Begini Cara menabung untuk Beli Mobil Sangat Mudah

  • Bagikan
Cara menabung untuk Beli Mobil
Cara menabung untuk Beli Mobil

Memiliki mobil baru tentunya menjadi impian tiap orang. Namun harganya masih relatif cukup mahal bagi orang kebanyakan. Sehingga untuk membelinya maka perlu mengumpulkan uang dan menabungnya dulu. Tapi banyak juga orang yang kesulitan untuk melakukan hal tersebut. Hal ini antara lain karena selain kebutuhan menabung guna membeli mobil maka ada juga kebutuhan lainnya yang bisa jadi lebih penting ataupun keinginan lain yang juga memerlukan dana. Sehingga uang yang tadinya sudah terkumpul jadi terpakai untuk keperluan lainnya lagi. Berikut ini adalah cara menabung untuk beli mobil agar berhasil.

Begini Cara menabung untuk beli mobil

Menyadari Kondisi

Perlu ditanamkan kesadaran bahwa sangat sulit untuk bisa membeli mobil secara cash atau tunai, sehingga sangat penting untuk mulai menabung agar bisa membeli mobil. Dengan begitu ada motivasi untuk mulai menabung guna mengumpulkan dana anggaran pembelian mobil.

Tekad yang Kuat

Perlu tekad yang kuat juga, dengan motivasi yang tinggi agar bisa berhasil menyisihkan pendapatan untuk menabung dan akhirnya bisa membeli mobil. Semakin tingginya kebutuhan yang mendesak untuk memiliki mobil maka akan semakin kuat juga tekad untuk menabung agar bisa membeli mobil. 

Perhitungan yang Matang

Sebelumnya penting juga untuk menetapkan jenis mobil yang hendak dibeli agar sesuai kemampuan dan telah memenuhi kebutuhan dan selera serta syarat spesifikasi minimal. Lalu usahakan agar memilih harga mobil yang terlalu tinggi diluar kemampuan dan jangkauan. Hal ini penting agar tidak terputus ditengah jalan akibat frustasi merasa dana tabungan tidak terkumpul juga dan mobil masih diluar jangkauan harganya. Memang dari waktu ke waktu harga mobil itu biasanya mengalami penurunan harga. Namun untuk kelas mobil yang berharga tinggi maka jangan harapkan akan mengalami penurunan harga secara drastis dan besar-besaran. Sehingga pada akhirnya juga masih akan tetap tak akan pernah cukup dana tabungan yang dikumpulkan. Sehingga tetapkan target yang realistis saja. Semakin murah harga mobilnya maka akan semakin cepat dana tabungan untuk membeli mobil tersebut selesai dikumpulkan. Sehingga semangat pun akan tinggi. Tips Cara menabung untuk Beli Mobil selanjutnya bisa dibaca adalah.

Ambil Program Tabungan Khusus

Bagi yang mengalami kesulitan untuk melakukan disiplin diri guna menyisihkan sebagian pendapatannya untuk menabung guna membeli mobil, maka ada bank yang biasanya akan menyediakan rekening khusus sebagai tempat penampungan dana tabungan khusus, yang akan langsung memotong pendapatan sekian persen sesuai permintaan dan perjanjian sehingga akan secara otomatis sekian persen pendapatan akan dimasukkan ke dalam rekening tabungan khusus untuk menampung tabungan guna pembelian mobil hingga tercapai jumlah yang diinginkan. Namanya ialah rekening tabungan auto debet. Sehingga mau tidak mau maka akan terpotong otomatis pendapatan di setiap bulannya. Jika pihak bank tidak menyediakannya maka bisa buat sendiri rekening yang tersendiri, satu rekening khusus sebagai tempat penampungan tabungan mobil.

Pangkas Anggaran Belanja

Selain menyisihkan pendapatan reguler per bulan maka agar bisa lebih cepat maka bisa juga sisihkan uang dengan memangkas anggaran uang belanja. Kurangi hal-hal yang tidak perlu dibeli dan bukan benda yang urgent atau penting untuk dibeli. Dengan demikian maka akan bisa dihemat lebih banyak lagi uang yang bisa ditabung untuk membeli mobil, dan akan bisa lebih cepat. Ganti gaya hidup dengan yang lebih hemat jika anda ingin dengan mudah melakukan cara menabung untuk beli mobil. Hanya beli hal-hal yang benar-benar sangat dibutuhkan saja. Pilah-pilah dan pikir berulang kali sebelum memutuskan hendak mengeluarkan uang. Pastika bahwa ahl itu merupakan suatu hal yang benar-benar dibutuhkan sehingga memang wajib dibeli.

Mencari Tambahan Penghasilan

Jika upaya pengurangan pengeluaran sudah diupayakan dan disiplin untuk menabung guna keperluan membeli mobil telah dilaksanakan secara konsisten, maka upaya berikutnya agar bisa segera terkumpul tabungan untuk membeli mobil maka bisa berusaha untuk menambah penghasilan dengan cara mencari kerja sambilan. Terdapat banyak pilihannya, usahakan memilih kerja tambahan yang sesuai dengan hobi sehingga bisa mengerjakannya dengan secara senang hati tanpa ada beban tambahan.

Jual Barang Bekas

Dengan menjual barang bekas yang sudah tak terpakai lagi juga bisa menjadi cara untuk menambah pemasukan sehingga anggaran tabungan untuk membeli mobil bisa lebih cepat terkumpul. Selain itu rumah juga bisa menjadi lebih bersih, dan barang-barang yang ada bisa tertata lebih rapi lagi.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar jumlah tabungan untuk membeli mobil bisa lebih cepat terkumpul. Semoga Cara menabung untuk Beli Mobil ini bermanfaat.

  • Bagikan