Contoh Kwitansi Sewa Mobil yang Aman Untuk Rental

  • Bagikan
contoh kwitansi sewa mobil
contoh kwitansi sewa mobil

Contoh kwitansi sewa mobil yang aman untuk transaksi sewa mobil. Dalam setiap transaksi jual beli di mana pembeli telah membayar maka diperlukan kwitansi sebagai bukti bahwa telah terjadi pelunasan. Walaupun bukti tersebut bisa beragam jenis dan bentuknya namun salah satu yang paling umum digunakan yaitu kwitansi. 

Kwitansi sendiri memang umumnya diterbitkan oleh pihak penjual di mana pihak pembeli sudah melakukan pelunasan terhadap barang yang dibeli atau pun di sewa. Bentuknya pun sangat beragam lho. Namun tetap harus diperhatikan dengan baik karena bukti transaksi ini akan memperkuat legalitas jika terjadi masalah dikemudian hari. 

Contoh Kwitansi Sewa Mobil yang Aman Untuk Berbisnis Rental Mobil

Jika kamu pengusaha yang ingin membuka usaha seperti rental mobil, tetap memerlukan bukti transaksi yang resmi sesuai standar. Tapi sebelum membuatnya kamu harus mengetahui apa saja yang dibutuhkan seperti pada contoh kwitansi sewa mobil berikut ini. 

Mengenal Format Kwitansi Sewa Mobil

Jika melihat bagaimana bentuk keanekaragaman kwitansi, pastinya ada beragam yang membuat kamu bingung. Namun pada dasarnya setiap kwitansi memiliki format yang mirip tetapi tetap disesuaikan dengan kebutuhannya. 

Khusus untuk kali ini, kita akan membahas bagaimana format pada kwitansi rental mobil yang dapat diakui secara sah. Ada beberapa ciri-ciri yang perlu kamu ketahui seperti ini. 

Format Kwitansi Sewa Mobil Memiliki Dua Sisi

Pada umumnya, setiap kwitansi memiliki dua sisi. Pada sisi kiri dan kanan yang memiliki fungsi berbeda-beda. Pada sisi kiri biasanya akan diberikan pada pihak penerima uang atau penyewa mobil,, biasanya ukurannya memang lebih kecil daripada sisi kanan. 

Pada sisi kanan sendiri, akan diberikan pada pihak yang menyewa mobil setelah melakukan proses pembayaran sebagai bukti biaya sewa telah dibayarkan dengan sejumlah uang tertentu. Barang bukti ini tidak boleh sampai hilang dan harus tersimpan yang asli hingga semua proses transaksi telah selesai dilakukan. 

Kwitansi yang Mempunyai Rangkap

contoh kwitansi sewa mobil yaitu model rangkap, di mana pada bagian asli akan diberikan kepada pihak peminjam mobil, lalu copy atau arsipannya akan disimpan oleh pemberi sewa. Dalam hal ini sama juga, kamu tidak boleh menghilangkan bukti tersebut hingga selesai transaksi agar menghindari kesalahpahaman. 

Sama hal nya dengan pihak penyewa yang tidak boleh menghilangkan rekapnya. Karena hal ini sangat penting khususnya dalam pencatatan dalam laporan keuangan setiap bulannya. 

Format Kwitansi Pada Bagian Isinya

Kalau tadi kita sudah membahas bagaimana format model kwitansi dari sisi fisiknya, selanjutnya yang perlu kamu perhatikan yaitu bagian isi terkait informasinya. Sebagai bukti pembayaran yang sah, maka pastinya akan ada tempat untuk mengisi nama lengkap dari penyewa, harus sesuai KTP ya bukan nama panggilan saja. 

Selanjutnya perlu tersedia tempat untuk menuliskan nominal uang dari penyewaan kendaraan, biasanya kamu pun perlu menyertakan angka dan huruf dalam penyebutan nominal uangnya. Setelah itu pastikan ada tempat untuk menuliskan keterangan, dimana biasanya perjanjian sewa kendaraan sering memakai metode DP 50% baru pelunasannya saat pengembalian mobil. 

Jangan lupa juga, harus ada hari dan tanggal peminjaman serta pengembalian, karena pastinya akan ada biaya tambahan jika terjadi keterlambatan pengembalian kendaraan.  Itu dia bagian dari data diri peminjam. 

Format Kwitansi Sewa Mobil Aman

Dari sisi pemberi pinjaman mobil, kamu harus mencantumkan logo, alamat, dan nomor telp. Akan lebih baik jika mencantumkan nama pekerja yang melayani pelanggan tersebut, agar lebih mudah dilakukan tracking jika terjadi kesalahan. 

Setelah itu, kamu pun juga perlu mencantumkan nomor transaksi pada hari itu, hal ini sangat penting guna memberikan kemudahan dalam proses rekapan data untuk laporan keuangan. Karena tanpa nomor transaksi, akan sulit menyimpan arsipan hingga proses pembukuan bisnismu. 

Jika semuanya sudah disiapkan olehmu, maka pastikan tersedia tempat untuk menaruh tanda tangan dari kedua belah pihak. Agar lebih resmi lagi dan tidak mudah dicurangi, kamu bisa menyiapkan cap bertanda usaha sewa mobil milikmu.

Ternyata contoh kwitansi sewa mobil memang tidak sulit dibuat namun dibutuhkan ketelitian agar bukti pembayaran tersebut tetap aman digunakan dan sah dapat diterima oleh penyewa dan pemberi sewa. 

Buat kamu yang memiliki usaha rental dan ingin membuat bukti transaksi, wajib banget mengenali bagaimana format kwitansi sewa mobil agar tidak mudah dicurangi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

  • Bagikan