Service Pada Motor Matic
Service Pada Motor Matic

Apa Saja yang Harus Di Service Pada Motor Matic

Menyervis kendaraan bermotor penting untuk dilakukan secara berkala. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kondisi mesin tetap berfungsi dengan baik ketika digunakan. Adapun intesitas perawatan sendiri perlu memperhatikan jenis kendaraan dan interval servis yang dilakukan. Termasuk hal-hal yang harus diperhatikan ketika melakukan service pada motor matic.

Kebanyakan orang berpikir jika motor matic membutuhkan perawatan yang cukup intensif dibanding motor bergigi manual. Integrasi mesin yang berbeda serta lebih kompleks menjadi satu alasan mengapa service pada motor matic harus dilakukan sesering mungkin.

Bagian Utama yang Perlu Di Service Pada Motor Matic

Seperti halnya perawatan motor secara umum, ada beberapa bagian yang tidak perlu diperhatikan ketika melakukan service. Hal ini disebabkan karena adanya beberapa bagian vital pada motor yang lebih membutuhkan perawatan dan penggantian setiap beberapa waktu dengan interval tertentu. 

Bagi Anda yang berencana ingin menyervis motor dalam waktu dekat, mungkin tidak ada salahnya jika mengetahui bagian-bagian tertentu yang harus di service agar kinerjanya tetap maksimal. Adapun bagian-bagian penting pada motor matic yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Oli mesin

Semua ahli mekanik setuju bahwa oli mesin berperan penting bagi kendaraan apapun dan membutuhkan penggantian secara berkala. Tanpa terkecuali ketika Anda melakukan servis pada motor matic, bagian utama yang wajib untuk diganti yaitu oli mesin. Mengapa oli mesin menjadi bagian yang pertama dibanding lainnya?

Oli mesin merupakan pelumas mesin kendaraan bermotor yang memiliki masa penggunaan paling singkat dibanding komponen lain. Paling tidak jangka waktu penggunaan yang ideal bagi oli mesin hanya mencapai maksimal 2 bulan atau ketika spidometer telah menunjukkan jalan tempuh sejauh 2000 – 3000 km sejak terakhir mengganti oli mesin. Untuk itu, penggantian oli mesin jangan sampai dilewatkan ketika melakukan service pada motor matic.

Filter motor

Selain oli mesin, bagian dari kendaraan motor matic yang juga memiliki usia pakai cukup rendah adalah filter. Filter sendiri memiliki berbagai jenis berdasarkan fungsinya. Beberapa diantaranya yaitu filter udara, filter oli, filter bahan bakar dan filter pendingin. Jenis filter yang paling membutuhkan perawatan insentif yaitu filter udara. Karena setiap motor digunakan filter akan terpapar oleh udara kotor dari luar kendaraan yang bisa mengakibatkan masalah. Masa umur pakai filter tidak salah pasti, tergantung tingkat keseringan dalam penggunaan motor. Namun alangkah baiknya Anda tetap memohon pengecekan atau bagan penggantian terhadap filter ketika melakukan service pada motor matic. Selain itu cek pula filter lain apabila motor menunjukkan gejala-gejala tertentu yang tidak nyaman ketika digunakan dalam perjalanan.

Busi motor

Komponen yang satu ini memang terlihat kecil dibanding komponen vital lain dalam kendaraan motor. Namun apabila terjadi masalah pada busi, tentu akan mengakibatkan sebagian besar komponen tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini dikarenakan busi motor berperan penting dalam hal pembakaran, tepatnya sebagai pemantik api. Apabila servis pada motor matic tidak memperhatikan busi, maka tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat sistem pembakaran akan bermasalah.

Ciri-ciri busi motor yang memerlukan penggantian seperti kotoran yang menghitam, melepuh, terbakar, dan tidak menghantarkan arus listrik. Kondisi semacam ini akan muncul ketika jarak tempuh motor telah menempuh jarak antara 20.000 – 50.000 km terhitung sejak terakhir kali penggantian busi. Baik ketika servis pada motor matic maupun hanya sekedar menggantinya.

Kampas rem

Komponen motor matic yang berpotensi menimbulkan dampak serius serta berbahaya apabila terjadi kerusakan adalah kampas rem. Baik kampas rem bagian depan maupun belakang keduanya membutuhkan penggantian secara rutin ketika melakukan servis pada motor matic. Paling tidak Anda harus mengganti kampas rem setiap kali menempuh perjalanan sejauh 20.000 km.

