Cara Bayar Pajak Motor Lewat Atm Mandiri

  • Bagikan
Bayar Pajak Motor Lewat Atm Mandiri
Bayar Pajak Motor Lewat Atm Mandiri

Nah kini ada kemudahan solusi yaitu cara bayar pajak motor lewat atm mandiri yang membuat Anda bias membayar pajak motor Anda cukup lewat atm saja,. Nantinya Anda harus menyimpan bukti transaksi pembayaran pajak melalui atm tersebut agar Anda memiliki pegangan bahwa Anda sudah membayar pajak tepat waktu.

Sebagai pemilik kendaraan roda dua, maka Anda harus membayarkan pajak kendaraan Anda setiap tahunnya. Sebelumnya untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan, Anda harus datang ke kantor SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) dengan membawa berkas-berkas kelengkapan yang diperlukan. Namun tentunya dengan adanya kesibukan yang Anda miliki, Anda tidak bias selalu meluangkan waktu untuk membayar pajak tepat waktu. Alhasil, Anda terlambat membayar pajak dan akhirnya dikenai denda. Meskipun denda yang dikenakan biasanya tidak begitu mahal, namun tentu saja akan lebih baik jika Anda tidak perlu membayar denda saat membayar pajak kendaraan.

Cara Bayar Pajak Motor Lewat Atm Mandiri

Agar Anda bisa melakukan pembayaran pajak motor Anda dengan mudah melalui ATM Mandiri, maka berikut ini caranya:

  • Kirim SMS Untuk Dapatkan Kode Pembayaran

Pertama-tama jika Anda ingin melakukan pembayaran pajak dengan menggunakan ATM Mandiri maka Anda harus mengirimkan SMS terlebih dulu agar bisa mendapatkan kode pembayaran. Anda bisa mengirimkan sms ke nomor 0811-211-9211 dengan menggunakan format e-samsat (spasi) nomor rangka kendaraan Anda  (spasi) NIK yang tertera pada KTP Anda. Setelah mengirimkan sms tersebut maka Anda harus menunggu hingga sms Anda dibalas.

  • Menunggu SMS Balasan

Nantinya setelah Anda mengirimkan sms tersebut ke nomor yang telah disebutkan, maka Anda akan mendapatkan sms balasan. Samsat akan membalas dengan keterangan mengenai kendaraan Anda dan juga kode pembayaran yang nantinya akan Anda gunakan saat membayar pajak tersebut di ATM Mandiri.

  • Bayar Pajak Kendaraan Via ATM Mandiri

Ketika Anda sudah mendapatkan 16 digit nomor yang dikirimkan oleh SAMSAT kepada Anda, barulah Anda bisa mendatangi ATM Mandiri terdekat. Kemudian lakukan tahapan berikut :

  1. Masukkan kartu ATM Anda lalu login menggunakan PIN ATM seperti biasanya
  2. Lalu Anda bisa memilih menu “Pembayaran”
  3. Lalu Anda akan menemukan menu “Pajak” dan pilihlah menu tersebut
  4. Lalu tekan E-samsat
  5. Setelah itu carilah kode institusi daerah Anda, biasanya terdapat di menu Daftar Kode Provinsi
  6. Ketikkan kode institusi daerah tersebut, contohnya untuk Jawa Barat kodenya 32
  7. Lalu Anda bisa memasukkan ke 16 digit nomor yang sudah dikirimkan oleh Samsat melalui sms kepada Anda sebelumnya
  8. Ketika layar ATM menunjukkan informasi detail tentang kendaraan Anda maka Anda bisa menekan OK.
  • Simpan Struk Pembayaran Anda

Setelah selesai maka ATM akan mengeluarkan struk pembayaran. Pastikan Anda menyimpan struk pembayaran tersebut sebagai bukti bahwa Anda sudah melakukan pembayaran tepat waktu. Mudah sekali bukan cara bayar pajak motor lewat atm mandiri? Dengan cara ini maka Anda tidak perlu mengantri lama seperti saat Anda membayar pajak di Samsat.

Keuntungan Membayar Pajak Lewat ATM Mandiri

1. Cepat Dan Praktis

Tentunya kemudahan pertama yang akan Anda dapatkan saat Anda melakukan cara bayar pajak motor lewat atm mandiri adalah cepat dan praktis. Anda hanya perlu meluangkan waktu sebentar saja untuk ke atm dan membayar pajak kendaraan Anda.

2. Mudah

Keuntungan lainnya dengan membayar pajak lewat ATM Mandiri adalah mudah, karena Anda tidak memerlukan berkas-berkas apapun untuk membayar pajak lewat ATM. Maka dari itu membayar pajak motor lewat atm mandiri sangatlah mudah.

3. Hemat Waktu

Sudah tentu akan lebih menghemat waktu Anda, karena Anda tidak harus mengantri lama dan cukup dating ke atm ketika Anda sudah memiliki waktu. Kemudian waktu untuk melakukan pembayaran pajak di atm pun sangatlah singkat. Transaksinya juga real time langsung selesai jika tidak ada gangguan. Semuanya mudah dalam satu waktu. Daripada harus ke Samsat, Anda bisa langsung coba cara bayar pajak motor lewat atm mandiri ini.

  • Bagikan