Cara Mudah Hapus Akun Google Play

  • Bagikan
cara mudah hapus google play
cara mudah hapus google play

Apakah Anda sedang membutuhkan cara hapus akun google play yang ada pada smartphone Anda? Maka Anda tentunya harus mengetahui cara hapus yang benar. Namun sebelumnya Anda harus pastikan apa tujuan Anda saat menghapusnya. Apakah Anda akan menghapusnya secara sementara karena akan membuka akun google tersebut di smartphone lain, atau Anda akan menghapusnya secara permanen? Karena untuk tujuan yang berbeda maka tentunya cara untuk menghapusnya juga berbeda. Google Play adalah aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh pengguna android untuk mengunduh berbagai aplikasi maka dari itu pastikan untuk memiliki akun google play pada smartphone android Anda. 

Untuk Anda yang membutuhkan cara hapus hanya untuk sementara waktu saja, maka Anda bisa melakukan cara hapus untuk sementara. Hal ini terjadi karena beberapa kondisi, salah satunya adalah karena Anda saat ini telah mengganti smartphone Anda maka dari itu agar Anda bisa membuka akun google play Anda pada smartphone yang baru, ada baiknya Anda menghapus sementara akun google play yang telah Anda miliki pada smartphone yang sebelumnya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Untuk menghapus sementara akun google play Anda maka lakukan hal berikut ini :

Langkah hapus sementara

  1. Pertama-tama jika Anda ingin menghapus akun google play Anda untuk sementara maka Anda harus membuka akun google play Anda terlebih dulu, lalu pada bagian foto profil Anda tekan. Letak dari foto profil ini ada pada bagian kanan sebelah atas. 
  2. Kemudian Anda akan menemukan tulisan Kelola Akun Di Perangkat Ini, 
  3. Setelahnya akan bermunculan akun yang terdaftar pada smartphone Anda. Kemudian pilihlah akun google play yang ingin Anda hapus dari smartphone tersebut. 
  4. Nantinya akan muncul pilihan Hapus Akun, Anda pilih menu tersebut dan nantinya akan muncul pop up pertanyaan mengenai apakah Anda akan melanjutkan penghapusan akun tersebut, jika Anda sudah yakin maka Anda bisa langsung menekan Hapus Akun. Namun jika Anda belum yakin, maka Anda bisa memilih Batal dan melanjutkannya nanti ketika Anda sudah mengamankan beberapa hal.
  5. Setelahnya akun google play Anda akan terhapus dari perangkat smartphone Anda tersebut.

Hal ini hanya hapus akun google play Anda pada perangkat tersebut, Anda tetap bisa membuka akun google play Anda pada perangkat yang lain. cara ini dilakukan untuk mencegah pengguna smartphone Anda yang selanjutnya untuk membuka akun Anda dan menggunakannya sembarangan. Hal ini biasanya dilakukan saat seseorang menjual smartphonenya kepada orang lain. 

Langkah hapus permanen

Nah cara hapus akun google play yang kedua ini adalah cara yang dapat Anda gunakan ketika Anda sudah tidak mau lagi menggunakan akun google play tersebut di perangkat manapun. Bisa jadi karena Anda beralih menggunakan smartphone ios atau karena hal yang lainnya. Untuk dapat menghapus permanen akun google play Anda tersebut maka berikut ini caranya :

  1. Pertama Anda harus membuka akun google play Anda kemudian pilih ikon profil Anda. Nantinya akan tersedia pilihan Kelola Akun Anda
  2. Setelah itu Anda bisa memilih Menu Data & Personalisasi
  3. Jika Anda scroll ke bagian bawah maka akan terlihat menu Download, Hapus atau buat Rencana untuk Data Anda
  4. Setelah itu Anda bisa memilih Hapus Layanan atau Akun Anda
  5. Lalu akan muncul lagi menu Menghapus Akun Google Anda
  6. Jika Anda sudah yakin maka pilih tombol Hapus

Anda harus mempertimbangkannya dengan baik-baik saat Anda hendak menghapus Anda secara permanen, karena hal itu menyebabkan Anda tidak akan bisa mengembalikan data google play, gmail serta layanan google lainnya. Maka dari itu pertimbangkan dengan matang karena bisa saja terdapat data penting yang ada pada salah satu layanan google yang Anda miliki. Karena Anda tidak akan bisa memulihkannya kembali. Itulah beberapa cara hapus akun google play dari smartphone Anda. Semoga bermanfaat. 

 

  • Bagikan