah

Definisi Bisnis Hospitality Adalah dan Contohnya

Bisnis Hospitality adalah bisnis yang tergantung kepada keramahan pelayanan terhadap tamu. Salah satu contoh bisnis …