Cara Pasang Aki Mobil yang Benar

  • Bagikan
cara pasang aki mobil yang benar
cara pasang aki mobil yang benar

Cara pasang aki mobil yang benar itu penting. Setiap kendaraan pasti memerlukan perawatan ekstra agar tetap terawat dan dapat memberikan performa yang baik, tidak terkecuali mobil yang kamu miliki. Salah satu komponen yang menarik perhatian untuk dirawat yaitu aki.

Hal ini disebabkan karena aki sendiri mempunyai peran untuk mengalirkan listrik dalam mobil. Jika performanya menurun maka akan mengganggu berbagai komponen lainnya seperti lampu, klakson, hingga menyalakan mobil pun dapat terhambat. Walaupun aki memiliki masa umur yang berbeda-beda namun, Ketika performanya semakin menurun sebaiknya diganti saja.

Panduan Cara Pasang Aki Mobil yang Benar dan Mudah Sesuai Aturan

Agar lebih menghemat waktu, kamu dapat menggantinya sendiri karena tidak sulit untuk dilakukan seorang diri selama cara pasang aki mobil sudah sesuai dengan metodenya. Inilah beberapa Cara pasang aki mobil yang perlu kamu lakukan agar dapat mengganti aki sendiri di rumah.

  • Memindahkan Aki Lama Terlebih Dahulu Sebelum memasang Aki Baru

Sebelum memasang aki baru untuk mobil, hal pertama yang harus dilakukan yaitu melepaskan aki lama terlebih dahulu agar tersedia ruang untuk aki baru. Untuk memulainya, kamu bisa mencopot klem, kabel, lalu baut pada kutub negatif terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar terhindar dari korsleting.

Jika kamu sudah melepaskan bagian-bagian yang penting, sekarang saatnya mengangkat aki lama. Pastikan kamu mengeluarkannya secara tegak lurus ya khususnya bagi pengguna aki basah agar airnya tidak tumpah kemana-mana dan membahayakan bagian lainnya.

  • Memasang Aki Baru

Setelah aki lama terlepas dari mobilmu, sekarang waktunya bagimu untuk memasang aki baru. cara pasang aki mobil yang benar mudah banget, sama seperti saat dilepaskan kamu perlu menaruhnya secara tegak lurus.

Selanjutnya saat memasang kabel, lakukan secara terbalik yaitu memasang kabel sisi positif terlebih dahulu setelah itu baru negatifnya.

  • Mengantisipasi Percikan Api dari Kabel

Jika kamu sudah memasang aki baru di mobil dengan benar sesuai prosedur namun tetap timbul percikan api? Tenang saja, kamu tidak perlu panik karena percikan tersebut tidak menyebabkan korsleting kok. Hal tersebut memang wajar terjadi saat kamu mulai memasang kabel positif setelah itu kabel negative.

Percikan api tersebut hanya sementara saja kok, karena setelah aki terpasang dengan baik maka percikan tersebut akan hilang dengan sendirinya jadi pastikan dilakukan sesuai prosedur ya.

  • Melakukan Double Check

Sebelum mulai menyalakan mobil, pastikan kamu melakukan double check terlebih dahulu setelah proses ganti aki mobil. Hal ini sangat penting dilakukan karena agar kamu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

Kamu wajib memastikan setiap komponen seperti kabel dan klem sudah terpasang dengan sempurna. Agar mobil dapat digunakan karena jika ada yang longgar maka, mobil tidak dapat dinyalakan. Jangan sampai kecolongan ya.

  • Memastikan Mobil Dapat Digunakan

Walaupun cara pasang aki mobil yang benar tidak sulit, namun kamu tidak bisa meninggalkan mobil begitu saja setelah aki terpasang. Kamu perlu memastikan mobil dapat berfungsi dengan baik, khususnya dapat dinyalakan.

Jangan sampai Ketika ingin digunakan malah tidak bisa dinyalakan. Jika sudah berhasil memasang aki sendiri, ambil lah waktu sebentar untuk mengetesnya. Pastikan mobil dapat dinyalakan dengan baik sambil dipanaskan mesinnya.

Kesimpulan

Itulah beberapa tahapan dalam cara pasang aki mobil yang benar yang harus kamu ketahui. Karena jika ada satu step yang terlewatkan dapat membuat proses pemasangan aki menjadi tidak sempurna dan mobil tidak dapat digunakan. Selamat mencoba.

  • Bagikan