Namun Anda tidak harus menunggu kapan tiba waktunya untuk menservis kendaraan. Apabila sistem pengereman sudah menunjukkan ketidaknyamanan atau kampas rem seperti aus, makasih segera mungkin Anda harus menggantinya dengan kampas rem yang baru. Untuk menghasilkan kinerja pengirimannya maksimal serta aman untuk penggunaan jangka panjang, gantilah dengan kampas rem yang original serta sesuai dengan merek kendaraan.

Kampas kopling

Selain kampas rem, bagian yang perlu diganti secara rutin ketika melakukan servis pada motor matic adalah kampas kopling. Komponen yang satu ini tidak memunculkan gejala yang cukup serius dibanding kampas rem. Namun tetap saja Anda harus meminta pengecekan setiap melakukan servis. Tujuannya agar ketika terjadi masalah meski kecil tidak berimbas ke komponen motor lainnya.

Umumnya usia pakai maksimal kampas kopling adalah sejauh 10.000 km. jika Anda menggunakan motor matic setiap hari maka harus memastikan sebelum menyentuh angka 10.000 km kampas kopling telah diganti dengan yang baru.

Aki kendaraan

Beberapa tipe kendaraan motor matic keluaran terbaru saat ini tidak bisa dihidupkan tanpa keberadaan aki, meskipun sebagian besar diantaranya bisa dihidupkan dengan cara mengolahnya. Peran aki kendaraan sendiri berguna untuk mengoperasikan seluruh sistem kelistrikan motor. Tanpa memperhatikannya ketika melakukan servis pada motor matic, secara perlahan sistem kelistrikan akan menurun.

Lagi sendiri terdapat dua jenis masing-masing yaitu aki kering dan aki basah. Beruntung jika motor matic Anda menggunakan aki kering, sebab Anda bisa menggantinya setiap 2 tahun sekali atau ketika aki sudah bermasalah. Namun jika motor Anda masih menggunakan aki basah, maka setiap kali servis pada motor matic harus di cek kondisi airnya.

Lampu kendaraan

Masa pemakaian lampu kendaraan tidak pernah menentu secara pasti. Ada yang mampu mencapai 5 tahun dan bahkan ada yang tidak mampu bertahan hingga 1 tahun. Kerusakanya sendiri terjadi di diakibatkan oleh beberapa faktor seperti masalah kelistrikan dari aki atau kualitas dari lampu itu sendiri. Oleh sebab itu perlu dilakukan pengecekan ketika melakukan service pada motor matic.

Adapun lampu yang telah berumur cukup lama biasanya akan ditunjukkan dengan meredupnya cahaya atau pancaran sinar. Bagian yang paling terlihat adalah lampu di bagian depan motor. Jika Anda ingin mengganti lampu ketika servis pada motor matic, sangat disarankan agar menggantinya dengan lampu LED apabila motor telah mendukung arus kelistrikan searah (DC). Hal ini disebabkan lampu LED memiliki keunggulan diperbaiki sisi dibanding bohlam.

Ban motor

Bagian dari kendaraan motor matic terakhir yang membutuhkan perawatan cukup intensif pada saat melakukan servis yaitu ban kendaraan. Baik ban dalam maupun luar keduanya harus diganti secara rutin agar tidak menimbulkan kebocoran di tengah jalan. Anda bisa memastikan keadaan ban sebelum menggantinya ketika melakukan servis pada motor matic Anda.

Kemampuan ban dalam penggunaannya ditentukan oleh dua faktor, masing-masing yaitu faktor dalam dan faktor luar. Faktor luar ditentukan oleh kondisi jalan yang sering Anda lalui, sedangkan faktor dalam bisa diperoleh dari kualitas ban yang digunakan. 

Demikian beberapa bagian dari motor yang harus di service secara rutin untuk menjaga kinerja motor. Semakin baik intensitas service pada motor matic, semakin baik akselerasi mesin ketika anda menggunakannya.

Kunjungi juga

Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi

Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi

Penyebab mobil oleng saat kecepatan tinggi.  Kendaraan yang disetel dan dirawat dengan baik akan meluncur …